50 Tanaman Herbal untuk Diabetes (Kencing Manis)


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Banyak yang bertanya “apa obat diabetes yg manjur?”, “apa obat kencing manis secara alami?“, “daun untuk obat diabetes“, “jenis tanaman obat kencing manis“, “obat alami obat diabetes“, “obat herbal daun untuk diabetes“, “obat kencing manis yang mujarab“, “obat tradisional kencing manis“, dan ratusan pertanyaan serupa yang berhubungan dengan penyakit diabetes / kencing manis / kencing gula.

Pada laman Kompas disebutkan, dari sekitar 30.000 jenis tumbuhan, sekitar 7000 tanaman di Indonesia yang berkhasiat obat. Dari 7000 tersebut, baru sekitar 1000 jenis yang dimanfaatkan sebagai bahan baku farmasi dan obat tradisional.

“Banyak tanaman herbal yang sebenarnya bisa menjadi bahan baku obat modern. Sayangnya, kita belum memanfaatkannya secara maksimal,” kata Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan RI, Indah Yuning Prapti seperti yang dikutip Alumniipb pada laman Kompas, Kamis, (27/08/2015).

Di artikel ini akan kami membuat daftar (kurang lebih) 50 tanaman alami untuk pengobatan diabetes, baik yang sekedar menurunkan kadar gula darah, atau bahkan sampai memperbaiki pankreas sehingga bisa memperbaiki kinerja pankreas agar bisa kembali normal dan bisa sembuh total dari diabetes, walaupun memakan waktu yang agak lama (tahunan atau belasan tahun).

Artikel ini akan terus di update, jangan kecewa bila Anda baru menemukan beberapa tanaman saja karena 50 tanaman tersebut akan dimasukkan satu-persatu ke artikel ini. Ikuti fanpage kami di facebook untuk mendapatkan update-nya https://www.facebook.com/herbaltum/

50 Tanaman Herbal untuk Diabetes (Kencing Manis)

Sebenarnya ada sangat banyak tanaman herbal yang berkhasiat untuk menurunkan gula darah bahkan juga memperbaiki sel beta pankreas yang rusak. Sebagian orang hanya menggunakannya sebagai alternatif penyembuhan penyakit diabetes mellitus atau menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Atau juga yang seumur hidupnya berobat dengan herbal, murni obat herbal diabetes tanpa obat dokter karena negara kita terkenal dengan pengobatan tradisional yang terkenal turun-temurun. Kami tidak membatasinya hanya 50, mungkin kedepannya angka ini akan bertambah.

Apa saja tanaman penurun gula darah tersebut? Berikut ini adalah 50 jenis tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Daun Yakon Obat Herbal Diabetes

    Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Daun Yakon mengandung, bahkan kaya dengan insulin yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.

    Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah. Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah.

    Daun yakon terkenal juga sebagai daun insulin (seperti halnya daun paitan), tapi seringkali disamakan dengan daun paitan, padahal keduanya berbeda.
    Tanaman yakon memiliki umbi, air rebusan daun yakon tidak terlalu pahit seperti paitan, tapi kedua-duanya disebut daun insulin karena bekerja cepat untuk menurunkan kadar gula darah.

    Ciri daun yakon yacon insulin

    Gambar daun yakon yacon insulin

    Kami membantu menyediakan daun yakon karena tanaman ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Daun paitan yang juga disebut daun insulin banyak di Indonesia, dan seringkali dianggap daun yakon, padahal berbeda.

    perbedaan daun insulin yakon dan paitan

    perbedaan daun insulin yakon dan paitan

    Beli Daun Yakon Bubuk di sini Beli Daun Yakon
    Beli Daun Yakon + Meniran + Jahe (Teh Insulin Plus) di sini Teh Insulin Plus
    Beli Daun Yakon + Meniran + Sambiloto (Kapsul Yakon Plus) di sini

    Mana yang lebih cepat? Kapsul sangat baik karena mengandung kombinasi sambiloto yang bersinergi dengan daun yakon dalam menurunkan kadar gula, selanjutnya bisa mengkonsumsi daun bubuk nya saja.
    Teh Insulin Plus sangat baik jika penderita saat ini punya gula + luka basah yang tidak kunjung kering, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuhnya dari infeksi.
    Daun yakon bubuk nya bisa untuk terapi rutin setiap hari 2 x 1 sendok teh sehari.

