Khasiat Daun Ungu Mengobati Sakit Maag – Tanaman Herbal Alami


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Ada lagi cerita menarik tentang khasiat daun ungu, yakni untuk mengobati sakit maag (baca: sakit mah), selain khasiatnya yang terkenal sebagai obat ambeyen.

tanaman daun ungu

sumber gambar: blogspot.com

Dikutip dari sumbernya [1].

********************************************

Daun ungu banyak dikenal sebagai daun yang bisa untuk mengobati wasir atau ambeien. Namun sebagai alternatif darurat saya pernah menggunakannya untuk obat maag ketika saya muntah mengeluarkan darah, dan ternyata Alhamdulillah tidak lama kemudian setelah saya mengunyah 1 lembar sedang dari daun ungu, muntah saya tidak mengeluarkan darah lagi, meskipun lambung masih terasa sakit.

Lalu sesudah itu, setiap hari, pagi sesudah makan saya mengunyah lagi selembar daun ungu yang sedang besar dan tuanya ( bukan yang muda atau kuncup dan bukan yang tua, tapi yang sedang usianya ).

Saya menanam daun ungu karena diberitahu oleh tetangga bahwa daun ungu sangat baik untuk mengobati wasir atau ambeien dan mengatasi sembelit. Lalu saya mencoba menanamnya disamping rumah, karena dulu waktu saya sakit maag juga sering sekali sembelit.

Begitu sembelit datang, saya biasa mengunyah daun ungu, ternyata begitu mengunyahnya, tidak lama kemudian ketika BAB saya sudah tidak sembelit lagi. Saya berpikir, berarti daun ungu bagus untuk mengatasi masalah pencernaan.

Maka ketika maag saya anfal dan muntah saya mengeluarkan darah, saya mencoba mengunyah daun ungu sampai lembut dan langsung saya telah bersama ampasnya, namun bagian yang kasar tidak ikut saya telan.

Jadi daun ungu bukan saja baik untuk mengobati wasir atau ambeien dan reumatik, tapi bisa juga untuk mengobati luka lambung dan mengatasi sembelit.

Namun ini bukanlah obat jangka panjang, jadi hanya untuk mengobati keluhan yang sifatnya darurat saja. Saya hanya menggunakan secara terus menerus dalam jangka satu minggu saja, sesudahnya hanya sekali-sekali saja, jika lambung terasa sakit sekali.

Daun ungu adalah tanaman perdu yang gampang sekali hidup. Namun ia akan lebih subur tumbuhnya jika ditanam ditanah yang lembab, misalnya disekitar kolam ikan, atau didekat sumur. Cara menanamnyapun sangat mudah, yaitu dengan memotyong pada bagian batangnya, lalu ditanam ditanah atau didalam pot.

Daun ungu lebih baik dimakan dalam keadaan segar daripada direbus karena zatnya akan berkurang bahkan hilang. Saya sudah sering mengunyahnya mentah-mentah, jadi Anda jangan khawatir akan keracunan. Akan tetapi jika Anda ragu-ragu, cicipilah sedikit dulu, jika lambung Anda merasa aman, silahkan mengunyahnya hingga 1 lembar. Teman saya bahkan ada yang mengunyah hingga 3 lembar juga tidak apa-apa kok.

Adapun Manfaat daun ungu yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk mengobati penyakit, seperti:

1. Mengobati wasir.
2. Meringankan gejala ambeien.
3. Mengobati luka borok.
4. Mengurangi rasa nyeri.
5. Mengobati pembengkakan.
6. Melancarkan menstruasi.
7. Melancarkan air seni.
8. Mengatasi bisul.
9. Mengobati reumatik, encok serta nyeri sendi.

Kandungan kimia yang ada pada daun ungu, antara lain :

– Alkaloid
– Pektin
– Asam formiat
– Glikosida
– Steroid
– Saponin
– Tanin
– Klorofil ( zat hijau daun )
– Lendir

Demikianlah yang saya ketahui tentang daun ungu, semoga ada manfaatnya bagi Anda.

********************************************

Bagi Anda yang memiliki tanaman daun ungu / wungu / handeuleum ini agar menanam dan menjaganya, walaupun Anda tidak membutuhkannya saat ini, mungkin di lain waktu, atau mungkin orang lain yang akan membutuhkan daun ungu ini karena banyak khasiat dan manfaatnya.

Bila Anda kesulitan mendapatkan daun ungu, silahkan klik di sini jual kapsul daun ungu.

Footnote:
[1] http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/04/daun-ungu-untuk-obat-maag.html

Comments

You may also like...

Leave a Reply