Manfaat Tauge bagi Kesuburan Pria


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Manfaat Tauge bagi Kesuburan Pria, apakah ini fakta atau hanya mitos? Tauge atau kecambah adalah merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia, karena banyak berbagai jenis makanan khas Indonesia seperti soto, lotek, ketoprak, dll selalu menyertakan tauge dalam setiap sajiannya. Tapi yang terkenal di masyarakat awam adalah, tauge untuk pria dan kesuburannya, benarkah demikian?


gambar [1]

Anggapan tersebut muncul, karena ada salah satu manfaat tauge yang berkaitan dengan hormon testosteron. Namun, sebetulnya tauge memiliki banyak manfaat terkait dengan kesehatan. Seperti untuk kesehatan kulit, sumber vitamin B, C, dan E, membantu lancarnya pencernaan, meredakan perut kembung, dan lainnya. Kali ini, kita coba mengulas tentang manfaat tauge untuk perkembangan hormon testosteron.

Menurut dr Boyke Dian Nugraha, ginekolog dan konsultan seks, tauge memang berkhasiat bagi kesuburan. [1]

“Sebab, toge mengandung antioksidan dan vitamin E”

Selama ini, banyak orang mengkonsumsi vitamin E sebagai makanan tambahan alias suplemen untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan dan kelenturan kulit.

Khasiat toge sebetulnya lebih ditujukan untuk kaum pria. Karena, selain menyuburkan, toge juga dapat mendongkrak vitalitas dan kejantanan pria.

Namun, menurut Ichramsjah A. Rachman, spesialis kebidanan & penyakit kandungan Fakultas Kedokteran UI, memakan toge begitu saja belum tentu bisa bikin subur.

Dia bercerita, pernah punya seorang pasien yang sudah belasan tahun tidak memperoleh keturunan. “Karena ada temannya menganjurkan untuk mengkonsumsi toge, dia pun melakukannya, tapi tetap saja tidak ampuh,” kisahnya.
[2]

Makanan-Tauge
gambar [2]

Kaitan Tauge dan Testosteron

Testosteron adalah salah satu hormon yang terdapat dalam tubuh manusia dan hormon ini cenderung identik dengan kelaki-lakian, walaupun wanita pun membutuhkan hormon ini walau tidak sebanyak pria.

Hormon ini memang lebih dikenal sebagai hormon seks pria, sehingga ketika mendengar kata “testosteron”, banyak orang akan berfikir tentang seks dan kejantanan.

Manfaat Tauge Untuk Hormon Testosteron

Hormon testosteron dalam tubuh tidak melulu untuk masalah “keperkasaan” pria, namun, juga sangat berkaitan dan berperan penting untuk membantu peningkatan massa otot, terutama bagi mereka yang melakukan kegiatan fitnes dan bodybuilding.

Jika kebutuhan kadar hormon testosteron dalam tubuh tercukupi, maka mendapatkan massa otot akan lebih mudah. Dengan testosteron yang terdapat di tubuh kita, maka tubuh kita bisa meningkatkan proses biosintesa protein, dan mempercepat proses recovery otot.

Pada saat menjalani latihan beban, ada kalanya otot-otot anda mengalami kerusakan atau cidera. Berkat hormon yang satu ini, waktu pemulihan atau recovery otot itu akan menjadi lebih cepat.

Testosteron merupakan hormon didalam tubuh, bukan kandungan yang terdapat dalam makanan. Lalu, apakah tauge mengandung testosteron? Tentu saja tidak. Testosteron hanya diproduksi oleh tubuh melalui mekanisme yang terjadi.

Jadi, bagaimana kaitan antara tauge dan perkembangan hormon testosteron?

Dikarenakan testosteron merupakan hormon hasil dari mekanisme yang terjadi dalam tubuh, maka ada beberapa cara yang dilakukan untuk merangsang produksi testosteron tersebut, dalah satunya adalah konsumsi tauge. Kandungan toge yang berupa vitamin B, C, dan vitamin E, ternyata mampu merangsang produksi testosteron dalam tubuh menjadi lebih efektif.

Kandungan Gizi Tauge (per 100 gram)

Nama Bahan Makanan : Tauge Kacang Hijau
Nama Lain / Alternatif : Toge Kacang Ijo / Kecambah Kacang Hijau

Banyaknya Tauge Kacang Hijau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tauge Kacang Hijau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

Jumlah Kandungan Energi Tauge Kacang Hijau = 23 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tauge Kacang Hijau = 2,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tauge Kacang Hijau = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tauge Kacang Hijau = 4,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tauge Kacang Hijau = 29 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tauge Kacang Hijau = 69 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tauge Kacang Hijau = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tauge Kacang Hijau = 10 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tauge Kacang Hijau = 0,07 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tauge Kacang Hijau = 15 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya. [3]

Nah, kandungan gizi yang ada pada tauge tersebut berkhasiat untuk merangsang produksi hormon testosteron dalam tubuh kita.

Manfaat Toge bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari tumbuhan yang sangat kecil ini, diantaranya adalah: [4]

  • Mencegah Kanker

    Proses menjadi taoge telah menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, taoge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda taoge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meinggalkan usus besar, sehingga tidak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

  • Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

    Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat LDL tanpa megganggu kandungan lemak yang baik HDL. Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

  • Mencegah Osteoporosis

    Estrogen alami yang terdapat dalam taoge dapat berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.

  • Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel pembuluh alami (natural killer cell), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.

  • Manfaat Tauge yang Lainnya

    Karena bersifat alkali (basa), maka taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. Taoge juga baik untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsikan tubuh. Karena mengandung Vitamin E, taoge juga dapat membantu meningkatkan kesuburan. Bagi wanita yang rajin makan taoge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Nah, ternyata memang tauge terbukti secara ilmiah membantu meningkatkan kesuburan pria, kuncinya adalah mengoptimalkan produksi hormon testoteron pada pria. Dan banyak juga makanan yang berkhasiat serupa dengan tauge dengan kadar yang berbeda-beda. Dan juga selain itu banyak manfaat lain dari toge.
Sangat banyak bukan manfaat toge?

[1] http://papapz.com/2013/05/15/khasiat-toge-untuk-kesehatan-dan-meningkatkan-kesuburan/

[2] http://anekaplanta.wordpress.com/2008/03/31/menguak-mitos-toge-sebagai-penyubur-makanan-untuk-kesuburan/

[3] http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tauge-kacang-hijau-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html

[4] http://www.rahasiakeluarga.com/khasiat-toge/

gambar [1] kitabmasakan.com
gambar [2] polimoli.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply