Manfaat Kulit dan Biji Rambutan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Buah Rambutan merupakan salah satu buah yang telah dikenal masyarakat. Daging buah yang putih, dibalut dengan selaput pelindung ini memiliki cita rasa yang menyegarkan . Dengan kulit yang demikian merona, bertambahlah keindahan buah berambut ini. Biasanya rambutan dikonsumsi daging buahnya saja. Biji, dan kulitnya? Berakhir di pembuangan. Mulai sekarang manfaatkanlah. Karena demikian besarnya manfaat dari bagian-bagian rambutan tersebut. Misalnya saja, bagian kulit. Kulit rambutan ternyata berperan dalam mencegah Hiperkolesterol.

Dilansir dari guesehat.com (diakses pada 17/3/17  13:46 WIB),

Kulit rambutan memiliki senyawa berkhasiat yang disebut dengan saponin. Senyawa ini adalah senyawa yang berasal dari metabolit sekunder yang terdapat dari tumbuhan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengikat kolesterol dalam darah. Jika Anda meminum ramuan dari kulit rambutan, maka kolesterol dalam darah akan diikat dan ikut terbawa keluar dari dalam tubuh. Selain itu, di dalam kandungan kulit rambutan mengandung flavonoid. Hasil penelitian yang dilakukan di salahsatu universitas di Jepang oleh Honda (2013) dalam jurnal Biosci Biotechnol Biochem menemukan bahwa flavonoid dapat menurunkan kolesterol hepatik dan kadar lipoprotein kolesterol di dalam darah. Secara signifikan mampu menurunkan aktivitas sintesis enzim HMG-CoA dan meningkatkan aktivitas kolesterol 7-α hidroksilase. Hal senada juga diungkapkan Afonso (2013) dalam jurnal Nutrition & Metabolism bahwa orang yang mengidap penyakit kolesterol cenderung mengalami stres yang tinggi. Sehingga untuk mengurangi stres tersebut bisa diatasi dengan bantuan kulit rambutan yang mengandung tanin yang berperan menurunkan aktivitas radikal bebas penyebab stres pada penderita kolesterol dan menurunkan lipid peroksida dalam pencegahan hiperkolesterol. Selain itu juga kulit rambutan juga bisa mengurangi kadar kolesterol total dan trigliserid. Setelah  tahu ternyata kulit rambutan dapat mencegah terjadinya hiperkolesterol, Anda bisa memanfaatkan manfaatnya mulai sekarang. Selain itu, Anda juga perlu mengimbangi dengan gaya hidup yang lebih sehat. Selain dengan menjaga pola makan, Anda juga harus lebih sering olahraga, berhenti merokok, dan hindari alkohol. Yang paling penting untuk dilakukan adalah untuk menjaga kolesterol di bawah kontrol. Pepatah mengatakan bahwa “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Selain itu, biji rambutan pun ternyata menyimpan khasiat yang luar biasa. Seperti dalam penyembuhan Diabetes. Dilansir dari Ummi-online.com (diakses 17/3/17  14:02 WIB),

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono, bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid dan fenolik.

Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid. Manfaat dari ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi membantu pasien yang mengidap diabetes. Selain itu, biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Adapun untuk pemanfaatannya dapat dilakukan dengan menyeduh biji rambutan. Atau perinciannya sebagaimana dalam situs ummi-online pula,

1. Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang

2. Pisahkan biji dari daging buahnya, setelah itu dibersihkan.

3. Selanjutnya potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang

4. Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.

5. Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.

6. Seduh bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.

7. Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan.

Khusus untuk pengidap diabetes parah, konsumsi lah obat herbal dari biji rambutan ini setiap hari secara rutin. In syaa Allah akan merasakan manfaatnya.

 Itulah beberapa manfaat dari biji dan kulit rambutan. Semoga Bermanfaat.

Ilustrasi : akusukamenulis.files.wordpress.com

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply