Apa bedanya diabetes dengan kencing manis?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Apa beda diabetes dengan kencing manis

semut dan madu.

Apa bedanya diabetes dengan kencing manis?
Mungkin diantara Anda ada yang bertanya: Apa bedanya diabetes dengan kencing manis/kencing gula? Apakah ada perbedaan? Atau sama saja?

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar glukosa darah dalam badan sementara kadar insulin dalam tubuh tidak mencukupi. Penyakit diabetes disebut juga penyakit kencing manis, jadi tidak ada bedanya antara penyakit diabetes dan kencing manis. Kenapa diabetes disebut juga kencing manis?

Diabetes disebut kencing manis karena pada penderita diabetes air seni atau air kencingnya Manis karena mengandung glukosa. Apa itu glukosa?
glukosa adalah sumber energi tubuh ( dari beberapa sumber yang ada) yang berasal dari makanan yang kita makan, setelah makanan yang kita makan dicerna oleh saluran pencernaan, karbohidrat yang ada di dalam makanan tersebut akan dirubah menjadi glukosa, kemudian masuk ke dalam sistem peredaran tubuh, lalu disebar ke seluruh organ sebagai sumber tenaga agar bisa bekerja secara optimal.

Sebelum masuk ke dalam tubuh, glukosa memerlukan peran insulin, yaitu hormon yang berperan sebagai “kunci pembuka pintu sel” yang membantu glukosa untuk masuk ke dalam sel tubuh. insulin ini dihasilkan dari organ yang bernama pankreas. kalau pankreasnya hanya menghasilkan sedikit insulin, otomatis Glukosa yang bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh juga sedikit. lalu ke mana sisanya?

Nah, Glukosa Glukosa yang nggak punya tempat tinggal, Dia akan hanya beredar di peredaran darah aja, Itulah sebabnya Kenapa ketika dicek gula darahnya, kadar gulanya tinggi, karena glukosa glukosa yang dihasilkan dari makanan tidak bisa masuk ke dalam tubuh secara sempurna.

Karena ada standar maksimal kadar gula di dalam tubuh, maka kelebihan sisanya ketika melewati ginjal Harus dibuang melalui air kencing atau urin. Nah, itulah Kenapa penderita diabetes kencingnya manis, karena dalam air kencing tersebut terkandung kadar glukosa yang tinggi yang tidak masuk ke dalam sel tubuh dan dibuang melalui air seni.

Itu juga sebabnya kenapa penderita diabetes jadi sering kencing, karena sebentar sebentar si ginjal harus membuang banyak kadar gula yang tidak bisa terpakai di dalam tubuh, akhirnya ginjal pun sering-sering mengirimkan sinyal untuk buang air kecil yang mana isinya kadar gula darah yang tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh. Nah kalau sudah sering seperti itu maka ginjal pun lama-lama akan mengalami gangguan, Itulah sebabnya kenapa penyakit diabetes berhubungan erat dengan penyakit gagal ginjal, sebagai salah satu bentuk komplikasi penyakit diabetes.

Dari sini juga bisa kita ketahui bahwa penderita diabetes akan mengalami sering lapar, karena semua yang dimakan sudah menjadi glukosa, tapi yang masuk ke sel tubuh sedikit seolah-olah baru makan sedikit, padahal sisanya terbuang lewat air seni yang mengandung kadar gula tinggi.

Akhirnya penderita diabetes pun merasa lemas karena sedikitnya sumber tenaga yang bisa digunakan oleh tubuh, ketika gak ada sumber tenaga lagi maka lemak ditubuh yang akan dibakar menjadi energi untuk bisa beraktivitas. makanya orang yang terkena penyakit diabetes biasanya akan turun drastis berat badannya karena sebagian besar lemak yang tersimpan tumbuh dibakar menjadi sumber energi.

Demikianlah kenapa penyakit diabetes disebut juga kencing manis atau kencing gula, dan juga semut seringkali menghubungi bekas air kencingnya penderita diabetes karena dalam air seni tersebut terdapat kandungan gula yang tinggi dan semut Suka yang manis-manis. tapi tentunya ini untuk penderita diabetes yang males nyiram air kencingnya setelah buang air kecil, atau kurang bersih hehehe.

Lalu bagaimana mengobati kencing manis / kencing gula ini?


Diantaranya adalah makan makanan yang berserat tinggi, dan memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya memiliki sumber karbohidrat yang lambat Serap, contohnya adalah nasi merah, beras ketan hitam, pemanisnya dari gula aren, atau madu murni asli. Karena sekarang banyak gula aren atau madu yang tidak murni alias dicampur oleh oknum-oknum yang curang.

Dan biasanya dokter akan membantu dengan obat-obat yang membantu menurunkan gula darah dan membuat tubuh bisa menyerap gula lebih baik lagi.

Kalau obat tradisional untuk kencing manis ada banyak, silahkan lihat artikel 5050 Tanaman Herbal untuk Diabetes (Kencing Manis)

Jadi, tidak ada perbedaan antara kencing manis dan diabetes ya, karena diabetes adalah kencing manis atau disebut juga kencing gula, sebabnya sudah jelas kan di awal silahkan dibaca lagi jika masih bingung.

Comments

You may also like...

Leave a Reply