Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Imun adalah di antara hal yang berpengaruh dalam kesehatan. Buruknya imun dapat mengakibatkan tubuh rentan terhadap penyakit. Maka di antara cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memastikan imun dalam keadaan baik. Berikut ini beberapa makanan yang amat baik untuk meningkatkan imunitas sebagaimana dijelaskan dalam situs mediskus.com.

  1. Jamur. Jamur mengandung mineral selenium dan antioksidan. Penting untuk memenuhi kebutuhan selenium, karena rendahnya kadar selenium telah dikaitkan dengan peningkatan risiko flu yang lebih parah. Disamping itu jamur juga mengandung vitamin B riboflavin dan niacin,  berperan dalam menunjang sistem kekebalan tubuh yang sehat. Penelitian yang telah dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa jamur memiliki efek antivirus, antibakteri, dan anti-tumor.
  2. Tiram. Tiram menjadi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena ia mengandung mineral seng atau zinc. Kadar zinc rendah telah dikaitkan dengan infertilitas pria. Dan seng tampaknya memiliki beberapa efek antivirus, meskipun para peneliti belum dapat menjelaskannya.
  3. Buah Semangka. Buah yang kaya air dan menyegarkan ini, ternyata memiliki banyak antioksidan yang kuat, yaitu glutathione. Zat ini dikenal dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi, glutathione ditemukan dalam daging buah semangka yang merah dan yang didekat kulit (berwarna putih).
  4. Kubis. Tambahkan kubis dari setiap varietas (putih, merah, Cina) pada sup dan minuman agar anda mendapatkan antioksidan ekstra. Selain dapat meningkatkan nilai gizi pada makanan, kubis juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Kacang almond. Kacang almond dapat menopang sistem kekebalan tubuh. Seperempat cangkir kacang almond mengandung hampir 50% dari jumlah kebutuhan vitamin E harian, yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B juga bagus untuk sistem pertahanan tubuh.
  6. Jeruk. Jeruk dapat menjadi makanan yang baik karena mengandung flavonoid yaitu senyawa kimia alami yang telah ditemukan untuk meningkatkan aktivasi sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang juga bisa menjadi penambah daya tahan tubuh.
  7. Yogurt Rendah Lemak. Beberapa peneliti percaya bahwa yogurt rendah lemak dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Juga menjadi sumber vitamin D. Penelitian terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko terkena flu dan batuk pilek.
  8. Bawang Putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan penjajah sistem kekebalan tubuh. Di antara target bawang putih adalah H. pylori, bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker lambung.
  9. Sayur Bayam Dikenal sebagai “makanan super” bayam kaya nutrisi. Mengandung asam folat, yang membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi sehingga baik bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah.
  10. Teh. Teh Hijau atau hitam, keduanya bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, karena sama-sama memilik manfaat melawan penyakit karena kandungan polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini mencari radikal bebas yang merusak sel dan menghancurkannya.
  11. Ubi. Seperti wortel, ubi jalar memiliki antioksidan beta-karoten, bermanfaat mengusir radikal bebas yang merusak sel. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, yang dapat memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
  12. Brokoli. Satu studi melaporkan bahwa zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh pada tikus. Selain itu brokoli juga mengandung banyak nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan. Memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione.

 

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply