Pepino


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pepino. Buah apa ini?

Buah Pepino juga dikenal dengan nama melodi. Penamaan tersebut dikarenakan salah satu tempat  pembudidayaannya yang terletak di dataran tinggi Dieng. Melodi ini bermakna melon dieng. Mengapa demikian? Pada dasarnya buah ini memiliki kesamaan dengan buah melon. Mulai dari segi tekstur dan dasaran warnanya yang kehijauan.

Dari segi rasa, buah ini hampir serupa dengan timun. Hanya saja, ia terkesan lebih datar (tawar, hambar). Saat pertama mengkonsumsinya, mungkin yang terbesit adalah rasa yang aneh. Karena memang demikian bercampurnya berbagai rasa. Ada sedikit manis asam. Namun tawar.

Buah Pepino atau Melodi ini ada yang berwarna keunguan dengan latar hijau muda. Walau tidak dipungkiri, ada juga beberapa jenis Pepino yang berwarna hijau dengan gradasi kemerahan menyerupai warna peach. Biasanya, selain dasaran yang hijau, buah ini juga memiliki corak garis membujur atau bercak berwarna ungu, oranye (peach), atau putih pada bagian kulitnya.

Dilansir dari situs doktersehat . com, “Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.”

Kemudian, (masih dari situs yang sama, doktersehat . com) ternyata “Di Amerika, pepino terpilih sebagai salah satu super fruit bersama buah-buahan eksotis lainnya karena kekuatan antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan. Di Cina, tanaman ini beberapa kali diteliti dan terbukti tidak memiliki efek racun bagi tubuh. Bahkan, kini tengah dikembangkan secara serius sebagai bahan baku obat sariawan dan pereda gangguan sembelit.”
Buah ini juga memiliki demikian banyak manfaat. Sebagaimana disampaikan Muhammad Syukri dalam situs Kompasiana, diantaranya :

  1. Menurunkan kadar tekanan darah tinggi;
  2. Mempercepat penyembuhan stroke;
  3. Memperlancar air seni;
  4. Mempercepar pengeluaran batu ginjal;
  5. Menyembuhkan diabetes melitus;
  6. Menguatkan jantung dan menambah vitalitas;
  7. Menyembuhkan liver;
  8. Mencegah membran otak, serta mencegah keriputan.

Nah, gimana? Tertarik mencoba buah Pepino?

 

Ilustrasi : leaveandfruit.blogspot.co.id

Comments

You may also like...

Leave a Reply