Nanas, Si Cantik Nan Berkhasiat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Buah yang manis dan sedikit asam ini memiliki daging berwarna kuning. Kulitnya sedikit keras dan bersisik lagi tajam. Pada sisi atasnya terdapat daun yang juga keras lagi tajam. Daun tersebut nampak seperti mahkota. Apabila diperhatikan, semakin anggunlah buah yang satu ini.

Nanas memiliki kandungan vitamin C dan mangan yang tinggi. Dalam sebuah riset, ditemukan 47.8 mili gram vitamin C pada 100 gram Nanas. The World’s Healthiest Foods mengungkap bahwa kandungan vitamin C pada 165 g nanas mencapai 105,1 % kebutuhan per hari. Sedangkan kandungan mangannya mencukupi 76,5 % kebutuhan per hari.

Selain kandungan vitamin C dan mangan yang tinggi, buah ini juga mengandung Zat Besi, Asam Folat, Kalsium, vitamin A, vitamin B6. Nanas, pun termasuk buah dengan kandungan lemak, garam dan kolesterol yang rendah. Ekstrak inti buah dan batangnya banyak mengandung enzim proteolitik bromelain. Enzim tersebut dapat membantu pemecahan protein.

Setelah mengetahui kandungann gizinya, apa saja khasiat buah bermahkota ini?

  1. Mencegah Kanker dan Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

    Kandungan bromelain juga diyakini sebagai zat anti kanker. Hasil penelitian Queensland Institute of Medical Research menunjukkan adanya dua molekul penting pada bromelain. Molekul tersebut mampu menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker, dan meningkatkan sistem imun tubuh untuk mengenali dan menghancurkan sel kanker. Selain mengurangi rasa sakit dan efek buruk usai kemoterapi, kedua molekul dalam bromelain ini dipercaya dapat mencegah perkembangan sel tumor pada  payudara, paru-paru, usus besar, ovarium dan melanoma.

  2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

    Enzim bromelain membantu memecah protein dalam makanan sehingga lebih mudah dicerna dalam usus. Karena itulah nanas sering digunakan untuk melunakkan daging. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Immunology 2008 lalu, bromelain juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga efektif mencegah peradangan dan penyakit pada usus besar termasuk cacingan.

  3. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Ini dikarenakan rendahnya kandungan kalori pada buah Nanas. Kalori Nanas setara dengan Apel yang hanya sebanyak 50 dalam setiap 100 gram nya. Salah satu penelitian di Belanda menunjukkan bahwa bromelain ampuh menghilangkan lemak. Konsumsi bromelain selama 30 hari dapat membantu menurunkan berat badan hingga 4,27 kg.

  4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Vitamin C amat berperan dalam hal ini. Vitamin C diperlukan untuk proses sintesis kolagen dalam tubuh yang berfungsi mempertahankan fungsi pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Konsumsi nanas dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit dan melawan radikal bebas.

  5. Meredakan Peradangan

    Bromelain mengandung zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis dan masalah pencernaan. Bromelain sering digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit. Misalnya saja untuk mengobati memar, kesleo, mengurangi bengkak, dan mengurangi rasa sakit.

  6. Membantu Penyembuhan Sinusitis

    German Commission E mengakui bahwa bromelain dapat digunakan dalam penyembuhan sinusitis. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang didiagnosis menderita sinusitis akut dapat sembuh lebih cepat jika diberikan bromelain saat perawatan dibandingkan zat-zat lainnya.

  7. Mencegah Degenerasi Makula (AMD)

    Degenerasi makula (Age-related Macular Degeneration/ AMD) adalah kondisi penglihatan yang menurun seiring dengan pertambahan usia. Penelitian yang dirilis dalam Archives of Ophtalmology menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi buah dalam sehari dapat menurunkan risiko terkena AMD hingga 36 persen dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 1,5 porsi dalam sehari. Peneliti menyarankan untuk makan banyak buah yang mengandung vitamin A, C, dan E termasuk buah nanas.

  8. Mencegah Asma

    Kandungan beta karoten pada buah nanas bermanfaat baik untuk tubuh. Di tengah proses pencernaan, beta karoten diubah menjadi vitamin A. Beta karoten diduga dapat meredakan risiko perkembangan penyakit asma.

  9. Bermanfaat untuk Penderita Penyakit Jantung

    Penderita penyakit jantung dapat mengambil manfaat dari kandungan serat, kalium, dan vitamin C pada nanas. Kalium diduga berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik.

    Kalium pada nanas juga diduga dapat menurunkan risiko terserang stroke, terbentuknya batu ginjal, melindungi kehilangan massa otot, dan membantu memelihara kekuatan tulang.

Itulah di antara kandungan gizi dan khasiat buah Nanas. Meskipun alami dan memiliki banyak khasiat, buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita Diabetes dan Ibu Hamil.

Ada beberapa pro dan kontra mengenai hal tersebut. Untuk menghindari dampak buruk yang mungkin terjadi pada dua kondisi di atas, maka akan lebih baik menghindari buah Nanas ini. Beragam buah dan bahan alami lainnya tersedia banyak di alam. Untuk meraih kebaikan, tentu dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan berbagai ragam buah dan bahan alami selain Nanas.

Semoga Bermanfaat.

 

Daftar Pustaka

http://www.nutrigizi.com/buah/nanas/ (Diakses pada 21/3/17)

https://www.webkesehatan.com/nanas-kandungan-gizi-manfaat-nanas-untuk-kesehatan/ (Diakses 21/3/17)

http://www.alodokter.com/jangan-salah-kandungan-dan-manfaat-buah-nanas-ada-banyak (Diakses 21/3/17)

 

Ilustrasi : 2.bp.blogspot.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply