Manfaat Daun Anting-Anting


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pernah mendengar nama daun ini? Atau bahkan melihatnya langsung? Mm.. kali ini kita akan sedikit mengulas manfaat daun berwarna hijau cantik ini. Namun sebelumnya, berikut ini ulasan mengenai kandungan Daun Anting-Anting.

Menurut beberapa penelitian ilmiah, daun anting-anting mengandung sejumlah zat kimia seperti flavonoida, alkaaloid, tannin, saponin, dan steeroid. Tanaman ini memiliki beberapa efek farmakologis seperti antibiotik, anti inflamasi, astringen, diuretic, dan hemostatik. Daunnya mempunyai rasa pahit dan bersifat sejuk. (Kinisehat.com).

Apa saja manfaat Daun Anting-Anting ini? Masih dari sumber yang sama, inilah di antara manfaat Daun Anting-Anting.

  1. Mengobati diabetes tipe 2

    Ekstrak daun anting-anting efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Takarannya adalah 300 mg daun anting-anting dalam bentuk ekstrak. Pilih tanaman yang telah berusia 2-3 bulan. Semakin tua umur tanaman, makin rendah kadar zat aktif yang bekerja.

  2. Mengobati muntah darah dan diare

    Diare dapat menyebabkan kekurangan cairan pada tubuh. Akibat dehidrasi bagi tubuh kita tentu sangat merugikan kesehatan. Demikian pula muntah darah, kedua kondisi ini berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, rebus sekitar 30-50 gram daun anting-anting yang telah kering dan gula merah secukupnya, bersama 2 gelas air hingga menyusut setengahnya. Minum airnya di pagi dan malam hari, masing-masing ½ gelas

  3. Mengobati mimisan, batuk, dan berak darah

    Daun anting-anting memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan pada organ tubuh, termasuk pada pencernaan dan lainnya. Sehingga efektif untuk menyembuhkan mimisan, berak darah, atau batuk darah. Caranya, rebus 30-50 gram daun kering anting-anting dengan 4 gelas air hingga berkurang setengahnya. Setelah airnya dingin, saring dan minum 2 kali dalam sehari. Ulangi setiap hari hingga sembuh.

  4. Mengobati luka bakar dan pendarahan

    Tumbuk atau gerus daun anting-anting segar hingga lumat, tambahkan gula pasir dan campur dengan merata. Balurkan pada bagian tubuh yang bermasalah.

  5. Mengobati disentriDaun anting-anting dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya rebus 40 gram daun anting-anting yang kering, bersama 3,5 gelas air. Angkat setelah airnya berkurang 1,5 gelas. Minum airnya dengan teratur setiap hari selama seminggu. Jika gejala disentri masih berlanjut, segera konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Mungkin saja gejala yang anda rasakan merupkan gejala penyakit lain yang cukup berbahaya.
  6. Mengobati dermatitis dan eksim

    Zat antiseptik yang ada di dalam daun anting-anting, mampu untuk melawan bakteri pada kudis, eksim, gatal, dsb. Caranya, rebus daun anting-anting yang masih segar bersama air secukupnya. Cuci bagian kulit yang bermasalah dengan airnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari Daun Anting-Anting, dilansir dari kinisehat.com (Diakses 17/3/17. 9:20 WIB).

Semoga Bermanfaat.

 

Ilustrasi : kinisehat.com/

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply