Khasiat Kelengkeng


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain manis dan menyegarkan, buah dengan kulit cangkang keras ini juga menyimpan berbagai khasiat lho.. Apa saja? Berikut ini ulasan dari situs sehatmu.com mengenai beberapa manfaat Buah Kelengkeng.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lengkeng kaya akan kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kurang vitamin C bisa memicu tekanan darah tinggi, terkena penyakit jantung, degenerasi makula dan memicu jenis kanker tertentu. Buah ini memiliki kandungan 84 miligram vitamin C per 3,5 ons-nya. Jumlah ini memenuhi 93 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi tubuh, dan lebih dari 100% dari kebutuhan vitamin C bagi wanita setiap hari, yaitu 75 mg per hari.

Memperkuat tulang

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan di tahun 2013 silam melaporkan bahwa seorang wanita menopause yang punya kadar tembaga rendah lebih mungkin untuk dapat mengembangkan osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia mereka. Orang de-wasa perlu konsumsi sekitar 900 mikrogram tembaga tiap harinya & 3,5 ons lengkeng segar dapat memasok lebih dari 19 persen kebutuhan harian tembaga Anda.

Sangat baik untuk mata

Riboflavin merupakan jenis vitamin penting yang jadi bagian dari vit B kompleks. Seorang pria perlu 1,3 mg vitamin ini setiap harinya, sementara seorang wanita memerlukan 1,1 mg riboflavin per harinya. Menurut sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan di tahun 2005, kekurangan riboflavin ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mata, terutama katarak. Lengkeng mentah memiliki 0,14 miligram riboflavin dalam setiap 3,5 ons-nya, namun lengkeng kering mempunyai 0,5 miligram per 3,5 ons-nya. Makan 3,5 ons lengkeng yang kering mampu memenuhi 38% dari kebutuhan riboflavin harian untuk seorang pria & 45 persen untuk wanita.

Membuat awet muda

Lengkeng juga ternyata sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Lengkeng mempunyai sifat anti-penuaan & terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Buah tersebut sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang ada di area mata, serta bisa meminimalkan keriput serta mencerahkan warna kulit. Lengkeng juga tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit serta membuat kulit Anda jadi lebih kenyal. Buah ini juga membantu untuk menyehatkan gusi dan gigi.

Mengurangi stres & kelelahan

Buah ini sangat baik juga untuk jantung karena membantu dalam mengurangi stres serta kelelahan. Bukan hanya itu. Lengkeng juga baik untuk organ limpa dan hati, serta dapat meremajakan sirkulasi darah & memberikan efek yang menenangkan pada sistem saraf tubuh. Buah ini juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Mempercepat proses penyembuhan

Bersama dengan polifenol, buah kelengkeng dapat melawan ra-dikal bebas di dalam tubuh dan sekaligus mencegah kerusakan sel.  Sehingga mampu membantu dalam proses penyembuhan.

Melancarkan sirkulasi darah

Ini mengapa buah kelengkeng bisa dimanfaatkan juga untuk mencegah anemia. Selain itu, lengkeng terbukti dapat mengendalikan kadar zat besi di dalam tubuh.

Membantu program diet

Kelengkeng punya kadar lemak & kalori yang ternyata sangat rendah. Setengah mangkuk buah lengkeng hanya memiliki kandungan 35 kalori, pilihan yang cukup tepat untuk diet.

Sumber energi

Meskipun mempunyai lemak dan kalori yang cukup rendah, buah ini ternyata mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memasok energi & meningkatkan stamina.

Mencegah demam dan flu

Tingginya kandungan vitamin C dalam buah ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga membantu melindungi tubuh dari demam & flu.

Mengobati gigitan ular

Mengurut daerah yang tergigit oleh ular dengan memakai biji kelengkeng mampu menghisap racun & sekaligus menyembuhkan lukanya. Tentu saja ini harus dilakukan ahlinya.

Menjaga kesehatan rambut

Zat saponin yang terdapat dalam biji kelengkeng merupakan bahan dasar sampo yang bisa membuat rambut menjadi lebih indah.

Mengobati luka bakar

Ambil saja sedikit kulit ataupun cangkang lengkeng, bakar hingga menjadi arang. Tumbuk halus dan setelah itu campurkan dengan  minyak tung. Bubuhkan pada area yang terbakar.

 

Ilustrasi : obattbckelenjar.info


Lihat Pula :

Comments

You may also like...

Leave a Reply