Fakta: Daging Kambing, Kolestrol dan Darah Tinggi


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Fakta tentang Daging Kambing, Kolestrol dan Darah Tinggi

Tahukah Anda? Bahwa daging kambing justru lebih rendah kandungan kolestrolnya dibandingkan daging ayam?

Popularitas daging kambing sudah tak diragukan lagi negeri kita. Demikian juga bagi kebanyakan orang di Asia, Timur Tengah, Amerika Latin dan Afrika. Daging kambing merupakan makanan yang dipercaya mempunyai khasiat yang lebih tiggi dibanding daging sapi atau domba. Hampir merata keyakinan di masyarakat di berbagai daerah di tanah air percaya bahwa daging kambing dapat meningkatkan potensi seksual, terutama seksual pria.
Di Taiwan, daging kambing juga dipercaya mempunyai khasiat menghangatkan badan (heaty) sehingga merupakan menu yang digemari di musim dingin.
Bukan cuma itu, daging kambing juga sering diasosiakan dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Tapi benarkah semua keyakinan itu? Atau hanya mitos yang sengaja dihembuskan oleh golongan tertentu agar kita menjauhi daging kesukaan Nabi ﷺ ini?

Faktanya, tak ada bukti bahwa makan daging kambing mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi. Justru, fakta ilmiah membuktikan sebaliknya.

bobrow-kambing-gunung

Semoga fakta-fakta yang kami paparkan berikut ini menghapus kebodohan kita dan menggantinya dengan fakta yang benar, dan tidak lagi ragu apalagi sampai takut untuk konsumsi daging kambing yang sangat baik untuk kesehatan ini. Tentu dengan catatan, semua yang berlebihan tetap tidak baik. Apalagi dalam masalah makanan dan minuman. Allah berfirman:

( وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ ) سورة الأعراف: 31

“Dan makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

  1. Kandungan Kolesterol LEBIH RENDAH dibanding daging merah yang lain!
    Sumber: Proceedings Nutrition Society of Australia, 1997. Dari Juni Sumarmono PhD, Dosen Fakultas Peternakan UNSUD Purwokerto dalam majalah Infovet Edisi 112, 2003. (lihat disini: http://eljavinature.blogspot.co.id/2011/12/jangan-takut-makan-daging-kambing.html)

    kolestrol dalam darah

    Salah satu kajian yang dilakukan oleh USDA (U.S. Department of Agriculture) mendapati bahawa daging kambing mempunyai kandungan kolesterol dan lemak yang paling sedikit dan ini secara ilmiah menolak anggapan buruk tentang daging kambing sebagai penyebab kolestrol, dan kabar tentang daging kambing sebagai penyebab kolestrol & darah tinggi dan juga berbagai ganggungan kesehatan lainnya adalah mitos belaka.

    Tabel perbandingan kolestrol antara daging gambir, sapi, domba, ayam dan babi ada di bawah.

  2. Kandungan Lemak Jenuh LEBIH RENDAH dibanding daging lain! (lihat tabel perbandingan dibawah)
    Lemak Jenuh (Saturated Acid Fat), butuh waktu yang sangat lama untuk bisa diurai oleh tubuh. Ikatan reaksinya menjadi LDL (Low Density Lipo-protein), membentuk lapisan dinding dalam pembuluh darah, bisa menggumpal jadi plak, yang mengakibatkan penyempitan rongga aliran darah juga menjadikan pembuluh darah tidak fleksibel. Inilah sebab utama dari penyakit jantung, Hypertensi dan Stroke .
    Maka sering disebut Lemak Jenuh = Lemak Jahat.

    Berikut tabel perbandingan kandungan kalori, lemak, lemak jenuh, protein, dan kolestrol yang ada pada kambing, domba, sapi, ayam, dan babi.

    perbandingan kolestrol daging kambing domba sapi ayam dan babi
    Tabel dikompilasi dari: USDA Handbook #8, 1989, Nutritive value of foods,Home and Garden Bulletin #72, USDA, Washington DC, U.S. Government Printing Office, 1981. Sumber: http://www.hilltopplaceranch.com/nutritionalvalue.html

    Sekali lagi, fakta ilmiah membuktikan kekeliruan anggapan buruk tentang daging kambing dan hubungannya dengan kolestrol dan berbagai ganggungan kesehatan lainnya adalah mitos belaka

