Efek Samping Bunga Rosella


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bunga Rosella, sudah rahasia umum bila dibalik warnanya yang merona tersimpan demikian banyak khasiat. Di antara pemanfaatannya, bunga Rosella biasa dijadikan sebagai minuman teh. Sebagaimana kita ketahui bersama, sesuatu akan baik bila sesuai dengan kadar dan takaran dosisnya. Demikian pula dalam pemanfaatan herbal ini. Penggunaan yang berlebihan dapat memicu beberapa efek samping yang justru dapat membahayakan.

Berikut ini penjelasan dari situs halosehat.com mengenai efek samping dari penggunaan Bunga Rosella.

1. Menimbulkan gangguan pencernaan hingga diare

Efek samping ini sebenarnya merupakan efek pembersihan atau detoksifikasi dari senyawa teh rosella di dalam pencernaan itu sendiri. Menurut beberapa ahli, gejala seperti ini disebut dengan Direction of Cure (DOC) dimana efeknya akan berbeda-beda pada setiap orang. Terkadang seseorang hanya mengalami gangguan pencernaan dan diare, akan tetapi ada juga sebagian orang yang disertai dengan keringat dingin, pusing hingga menjadi penyebab jantung berdebar-debar.

2. Menimbulkan gangguan ginjal

Kadar vitamin C yang sangat tinggi pada bunga rosella ternyata dapat menimbulkan beberapa gangguan pada ginjal jika diminum dengan takaran yang tidak tepat atau berlebihan. Oleh karena itu, Peter Harwick dalam sebuah food studymenegaskan bahwa ada dua jenis bunga rosella yang benar-benar tidak boleh dikonsumsi, yaitu native rosella danhibiscus heterophyllus. Di Indonesia, uji klinis terhadap efek samping rosella pernah dilakukan pada tikus winstar dan membuktikan bahwa tikus yang diberi bunga rosella terus-menerus mengalami perubahan hidrolik ginjal. Oleh karena itu, konsumsi teh atau sirup bunga rosella oleh manusia dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Vitamin C dalam dosis yang berlebihan ini memicu efek batu ginjal dan merangsang ginjal melakukan filterisasi air seni.

3. Memiliki efek samping emmenagogue

Emmenagogue adalah pemicu menstruasi atau zat yang dapat merangsang aliran darah saat menstruasi. Teh atau sirup bunga rosella tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki efek emmenagogue yang dapat mengakibatkan keguguran, kecuali dengan kadar yang sangat rendah masih diperbolehkan.

4. Tidak baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah

Salah satu fungsi dari teh rosella adalah menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah tidak diperbolehkan mengonsumsinya.

Cara Menghindari Efek Samping Bunga Rosella

Berbagai efek samping tersebut tidak akan dialami jika mengonsumsi teh dari bunga rosella dengan kadar yang normal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar efek samping tersebut tidak dialami, antara lain:

  • Mengonsumsi teh rosella satu gelas kecil dengan tiga kuntum bunga rosella.
  • Bagi anda yang mengonsumsi 3 kali sehari maka jangan ditunggu sampai benar-benar merah karena teh rosella yang encer pun sudah berkhasiat.
  • Hindari meminum teh rosella sebelum makan terutama untuk penderita maag.
  • Turunkan konsumsi teh rosella dengan dosis 1 kali sehari jika pernah mengalami efek DOC.

Itulah beberapa hal mengenai efek samping dari Bunga Rosella.

Semoga Bermanfaat.

 

Ilustrasi : hiddengardenagriculture.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply