Penelitian Alang-alang sebagai Pereda Demam dan Peluruh Kencing


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Penelitian tentang alang-alang (Imperata cylindrica) / Bahasa Inggris bladygrass atau satintail— sebagai Pereda Demam (antripiretik) dan peluruh kencing (diuretik) yang diteliti oleh beberapa peneliti lokal. Selengkapnya tentang penelitian tanaman herbal alang-alang bisa disimak di sini →

Tanaman alang-alang Imperata cylindrica
Sumber gambar [1]

Baca juga: Pengalaman Akar Alang-Alang untuk Menurunkan Panas Meredakan Demam Anak

PENELITIAN PADA ALANG-ALANG

Jaya Antonius Satrya, Fakultas Farmasi UNAIR melakukan penelitian untuk mengetahui efek antipiretik (pereda demam) infus batang alang-alang pada tikus putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus batang alang-alang konsentrasi 5%, 10%, dan 20% mempunyai efek antipiretik. Infus batang alang-alang konsentrasi 20% paling kuat efek antipiretiknya.

Lingga Jarliton, Jurusan Farmasi FMIPA USU melakukan penelitian untuk mengetahui efek antipiretik infus bunga alang-alang dibandingkan dengan parasetamol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus bunga alang-alang dengan konsentrasi 10% dan dosis 12 ml/kgBB mempunyai efek antipiretik yang relatif sama dengan suspensi parasetamol 10% pada merpati.

Rustam Erlina, Apt, MS, dosen dari FK UNAND melakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan efek diuretik (peluruh air seni) serta kadar natrium dan kalium darah dan urin antara pemberian ekstrak etanol akar alang-alang dan furosemid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak etanol akar alang-alang 25 mg/kgBB, 50 mg/kgBB, dan 100 mg/kgBB memiliki efek diuretik yang hampir sama dengan furosemid dosis 0,72 mg/kgBB.
Manfaat lain alang-alang yaitu untuk pengobatan bengkak (karena radang ginjal akut dan infeksi saluran kencing), bengkak karena terbentur (memar), wasir (hemorrhoid), batuk, flu, tekanan darah tinggi, sakit kuning (jaundice). [2]

Demikian penelitian alang-alang sebagai penurun demam ana, peluruh kencing dan berbagai manfaat lainnya yang dimiliki alang-alang sebagai obat herbal alami untuk penyakit-penyakit ringan hingga yang berat.

Kandungan Akar dan batang alang-alang

Antara lain mengandung: manitol, glukosa, sakarosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrene, cylindol A, graminone B, imperanene, stigmasterol, campesterol, beta sitosterol, fernenol, arborinone, arborinol, isoarborinol, simiarenol, anemonin, dan tannin.
Alang-alang yang mempunyai rasa manis dan bersifat sejuk ini juga berkhasiat sebagai tonik.

Footnote
[1] http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Impera_cylind_071122-1347_stgd.jpg
[2] http://www.infoanak.com/redakan-demam-dan-panas-dalam-dengan-alang-alang/

Comments

You may also like...

Leave a Reply