Manfaat Kiwi untuk Penderita Diabetes


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas 25 Buah untuk Diabetes yang Disarankan Para Ahli. Di antaranya disebutkan buah kiwi. Bagaimana relasi antara buah kiwi dengan diabetes? Berikut ulasannya, dikutip dari carasehatdiabetes.blogspot.co.id (Diakses 16/3/17. 15:55).

Kiwi adalah buah asli Cina (dikenal sebagai “Yang Tao”) di mana dipopulerkan karena manfaat nutrisinya dan juga untuk sifat obat alami. Dalam ukuran rata-rata, Kiwi mengandung sekitar 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 3-5 gram serat dan hampir dua kali kebutuhan harian vitamin C. Dari fakta tersebut, buah kiwi baik untuk dimasukkan dalam rencana diet Anda, terlepas apakah anda menderita diabetes atau tidak. Buah kiwi dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diabetes baik tipe 1 dan 2 dalam jumlah terbatas.

Manfaat buah kiwi untuk penderita diabetes.

  • Buah kiwi memiliki indeks glikemik rendah hanya 53. Selain itu kandungan serat dan fruktosa  pada buah ini, membuatnya tidak mengakibatkan kadar gula darah melonjak.
  • Kandungan Inositol pada buah kiwi bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Inositol juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin yang diperlukan untuk penyerapan glukosa lebih tinggi sehingga mengurangi kadar gula dalam aliran darah.
  • Buah kiwi rendah lemak sehingga membantu mengontrol berat badan.
  • Kiwi mengandung fitonutrien cukup tinggi yang mampu melindungi DNA dari kerusakan oksigen. Meski hasil penelitian belum yakin mengenai senyawa yang spesifik memberikan kapasitas antioksidan pelindung, namun diyakini dengan bantuan varietas flavonoid dan karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan, fitonutrien pada buah kiwi memberikan perlindungan DNA.
  • Kandungan vitamin C dan A dapat meningkatkan proses penyembuhan lebih cepat dan penglihatan  bagi penderita diabetes.
  • Disamping itu juga membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena mengurangi risiko bekuan darah dan mengurangi lemak.
  • Kandungan polifenol, dan kalium, yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah dan jantung  bagi penderita diabetes.
  • Buah kiwi sebagai sumber vitamin K sangat diperlukan untuk proses pembekuan darah, selain itu juga kaya vitamin E dan B6.
  • Mengandung actinidin, enzim yang membantu mencerna protein dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Itulah beberapa penjelasan mengapa kiwi baik untuk dikonsumsi penderita Diabetes.

Semoga Bermanfaat.

 

Ilustrasi : res.cloudinary.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply