Khasiat Lengkap Daun Katuk


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/


Katuk (nama latinnya: Sauropus androgynus) merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai (马尼菜; bahasa Tionghoa), cekur manis (bahasa Melayu) dan rau ngót (bahasa Vietnam). Daun katuk merupakan sayuran yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).
Maka bukan hal aneh jika daun katuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.
Khasiat daun katuk bagi pria yakni sebagai penjaga mutu dan jumlah sperma pria, jadi bisa juga sebagai obat tradisional penyubur pria.

Gambar Daun Katuk
gambar [1]

Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat, yang sedikitnya mengandung tujuh senyawa aktif yang dapat merangsang sintesis hormon-hormon steroid dan senyawa eikosanoid.

Jika dikonsumsi wanita, senyawa aktif dalam daun katuk akan memacu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga kulit menjadi halus, rambut lebih sehat, serta seperti yang sudah luas diketahui, melancarkan produksi ASI. Sebaliknya, dalam tubuh laki-laki senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormon keperkasaan, yang akan menggenjot vitalitas seksual.

Disclaimer

“Sesuai dengan syarat dan ketentuan layanan Google, mengacu pada fakta bahwa ada beberapa penyakit yang tidak dapat disembuhkan menurut pengobatan medis modern (contohnya, asam urat, diabetes, kanker, asma, alzheimer, autisme, stroke, parkinson, dan penyakit berat lainnya), maka kami tidak menjamin bahwa anda akan sembuh setelah mengkonsumsi herbal yang kami jual. Seluruh testimonial yang ada, adalah benar dan tanpa manipulasi. Namun bisa jadi herbal ini tidak memberikan efek yang persis sama pada anda. Kesembuhan hanya dari Allah, maka kami tidak mampu menjamin kesembuhan anda setelah mengkonsumsi herbal yang kami jual. Kami hanya dapat membantu anda untuk menemukan alternatif selain pengobatan modern. Terima kasih”

Khasiat Lengkap Daun Katuk

Beli kapsul daun katuk

  1. Khasiat daun katuk wanita: Mengatasi darah kotor
    Untuk mengatasi darah kotor pada perempuan, Anda bisa menggunakan daun katuk agar sirkulasi darah Anda lancar dan tidak ada darah kotor yang terdapat pada sistem reproduksi wanita. Anda bisa mengkonsumsi daun katuk dengan memasaknya menjadi sayuran.
  2. Khasiat daun katuk bagi ibu hamil:
    Sebenarnya tidak hanya sayur katuk saja yang menjadi makanan ibu hamil, tetapi semua sayuran hijau memang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena sayuran hijau bisa mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu produksi ASI. Dan salah satunya adalah sayur katuk, yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama hamil agar proses menyusui berjalan lancar.

  3. Khasiat daun katuk bagi ibu menyusui: Menambah produksi ASI
    Bagi Anda ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi daun katuk dan bisa diolah menjadi sayuran. Karena kandungan kalsium dan mineral dalam daun katuk sangat membantu ibu hamil dan ibu menyusui untuk memproduksi ASI lebih banyak.
  4. Khasiat daun katuk bagi tubuh: Meningkatkan daya tahan tubuh
    Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun katuk adalah vitamin C. Karena vitamin C tersebut mampu membuat daya tahan tubuh Anda meningkat. Sama halnya dengan cara pemakaian daun katuk diatas, Anda bisa memasak daun katuk menjadi sayur atau oseng-oseng.
  5. Khasiat daun katuk bagi orang tua: Mencegah osteoporosis
    Manfaat daun katuk selanjutnya adalah mencegah osteoporosis. Sehingga bagi Anda yang sudah mencapai usia dewasa, karena daun katuk sangat bagus untuk mencegah keroposan pada tulang. Hal ini disebabkan karena daun katuk mengandug kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang.
  6. Khasiat daun katuk bagi mata: Mencegah gangguan mata
    Salah satu khasiat daun katuk adalah untuk menjaga kesehatan mata agar gangguan pada mata bisa di minimalisir. Karena dalam daun katuk terdapat vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.
  7. Khasiat daun katuk bagi pria: Meningkatkan produksi sperma
    Salah satu kegunaan daun katuk untuk kaum laki-laki adalah untuk menambah produksi sperma, karena daun katuk mengandung fitokimia yang mampu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kesuburan para pria.

Efek Negatif Daun Katuk

Meski demikian, konsumsi daun katuk tidak boleh berlebihan.
Sudah menjadi sunatullah / hukum alam bahwa semua yang berlebihan itu tidak baik.
Nah, di balik kelebihan dari khasiat daun katuk, ada juga efek negatifnya. Selain membantu proses metabolisme di dalam tubuh, glukokrtikoid hasil metabolisme senyawa aktif yang terkandung dalam daun katuk bisa mengganggu penyerapan kalsium dan fosfor.

Juga perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.
Untuk mengurangi efek negatif yang mungkin timbul, sebaiknya daun katuk dikonsumsi sewajarnya tanpa berlebihan.

Menurut dari blog ini[2], protozoa yang terdapat pada katuk disinyalir menjadi penyebab bronchitis. Maka, bagi anda yang ingin menghindari efek negatif daun katuk, hindari penggunaan yang terlalu banyak dan selalu rebus daun katuk sebelum dikonsumsi. Walaupun kebanyakan ibu-ibu memasak daun katuk ini sebagai sayur katuk, banyak juga yang langsung melalap daun katuk ini tanpa direbus.

Proses perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan sifat racun yang terdapat dalam daun katuk, atau bisa juga konsumsi kapsul daun katuk yang sudah diproses agar siap konsumsi.

Untuk meningkatkan ASI, bisa juga kombinasikan dengan mengkonsumsi makanan untuk melancarkan ASI.

Khasiat lengkap daun katuk akan terus diperbaharui di halaman ini, silahkan berbagi informasi tentang daun katuk ini di kolom komentar.

Referensi:
[1] http://bumiherbal.com/
[2] sovianchoeruman.wordpress.com
[3] www.wesehat.com/2014/10/6-manfaat-daun-katuk-untuk-kesehatan.html

Comments

You may also like...

1 Response

  1. manfaat buah says:

    Waktu istri ane menyusui, begitu makan daun katuk asinya langsung banyak. Daun katuk paling bagus buat ibu menyusui

Leave a Reply