Temulawak Sebagai Obat Alami untuk Amandel


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Nama lain temulawak, di daerah Jawa disebut temulawak, di Sunda disebut koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak.
Tahukah Anda bahwa Rimpang temulawak termasuk salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat? Diantara khasiat temulawak adalah digunakan sebagai obat alami untuk amandel.

Rimpang temulawak mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia dan mampu mengobati beberapa penyakit seperti, sakit ginjal, sakit kepala, sakit limpa, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit pinggang, menambah nafsu makan, sakit perut pada haid, menghilangkan bau amis saat haid, obat jerawat, memperlancar ASI, obat sembelit, mencegah bau badan, sakit cacar air, sariawan, amandel, dan lain sebagainya. Kandungan rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri. Rimpang temulawak bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti hepototoksik, anti kolesterol, antioksidan dan juga beragam khasiat temulawak lainnya.

Temulawak Obat Herbal Amandel Alami

Temulawak juga dikenal sebagai obat penyembuh radang tonsil (sakit amandel).

Radang tonsil merupakan pembengkakkan pada organ amandel yang kerap terjadi pada anak-anak, makanya sering disebut sakit amandel. Saat radang yang diakibatkan infeksi bakteri, nafsu makan akan menurun karena penderita akan sulit menelan.

Radang amandel sering terjadi pada anak-anak karena kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga sangat rentan terserang penyakit. Radang amandel juga bisa menyerang orang dewasa bisa disebabkan karena pola makan yang banyak mengandung bahan pengawet, gaya hidup yang tidak teratur, merokok, dan kurangnya istirahat yang cukup. Obat amandel alami dapat dikonsumsi oleh siapa saja akan tetapi biasanya ada pengecualian untuk kriteria batas minimal umur dan juga untuk ibu hamil yang tidak bisa mengkonsumsi obat herbal amandel alami.

Beberapa ahli medis akan menyarankan untuk melakukan pengangkatan amandel untuk mengatasi radang. Namun, menurut dokter Zainal Gani, sebaiknya amandel tetap dipertahankan karena merupakan kelenjar penyaring kuman dirongga mulut. Tetapi, pengangkatan amandel justru menimbulkan masalah baru, yakni kekebalan tubuh anak akan menurun dan mudah terkena penyakit.

Menurut Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt. seorang guru besar Farmasi Universitas Indonesia mengatakan rimpang temulawak yang bertunas kurang berkhasiat. Untuk mendapatkan khasiat temulawak sebagai obat amandel, masayarakat secara tradisional merebus irisan rimpang temulawak.
Obat radang amandel alami bisa dibuat sendiri atau bisa juga membelinya di toko herbal yang menyediakan obat herbal. Apabila anda tidak tidak bisa atau tidak sempat membuat obat radang amandel alami sendiri karena kesibukan sehari-hari, anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak beragam produk temulawak instan berupa serbuk, kapsul, tablet, dan teh yang bisa dibeli di toko herbal atau melalui online dan sekarang juga sudah dikemas dalam bentuk yang praktis.

Salah satu produk temulawak siap konsumsi adalah Lamandel (kombinasi herbal Temulawak, Pegagan, Pecut Kuda) kemasan Botol produksi Ikot Herba

Lamandel obat herbal amandel (Temulawak, Pegagan, Pecut Kuda)

Isi : 200 gram
Izin Depkes RI: BPOM TR.033 226 691
Produsen/Merk: IKOT Herba Bagoes

Cara Pemesanan: SMS (Atau WhatsApp) ke 0813-80-262524 dengan format SBB:

LAMANDEL200 / JUMLAH PESANAN / NAMA / ALAMAT (sertakan nama Kecamatan)

Harga: Rp. 47.000 DISKON: 42.000
Total biaya beserta ongkos kirim akan kita SMS (atau Whatsapp) berikut nomor rekening tujuan transfer.

Karena lamandel adalah obat amandel alami karena dibuat 100% dari tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat untuk menyembuhkan radang amandel.

Berikut ini adalah khasiat dari Lamandel, seperti:
* Membantu meredakan peradangan kelenjar amandel/tenggorokan.
* Membantu meredakan batuk dan radang tenggorokan.
* Meningkatkan nafsu makan.
* Meningkatkan daya tahan tubuh.
* Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Komposisi Lamandel Herbal Amandel

* Rimpang temulawak
Rimpang temulawak mempunyai khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia dan sudah kami jelaskan pada awal bagian artikel ini.

*Daun pegagan
Daun pegagan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti mengatasi demam, darah tinggi, mengobati wasir, mengobati jerawat, meningkatkan daya ingat atau konsentrasi dan mejaga stamina tubuh, kandungan pegagan diantaranya siaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan besi.

* Daun Pecut kuda
Daun pecut kuda mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan manusia seperti, mengobati demam, mengobati radang amandel, radang paru, gondongan, mengobati radang sendi, mengobati kencing batu, mengobati bengkak pada infeksi ginjal, mengobati muntah darah dan lain sebagainya.

Demikianlah bahan-bahan obat radang amandel alami yang terdapat pada lamandel, yang mempunyai khasiat dan manfaat untuk meredakan peradangan pada amandel. Bahan-bahan dasar tersebut adalah bahan utama dalam membuat obat radang amandel alami lamandel dan diolah menggunakan mesin-mesin modern dan menjaga kualitas, kehigienisan bahan-bahan herbal yang sudah memenuhi standart obat radang amandel alami yang berkualitas.

Resep Obat Herbal Amandel dari Temulawak:
1) Pisahkan rimpang dari batang dan pelepah daun kering, lalu cuci hinggga bersih sampai rimpang terbebas dari tanah dan serabut akar.
2) Iris rimpang setebal 2-3 mm dengan pisau tajam, tanpa mengupas kulitnya. Kulit rimpang mengandung senyawa aktif yang berguna. Kita dapat merebus irisan rimpang segar itu untuk dikonsumsi.
3) Bila hendak disimpan, keringkan irisan rimpang selama 2-3 hari atau masukan oven pada suhu 60 0C selama 6-7 jam sampai kadar air di bawah 10% sehingga kita mudah mematahkannya dengan tangan.
4) Pastikan rimpang yang telah kering bebas dari cendawan dan kotoran, lalu simpan dalam toples kaca berwarna sehingga tidak terkena sinar matahari langsung. Kita dapat memanfaatkan rimpang kering dengan merebus atau membuat serbuk.
5) Perebusan terbaik menggunakan wadah keramik, tembikar, kaca tahan panas, baja anti karat, hingga mendidih. Perbandingan antara temulawak dengan air 1 : 10.
6) Saring air hasil rebusan ke dalam gelas dan minum segera.
7) Rimpang temulawak kering dapat dibuat dalam bentuk serbuk dengan dihaluskan menggunakan blender kering sampai benar-benar halus.
8) Konsumsi serbuk temulawak dengan cara melarutkan satu sednok makan serbuk temulawak kedalam satu gelas air hangat (250 ml).
9) Frekuensi konsumsi 1-3 kali sehari sesuai kebutuhan.

Demikian resep obat herbal amandel alami secara singkat.
Lihat juga obat herbal amandel lainnya.

Sumber:
http://lamandel.com/obat-radang-amandel-alami-yang-terbuat-dari-bahan-bahan-herbal.html
http://febriputriak.blogspot.co.id/2013/01/karya-ilmiah-satu-rimpanng-seribu.html

Gambar: http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/08/manfaat-temulawak.html

Comments

You may also like...

Leave a Reply