  2. Brotowali Obat Diabetes Alami

    Efek Farmakologi
    Analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas)

    Cara Penggunaan Brotowali untuk Diabetes:

    6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

    Kenapa brotowali bisa jadi obat diabetes alami? Batang brotowali mempunyai rasa yang sangat pahit bersifat menyejukkan, dan dari hasil penelitian secara invitro bahwa air ekstrak batang brotowali memiliki efek hipoglikemik, yaitu menurunkan gula darah. Hasil penurunan gula darah yang nyata mulai terlihat sekitar 2-3 jam setelah pemberian ekstrak air batang brotowali.

    Maka itu banyak obat-obat herbal diabetes yang menggunakan ekstrak batang brotowali sebagai komposisi obat herbal.

  3. Lidah Buaya sebagai Obat Diabetes

    Lidah buaya memiliki manfaat sebagai ramuan herbal untuk mengatasi penyakit wasir, sebagai penghilang noda bekas jerawat, bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan (campuran es dan makanan lainnya), dan ternyata manfaat lidah buaya tidak berhenti sampai di situ. Lidah buaya juga sangat efektif untuk menurunkan gula darah atau penyembuhannya. Dan fungsi utamanya adalah sebagai Antiradang atau Pencahar

    Cara Penggunaan

    1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3×1,5 gelas setiap habis makan.

  4. Mahkotadewa untuk obat diabetes

    Efek Farmakologi
    Antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Adapaun cara membuat ramuan herbal penurun gula darah dari tanaman mahkota dewa, adalah sangat mudah dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
    Siapkan lima hingga tujuh iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

  5. Mengkudu Obat Diabetes Herbal

    Mengkudu, mungkin anda masih ingat, bahwa buah mengkudu adalah salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi, dan ternyata bukan hanya itu. Mengkudu adalah buah yang termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman herbal untuk menurunkan gula darah. Karena mengkudu dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

    Cara Penggunaan
    Ambil dua buah mengkudu masak. Parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

  6. Pare Obat Diabetes

    Pare, adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa yang khas, ya rasa pahit adalah salah satu sifat yang dimiliki pare. Selain digunakan sebagai bahan-bahan masakan, pare ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Fakta ilmiahnya, pare memiliki kandungan zat yang berperan aktif sebagai penurun gula darah dalam tubuh, diantaranya adalah sebagai Antiradang, sifatnya dingin. Charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

    Cara Penggunaan
    Ambil 200 gram buah pare segar. Potong-potong lalu buah tersebut bisa dijus atau direbus. Kemudian airnya diminum.

  7. Teh Hijau

    Teh Hijau adalah bahan dasar minuman yang telah dikenal manfaatnya untuk merawat kecantikan, dan bukan hanya itu, ternyata teh hijau juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah luar biasanya, yiatu dapat menurunkan kadar gula darah atau sebagai penyembuh penyakit diabetes mellitus.

    Polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki dkk dan diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004.Sehingga dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka kadar gula yang tinggi dalam tubuh akan mulai stabil, karena kandungan dalam teh hijau tersebut mampu memperbaiki fungsi pankreas untuk dapat memproduksi insulin guna menstabilkan gula darah yang berlebihan tersebut.

  8. Daun Pletekan / Ceplikan / Kencana Ungu Obat Diabetes

    Tanaman ini terbukti secara ilmiah menurunkan gula darah.

    Alat dan bahan
    1. Wadah untuk merebus daun sebaiknya terbuat dari kaca / keramik / tanah liat / stainless steel
    2. Air putih bersih (bisa air matang ataupun air mentah).
    3. Daun Pletekan secukupnya, kira-kira menutupi permukaan wadah.

    Cara membuat
    1. Cuci bersih daun pletekan yang sudah dicabuti dari batangnya
    2. Rebus daun pletekan dengan air sekitar 500ml sampai mendidih sampai tersisa 1/2 nya.
    3. Matikan api setelah air mendidih, dinginkan.
    4. Saring air rebusan.

    Minum air rebusan yang sudah disaring sebanyak 1 gelas setiap pagi dan sore hari.
    Sambil tetap memeriksa kembali gula darah nya 1-2 hari kemudian, jika sudah normal bisa berhenti konsumsi daun kencana ungu ini.

