Manfaat Lobak


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Lobak. Ia memiliki sedikit kemiripan dengan wortel. Perbedaannya terlihat pada warna. Lobak berwarna putih. Lobak ini biasa digunakan sebagai bahan masakan. Selain dapat digunakan untuk memasak, lobak ternyata memiliki khasiat dan manfaat lain. Berikut ini ulasan mengenai lobak, dilansir Alodokter.com.

  • Dalam tiap 100 gram lobak terkandung 16 kcal energi, 3,4 gram karbohidrat dan 0,1 gram lemak. Lobak turut mengandung banyak vitamin serta mineral, antara lain vitamin B1, B2, B6, B9, vitamin C, kalsium, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, fluoride, dan potasium.
  • Daun lobak ada kalanya juga digunakan pada menu-menu seperti sup ataupun masakan tumis. Sebagian orang menggunakannya sebagai campuran jus juga.
  • Akar lobak biasa digunakan masyarakat sebagai bahan obat-obatan untuk menangani peradangan pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada perut dan usus, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan. Sayangnya, masih dibutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk membuktikan kegunaan-kegunaan tersebut.
  • Akar lobak kemungkinan dapat memerangi bakteri dalam tubuh dan merangsang pencernaan serta alur saluran empedu.
  • Manfaat lobak sebagai teman diet karena secangkir sayuran ini hanya mengandung 19 kalori.
  • Biji lobak yang terasa pedas dan renyah kadang digunakan sebagai paduan sajian salad.
  • Manfaat lobak tidak hanya untuk manusia, tapi juga sebagai pakan ternak.
  • Bagi anak-anak, lobak bisa menjadi sayuran yang tepat sebagai bahan percobaan penanaman tumbuhan bagi anak-anak.
  • Di dalam dunia pertanian, bau lobak yang menyengat dan tidak disukai serangga┬áefektif dijadikan sebagai tanaman pendamping tanaman utama. Selain itu, lobak juga membantu mencegah erosi dan menyuburkan tanah.
  • Biji lobak mengandung lebih dari 48 persen minyak yang dapat diproses menjadibiofuel,yaitu bahan bakar yang dihasilkan dari tumbuhan. Biofuel bertujuan sebagaialternatif bahan bakar minyak.

 

Pada umumnya, lobak aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Tetapi belum ada penelitian dan informasi tentang efeknya pada ibu menyusui dan ibu hamil. Selain itu lobak dalam jumlah banyak berisiko menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Oleh karenanya, hindari mengonsumsi lobak jika Anda mengidap batu empedu.

Semoga Bermanfaat.

 

Ilustrasi : res.cloudinary.com

Comments

You may also like...

Leave a Reply