Obati Wasir / Ambeien dengan Tanaman Herbal Cocor Bebek


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Obati Wasir / Ambeien dengan Tanaman Herbal Cocor Bebek

Cocor Bebek Pembasmi Wasir

Tanaman Cocor Bebek untuk Obati Wasir
Gambar: http://moniceoktavina.blogspot.com/2013/03/cocor-bebek-kalanchoe-pinnata.html

WASIR atau ambeien adalah penyakit yang cukup menyusahkan. Gatal-gatal dan cekit -cekit pada dubur, bahkan nyeri sewaktu buang air besar, keluar darah segar, terdapat benjolan lunak pada dubur, kadang-kadang berupa masa besar seperti seikat buah anggur. Itu lebih banyak disebabkan sering mengejan sewaktu buang air besar, atau memang ada keturunan.

Dokter menganjurkan pemakaian obat pelunak kotoran, atau memberi salep, atau kalau usaha itu tidak membawa hasil melakukaan tindakan bedah atau operasi bila memang perdarahan dan rasa nyeri makin hebat.

Namun bila ingin mengobati wasir dengan cara alami, yakni menggunakan cara ramuan dari tanaman herbal, tidak ada kesulitan, karena bahan-bahannya mudah didapat, yaitu daun cocor bebek.

Cocor bebek atau suru bebek nama latinnya Kalanchoe pinnata L. berasal dari Madagaskar, tersebar di daerah tropis. Di Indonesia dijadikan tanaman hias tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun, pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Batangnya lunak dan beruas, daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau sampai keabu-abuan. Bunga majemuk, buah kotak.

Cocor bebek agak asam, dingin. Berkhasiat antiradang, antiseptik, penghenti perdarahan, peluruh dahak, peluruh kencing, pereda demam, penyejuk, mengurangi pembengkakan, pembersih darah, megatasi amandel, rematik, radang payudaraa, radang amandel, haid tidak teratur, batuk darah, luka terbakar atau luka tersiram air panas dan rematik.

Cocor bebek mengandung asam le-mon, asam apel, vitamin C, quercetin-3-dirabinoside, keamferol-3-glukosde, tanin dan bryophyllin.

  • Untuk mengobati wasir dengan tanaman cocor bebek, cukup ambil daun cocor bebek lalu dicuci bersih dan dikeringkan. Daun kering itu lalu digiling halus hingga menjadi bubuk. Ambil satu sendok makan bubuk itu, lalu seduh dengan air panas tiga perempat cangkir. Tambahkan satu sendok makan madu. Diaduk rata terus. Setelah hangat diminum. Lakukan tiga kali sehari, sampai sembuh.
  • Atau dengan cara lain, 25 gram daun cocor bebek yang segar direbus dengan dua gelas air bersih dibiarkan mendidih hingga airnya tinggal satu gelas. Didinginkan, lalu disaring. Airnya diminum sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Perlakuan yang sama juga untuk radang lambung, rematik, dan muntah darah, namun ditambah adas dan gula merah. Sedang untuk amandel 5 sampai 10 lembar daun cocor bebek dicuci bersih dengan air matang. Tumbuk sampai halus lalu diperas. Airnya digunakan untuk kumur-kumur.

Untuk obat deman, disentri, bisul, radang telinga dan kencing nyeri, daun Cocor bebek segar dibuat memar. Perasannya diteteskan ke telinga atau sisa ampasnya ditempelkan pada bagian yang sakit.(HA Manan-35)

Demikian beberapa manfaat daun cocor bebek selain digunakan untuk mengobati wasir, juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit lainnya secara alami tanpa obat kimia.

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0303/22/ragam4.htm (dengan beberapa perubahan)

Comments

You may also like...

Leave a Reply