    Pada penderita diabetes dengan komplikasi gagal ginjal harus memperhatikan penggunaannya karena terbukti meningkatkan ureum dan kreatinin pada penderita diabetes (tidak berlaku pada penderita diabetes tanpa gagal ginjal)

    Organ ginjal tikus DM mengalami kerusakan tubulus secara bermakna.
    Kesimpulan : EADC meningkatkan ureum dan kreatinin serum secara signifikan dan menimbulkan efek samping terhadap fungsi dan morfologis ginjal tikus DM dengan penurunan fungsi ginjal, sehingga daun ceplikan bisa digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradional DM pada jalur non formal dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fungsi ginjal dan tetap memperhatikan pengaturan diet dan latihan jasmani secara teratur.

    Selengkapnya http://berkhasiat.web.id/1758-tanaman-kencana-ungu-pletekan-obat-herbal-diabetes/

  9. VCO (Virgin Coconut Oil) untuk Diabetes


    Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa konsumsi minyak kelapa murni (VCO, bukan minyak kelapa biasa/minyak goreng) dapat membantu pengobatan diabetes mellitus.

    Hal ini disebabkan VCO mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids atau MCFA) yang tinggi, terutama asam laurat dengan kandungan antara 43—53% dari total asam lemak. Keberadaan MCFA ini memiliki peran ganda, yaitu dapat menginduksi sekresi insulin dan memperbaiki fungsi insulin.

    Proses ekstraksi VCO sedikit berbeda dengan minyak goreng yang biasa kita gunakan sehari-hari, karena minyak VCO diekstraksi dari santan kelapa yang segar dan melewati beberapa tahap, yaitu proses fermentasi, churning (pemisahan secara sentrifugal), pendinginan, dan pemberian aksi enzim untuk menghasilkan pemisahan minyak dari air atau pelembap.

    Resep VCO untuk Diabetes, klik http://berkhasiat.web.id/1695-vco-untuk-menurunkan-gula-darah-dan-menyembuhkan-diabetes/

  10. Air Tebu untuk Obat Diabetes


    Air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum ia mampu mengatasi diabetes”. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik.
    Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes.
    Menurut subianto (2011) manfaat air tebu yang dikutipnya dari Majalah TRUBUS 422, JANUARI 2005.

    Resep air tebu untuk mengobati diabetes:
    – Belum kami temukan resep nya secara ilmiah. Biasanya digunakan masyarakat secara pribadi tanpa resep tertentu.

  11. Biji alpukat sebagai obat diabetes

    Alpukat memiliki unsur asam lemak tak jenuh sebagaimana juga pada buah zaitun, dan minyak zaitun. Dan Alppukan terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes karena kandungan asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah.

    Cara membuat minuman sari biji alpokat sbb:
    – Biji buah alpukat secukupnya (1 buah saja)
    – 2 gelas air
    – Ambil biji alpukat dan panggang di atas ap kurang lrbih 5 menit lalu biji alpokat menjadi tidak keras i, Setelah itu potong kecil-kecil
    – Kemudian rebus sampai airnya menjadi berwarna coklat
    – Setelah dingin, saring dan minum
    – Lakukan secara rutin sampai kesembuhan mulai dirasakan

    Demikian dari pengalaman seorang diabetesi yang melakukan terapi dengan biji alpukat dari Facebook nya https://www.facebook.com/photo.php?fbid=877533662258128&set=a.101464383198397.3394.100000045075195

  12. Bawang dayak/berlian obat diabetes

    Sebagaimana dikutip dari Majalah Trubus:

    – Senyawa aktif bawang dayak yang paling berperan dalam menurunkan kadar gula darah adalah eleutherinosideA
    – Rifwan Sutan Raja Bungsu di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kadar gula darahnya turun dari 394 mg/dl menjadi 234 mg/dl setelah mengonsumsi kapsul bawang berlian selama 8 bulan
    – Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD KR, saat ini 90% pasien diabetes mellitus umumnya datang ketika sudah ada komplikasi. Mereka tidak melakukan pemeriksaan sehingga tidak tahu kalau gula darahnya tinggi
    – Beberapa produk berbahan bawang dayak di pasaran, permintaannya terus meningkat
    – Pola makan porsi sedikit tapi sering meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh langsung membakar setiap kalori yang masuk
    – Dokter Arijanto Jonosewojo SpPD FINASIM, “Apabila diabetes mellitus yang dialami pasien masih stadium awal, penggunaan herbal cukup efektif, tapi harus diimbangi pola hidup sehat. Herbal itu sebagai komplementer.”

