Cara Cek Keaslian Madu lewat Air


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Cara Cek Keaslian Madu lewat Air, gimana caranya?

Contoh Madu asli di dalam air

Madu asli di dalam air. Credit gambar: http://www.aapt.org/

Video singkat ini akan menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu. Lewat air, Anda bisa mengetes madu asli dan madu palsu, yakin dengan memasukkan madu ke dalam air dan memperhatikan reaksi madu di dalam air.

Tuangkan sedikit madu kedalam gelas yang berisi air putih bening dan perhatikan dengan seksama madu yang masuk ke dalam air tersebut. Apabila madu tersebut mengendap dan terpisah dengan air tanpa mengeruhkan air, maka madu tersebut dipastikan murni. Namun sebaliknya, jika madu tersebut bercampur dengan air, maka madu tersebut bisa dipastikan palsu.

Kenapa bisa demikian?

Karena ciri khas zat cair adalah kental atau viscous, dimana kekentalannya berbeda-beda misalnya kekentalan
madu asli dan madu palsu, dan dari penelitian di sini (oleh Santi Somi S. Saefatu, Andreas Setiawan) diketahui bahwa nilai kekentalan (viskositas) dari madu murni lebih tinggi dari madu dengan campuran air, yaitu 7,05 X 103 cP. Itulah sebabnya madu asli tidak mudah bercampur dengan air karena nilai kekentalan yang tinggi, sedangkan madu palsu cepat berbaur dengan air karena nilai kekentalannya yang rendah (karena sudah dicampur air misalnya), yaitu: nilai viskositas dari madu dengan campuran air 35 ml viskositasnya 4,07 X 103 cP, madu campuran air 50 ml viskositasnya 2,87 X 103 cP, dan madu campuran air 70 ml viskositasnya 1,71 X 103 cP.

Metode ini berhasil membedakan nilai viskositas dari madu murni dan madu campuran air dengan berbagai volume.

Ini adalah salah satu ciri madu asli dan palsu, masih banyak lagi cara membedakan madu asli dengan yang palsu.
Lihat artikel lain bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu.

Comments

You may also like...

Leave a Reply