Ciri-ciri Penyakit Diabetes / Gula / Kencing Manis


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Seseorang dikatakan memiliki penyakit Diabetes ketika tubuhnya mengalami kondisi peningkatan gula darah yang nantinya dapat mengganggu kesehatan dengan berbagai komplikasinya.
Disebut juga penyakit kencing manis karena air seni dari orang yang mengidap penyakit kencing manis ini manis rasanya karena kadar gula yang tinggi dalam air seninya, karena tidak bisa diserap tubuh. Makanya sering kali sisa air seninya dikerubungi semut.
Disebut juga penyakit gula karena memang penyebabnya adalah kadar gulanya yang tinggi.

Intinya adalah, gangguan pada hormon insulin, efeknya kadar gula dalam darah tinggi karena hormon insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya. Kerjanya hormon insulin ini adadalah mengubah glukosa menjadi energi dan penyimpan glukosa untuk cadangan energi kinerja organ tubuh seperti otak, hati, jantung, dan ginjal dan organ tubuh lainnya.

Jadi, insulin berperan sebagai kunci pembuka jalan masuk glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Pada pengidap diabetes, insulin diproduksi sedikit atau sel tidak dapat memberikan respon terhadap insulin walau cukup jumlahnya. Akibatnya, gula menumpuk dalam darah tak termanfaatkan. Pada akhirnya dibuang melalui air kencing yang berlebihan dari keadaan normal. Gangguan metabolisme karbohidrat ini menyebabkan tubuh kekurangan energi. Itu sebabnya penderita diabetes terlihat lemah dan lemas juga sering BAK (Buang Air Kecil) dengan frekuensi yang sangat sering.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda positif diabetes atau tidak, adalah dengan melakukan cek kadar gula darah. Hal ini bisa dilakukan dengan pergi ke Puskesmas, Klinik, atau beberapa apotik juga menyediakan jasa cek kadar gula darah ini.
Kadar gula darah normal:

Kadar gula darah puasa (tidak mendapat asupan kalori 8-10 jam sebelumnya):
Normal = kadar gula < 100 mg/dl Pre Diabetes = kadar gula 100-125 mg/dl Diabetes = kadar gula > 125 mg/dl

Kadar gula darah sesaat (saat atau sesudah makan) :
Normal = kadar gula < 140 mg/dl Pre Diabetes = kadar gula 140-200 mg/dl Diabetes = kadar gula > 200 mg/dl

Bila Anda belum pernah melakukan cek gula darah, cara lain untuk mengetahuinya adalah dengan mengenali ciri diabetes. Berikut ini ciri-ciri penderita diabetes:

Ciri Gejala Diabetes

1. Sering kencing dan selalu merasa haus

Penyebabnya karena penderita diabetes memiliki kelebihan gula, sehingga ginjal akan bekerja keras untuk membuang kelebihan gula dalam darah, maka efeknya jadi sering kencing, bisa sampai puluhan kali dalam sehari semalam.
Kenapa diabetes sering membuat rasa haus? Itu adalah respon respon tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut. Kedua gejala ini, yaitu sering kencing dan sering haus, biasanya terjadi secara bersamaan pada penderita penyakit diabetes.

2. Mati rasa
Salah satu ciri penyakit gula adalah mati rasa (kebas) atau kesemutan di tangan, kaki, beserta jari-jemarinya disebabkan karena peningkatan kadar gula darah sehinga membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

3. Mendadak Kurus dan Turun Berat Badan
Karena tubuh kekurangan energi, maka tubuh yang kekurangan glukosa membakar lemak menjadi sumber energi, dan memecah protein dari otot sebagai sumber energi alternatif.

4. Sering lapar tapi tetap kurus
Lapar bukan karena belum makan, tapi karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel untuk dijadikan energi, sehingga timbul respon tubuh seperti lapar yang tidak pernah kenyang.

5. Jika ada luka, lama sembuhnya
Kadar gula yang tinggi membuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi tidak normal sehingga proses penyembuhan luka lebih lama.

6. Penglihatan Kabur atau Menjadi Buram
Ini terjadi karena kadar glukosa yang tinggi dan merusak pembuluh darah juga membatasi cairan yang masuk ke mata. Kondisi ini bisa mengubah bentuk lensa dan mata.
Muncul floaters (bintik hitam pada pandangan) atau terkadang flashes (kilatan cahaya).
Gangguan penglihatan pada kencing manis tidak bersifat permanen, biasanya muncul gangguan penglihatan saat terjadi peningkatan gula darah, kecembungan lensa dalam bola mata akan mengalami perubahan bentuk, bisa diatasi dengan tetap mengontrol gula darah tetap stabil, tapi bisa saja terjadi kerusakan mata permanen bahkan hingga menyebabkan kebutaan jika gula darah terus-menerus tinggi dan tidak terkontrol.

7. Cepat lelah dan Mudah Emosi
Penyakit diabetes tidak akan membuat tubuh penderitanya merasa nyaman, siklus istirahatnya terganggu, tidak tidak nyenyak, otomatis hari-harinya ditemani rasa lelah yang mudah menyerang dan ini juga menyebabkan mudah emosi.

8. Kulit Kering, Bersisik, Gatal, Gelap
Penyakit kencing manis mengganggu sirkulasi darah, sehingga membuat kelenjar keringat mengalami disfungsional. Akibatnya, kulit menjadi bersisik, terasa gatal, kering, dan iritasi, dan juga penyakit kulit berupa “acanthosis nigricans” mungkin juga terjadi, yaitu menggelapnya area kulit di sekitar leher dan ketiak, karena adanya resistansi insulin.

9. Infeksi Bakteri dan Jamur
Infeksi oleh bakteri stafilokokus akan menimbulkan radang pada tempat tumbuhnya rambut, infeksi kelenjar kelopak mata atau kuku dan bisa semakin parah jika diabetes tidak terkontrol

Jenis jamur Candida albicans salah satu jenis jamur yang menyebabkan gangguan kulit pada penderita penyakit diabetes dan sering terjadi pada vagina untuk kaum wanita, dan sering terjadi pada sudut mulut (angular cheilitis, menyerupai sobekan), diantara jari kaki, kuku (onikomikosis) pada umumnya. Efeknya adalah gatal, kemerahan, bisul dan kerak. Infeksi jamur yang paling umum adalah kadas, kurap dan kutu air.

Jika Anda mendapati lebih dari satu ciri-ciri di atas, segera lakukan cek gula darah untuk memastikan Anda menderita gangguan gula darah atau tidak.
Bila memang positif diabetes, maka langkah selanjutnya adalah perbanyak istighfar dan taubat, dan konsumsi daun yakon (salah satu jenis tanaman berkhasiat untuk menurunkan gula darah), diikuti dengan melakukan pola diet untuk mengatur kadar gula, berolahraga.

Comments

You may also like...

Leave a Reply