  3. Kandungan Zat Besi LEBIH TINGGI dibanding daging lain.
    Zat Besi berperan penting untuk pengangkutan oksigen dan melancarkan aliran listrik dalam otak.
    Dan bersama dengan DHA, Omega 3 dan vitamin B12, mampu meningkatkan perkembangan otak. Kandungan zat besi pada daging lebih mudah diserap tubuh dibanding zat besi yang ada pada sayuran maupun makanan olahan (sereal).
    Diana Nur Fitri -Jurnal Teknologi Pangan Vol.1 No.1 2012 (lihat disini >> http://journal.ift.or.id/node/20)

  4. Mempunyai banyak kandungan akan Mineral & Vitamin (Protein, Kalsium, Fosfor, Potasium, Selenium, Manganese, Niacin, Folate, Zing, Copper, Sodium, Vitamin; B1, B2, B3, B9, B12, E, K, Omega3, Omega6, dll) – – selengkapnya bisa dilihat disini.

    Vitamin B12 atau sianokobalamin merupakan mikronutrien essensial yang hanya terdapat pada hewan dan tidak ditemukan pada sayuran & buah-buahan.
    Vitamin ini berperan penting dalam pembelahan sel dan metabolisme folat (metabolisme energi), juga dalam pemeliharaan sel-sel saraf, pembentukkan molekul DNA dan RNA, serta pembentukkan platelet darah.
    Kekurangan vitamin B12 mengakibatkan anemia, mudah lelah lesu, iritasi kulit, gangguan syaraf (motorik atw sensorik), serta gangguan gastrointestinal (kehilangan nafsu makan, kembung, serta konstipasi), pada stadium ringan melemahnya sel saraf bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan belajar.

  5. Lebih Orisinil & Alami dibanding daging lain!
    Zaman ini bidang peternakan menggunakan berbagai teknik rekayasa dalam program penggemukan hewan ternak hingga bisa lebih cepat & hasil daging yg lebih banyak, misalnya ayam.

    Tidak seperti ternak lain yg mudah direkayasa pertumbuhanya, sedangkan kambing memiliki karakter khusus yang tidak dimiliki hewan lain, yaitu sulit untuk direkayasa pertumbuhanya!
    Karena dibanding hewan ternak lain, kambing termasuk hewan ternak yang lebih sulit beradaptasi dan rentan (mudah mati) ketika mengalami perubahan-perubahan.

Selain itu, daging Kambing mempunyai tekstur dan rasa yang unik serta lebih enak. Kalau cara masaknya bagus, mungkin Anda anda tidak akan menginginkan lagi daging yang lain selain daging kambing. Selain itu juga, susu kambing juga mempunyai banyak khasiat.
Susu kambing banyak digunakan untuk pengobatan dan terapi penyakit dan muulai dilirik banyak kalangan seperti halnya pengobatan dan terapi menggunakan ramuan dan tanaman herbal. Banyak literatur dan hasil penelitian para ahli yang membuktikan bahwa susu kambing memeiliki banyak kandungan gizi, dan susu kambing merupakan satu-satunya susu hewan yang bisa dikonsumsi langsung seperti ASI (Air Susu Ibu) tanpa dimasak terlebih dahulu.
Sumber: Khasiat & manfaat susu kambing: susu terbaik dari hewan Ruminansia (https://books.google.co.id/books?id=IWY9CjN3JTwC&pg=PA3&lpg=PA#v=onepage&q&f=false)

minum susu kambing langsung dari kambing
Gambar: http://thephotographersgalleryblog.org.uk/2013/01/31/the-end-of-one-year-and-the-beginning-of-another-brett-rogers-on-the-best-photography-of-2012/lucasfoglia_andrew-and-taurin-drinking-raw-goats-milk-tennessee-2009-courtesy-of-michael-hoppen-contemporary/

Sumber rujukan:
https://ralamsa.wordpress.com/2012/05/29/fakta-tersembunyi-daging-kambing/

Jangan enggan untuk menyebarkan informasi ini, minimal Anda dan orang-orang terdekat Anda tidak dibohongi terus-terusan oleh mitos dan terjauhkan dari fakta yang benar. Masa 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun atau lebih Anda dibohongi mitos kalau daging kambing itu penyebab kolestrol & darah tinggi? Hehe. Klik share on Facebook / Twitter / Google+

Comments

You may also like...

Leave a Reply