    Sudah kami bahas secara lengkap di sini http://berkhasiat.web.id/1635-bawang-dayak-berlian-obati-diabetes-alami/

    Beli Kapsul Bawang Dayak di sini http://berkhasiat.web.id/jualan/kapsul-bawang-dayak-alychins/

  13. Biji mahoni obat diabetes

  14. Biji rambutan obat diabetes

  15. Daun afrika obat diabetes

  16. Daun binahong untuk diabetes

  17. Daun bungur obat diabetes

  18. Daun ciplukan obat diabetes

  19. Daun jambu obat diabetes

  20. Daun kelor obat diabetes

    Daun kelor sebagai obat diabetes terbukti ampuh, dan sudah kami bahas secara lengkap di sini http://berkhasiat.web.id/1068-berbagai-khasiat-daun-kelor-lengkap/

  21. Daun kemangi obat diabetes

  22. Daun mangga obat diabetes

  23. Daun mengkudu obat diabetes

  24. Daun murbei sebagai obat diabetes

  25. Daun pepaya obat diabetes

  26. Daun salam obat diabetes

  27. Daun sambiloto obat diabetes

  28. Daun sirih merah obat diabetes

  29. Daun sirsak obat diabetes

  30. Daun sukun obat diabetes

  31. Daun talok/kersen obat diabetes

  32. Jambu biji obat diabetes

  33. Kayu manis obat diabetes


    Kayu manis memiliki manfaat yang signifikan bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk membantu tubuh mereka merespon insulin, sehingga menormalkan kadar gula darah. Senyawa tertentu dalam kayu manis merangsang reseptor insulin dan menghambat enzim yang menginaktivasi mereka, meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa.Secara teratur mengkonsumsi kurang dari satu-setengah sendok teh per hari menurunkan kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Sangat mudah untuk memasukkan ke dalam asupan harian. Cukup taburkan pada oatmeal atau sereal, atau tambahkan sejumput kecil untuk teh atau kopi.

  34. Ketan hitam obat diabetes

  35. Sarang semut Papua sebagai obat herbal diabetes

  36. Sawo obat diabetes

  37. Daun sendok obat diabetes

  38. tapak liman untuk diabetes

  39. Duwet obat kencing manis

  40. Pegagan untuk diabetes

  41. Daun anting-anting untuk diabetes

  42. lamtoro untuk diabetes

  43. Bawang putih obat diabetes

  44. Bawang merah untuk obat diabetes

    Apakah bawang merah bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis?
    Bawang mengandung quercetin, zat yang membantu mengurangi gula darah. Bawang juga bekerja memperkuat kapiler tipis. Dengan demikian, ia mencegah retinopati yang menyertai diabetes pada stadium akhir.
    Bawang juga mengandung glukonin yang memiliki kemampuan sama dengan insulin dalam mengatur penyimpanan gula dalam tubuh dan penggunaannya. Bawang dapat dimasak hingga menjadi seperti gel, kemudian saring dan makanlah sup tersebut. Selain itu, dapat juga menggunakan minyak bawang, dengan menambahkan sedikit minyak bawang pada minuman kelabat. Minumlah di pagi hari, pada saat perut kosong.

Selain dengan menggunakan ramuan herbal yang telah disebutkan di atas sebagai penyembuh diabetes mellitus atau penurun kadar gula darah, ada juga beberapa metode penyembuhan secara tradisional dari bahan alami, ekstrak teripang laut.

Demikianlah informasi 50 Tanaman Herbal untuk Diabetes (Kencing Manis) untuk menurunkan gula darah secara alami.
Jalani gaya hidup dan pola makan yang sehat, agar penyakit gula darah bisa diatasi dengan cepat. Segera atasi penyakit gula darah yang anda keluhkan dengan tanaman herbal untuk menurunkan gula darah yang telah disediakan alam sekitar kita.

Comments

You may also like...

Leave a Reply