Manfaat dan Efek Samping Daun Afrika


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Seperti namanya, daun afrika merupakan salah satu tanaman yang pada awalnya tumbuh dan juga berkembang di daratan benua Afrika. Namun demikian, jenis tanaman ini pada dasarnya juga bisa tumbuh di Negara tropis lainnya, salah satunya adalah di Indonesia. Walaupun banyak yang mengatakan daun Afrika yang ada di Indonesia berbeda dengan daun afrika asli yang tumbuh di daratan benua afrika, namun daun Afrika tetap dapat tumbuh di Indoensia.

Manfaat daun afrika

Sebenarnya, daun afrika ini menjadi salah satu jenis daun yang cukup dikenal dan digunakan sebagai salahs atu obat-obatan herbal. Hal ini tentu saja disebabkan karena daun afrika ini memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun afrika :

  1. Baik untuk penyakit diabetes
  2. Mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh
  3. Mengobati dan menurunkan asam urat
  4. Mencegah pengerasan pada organ hati
  5. Membantu proses detoksifikasi, alias pengeluaran racun dari dalam tubuh
  6. Baik untuk mencegah dan mengobati gangguan penyakti stroke
  7. Mengurangi dan menstabilkan tekanan darah tinggi

Itu adalah beberapa manfaat dari konsumsi daun afrika. Beberapa sumber menyebutkan bahwa memang daun afrika terbukti efektif dalam membantu menyembuhkan penyakti di atas. Namun demikian, belum ada sumber yang reliabel dan juga kredibel yang menyatakan kandungan serta khasiat penting dari daun afrika tersebut bagi kesehatan tubuh manusia, begitu pula bagaimana cara daun afrika mampu untuk membantu meningkatkan kesehatan manusia, dan menyembuhkan penyakit – penyakit yang sudah disebutan di atas.

Efek samping daun afrika

Nah, meskipun daun afrika diketahui memiliki banyak sekali manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh kita, namun ternyata daun afrika ini juga memiliki beberapa efek samping bagi tubuh kita. Apa saja yang menjadi efek samping dari daun afrika ini bagi tubuh kita? Berikut ini adalah beberapa efek samping dari daun afrika :

  1. Rasa daun yang sangat pahit

Efek samping dari daun afrika yang pertama adalah karena rasanya yang sangat pahit, sehingga bisa menyebabkan mual bagi mereka yang mengkonsumsinya. Hampir semua orang tidak menyukai rasa sayuran yang pahit. Namun demikian, rasa pahit dari daun afrika ini memang terbilang luar biasa, sehingga bagi kebanyakan orang, rasa pahit yang terkandung di dalam daun afrika ini sangat mengganggu. Beberapa orang bahkan bisa merasa mual dan juga muntah-muntah ketika mengonsumsi daun afrika ini akibat rasanya yang sangat pahit. Jadi, bagi anda yang sangat tidak menyukai rasa pahit, maka dianjurkan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi daun afrika ini.

  1. Terjadinya pembengkakan

Efek samping lainnya dari daun afrika ini adalah dapat menyebabkan pembengkakan. Ini merupakan salah satu efek samping alami yang dimiliki oleh daun afrika ini. Pembengkakan bisa terjadi pada bagian tubuh manapun, dan biasanya memang tidak terlalu terlihat. Namun demikian, terkadang pembengkakan yang ditimbulkan oleh daun afrika ini seringkali mengganggu, karena kemunculan pembengkakannya yang tidak pasti.

Pembengakakan bisa muncul pada bagian-bagian tubuh seperti kaki atau tangan, yang tentu saja akan membuat aktivitas anda menjadi terganggu.

  1. Menyebabkan munculnya gejala gatal-gatal

Efek samping lainnya dari daun afrika adalah dapat menyebabkan munculnya gejala gatal-gatal. Efek samping ini mungkin mirip seperti efek samping yang muncul ketika anda mengalami alergi terhadap makanan laut ataupun bahan makanan lainnya. Gatal-gatal sebagai akibat atau efek samping dari daun afrika ini tidaklah terlalu berbahaya, hanya saja dapat mengganggu, karena kemunculan gatal-gatal setelah mengkonsumsi daun afrika ini akan menyebabkan aktivitas anda terganggu. Sebenarnya gatal-gatal adalah hal yang cukup wajar dan juga normal, karena merupakan respon dari imunitas tubuh terhadap benda asing. Jadi, efek samping gatal-gatal yang muncl karena konsumsi daun afrika ini tidaklah terlalu berbahaya.

  1. Daun afrika tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa menganjurkan agar daun afrika tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Efek samping lainnya bisa ditimbulkan pada ibu hamil. Beberapa orang meyakini bahwa konsumsi daun afrika tidak boleh diberikan kepada ibu hamil atau mereka yang sedang berada pada masa menstruasi alias datang bulan. Meskipun seringkali dilarang, namun sebenarnya belum ada hasil penelitian yang reliabel terkait hal ini. Banyak yang beranggapan bahwa konsumsi daun afrika pada wanita hamil atau yang sedang menstruasi hanyalah mitos belaka. Untuk memastikannya, maka tentu saja diperlukan proses penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang ada pada daun afrika ini, dan juga membutuhkan konsultasi medis dari dokter atau tenaga medis yang professional.

Kandungan alami dari daun afrika ini sebenarnya memang belum banyak diteliti. Oleh karena itu, kebanyakan manfaat dan juga efek samping yang muncul akibat konsumsi daun afrika ini hanyalah berkisar pada level sugesti saja, meskipun berhasil. Secara nyata dan secara ilmiah, daun afrika belum banyak diteliti, dan belum dipastikan khasiat alaminya seperti apa, serta bagaimana efek sampingnya bagi manusia.

 

Sumber : halosehat.com/farmasi/herbal/efek-samping-daun-afrika (Diakses pada 20/3/17  9:55 WIB)

Ilustrasi : khasiatdaun.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply