Ramuan Tradisional untuk Asma


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Asma merupakan salah satu dari sekian jenis gangguan pernafasan. Karenanya, seseorang akan mungkin mengalami sesak nafas ketika melakukan aktifitas berat, bahkan sekedar berolahraga. Di antara penanganannya adalah melalui penggunaan inhaler. Selain obat medis, ternyata adapula berbagai ramuan herbal yang dapat membantu meringankan gangguan pernafasan asma. Apa saja? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai ramuan tradisional untuk mengatasi asma yang kamip kutip dari situs dedaunan.com.

  1. Madu

img.okezone.com

Madu sangat baik untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, yang kemudian dapat dikeluarkan. Anda dapat mengonsumsi madu dengan air putih hangat. Jangan dengan air dingin karena akan memperburuk kondisi pernafasan, dan jangan dengan air panas, karena akan merusak nutrisi yang dikandung dalam madu. Campurkan 2-3 sdm madu ke dalam air hangat kemudian dapat diminum.

Supaya semakin ampuh mengobati asma, dapat ditambahkan 1/4 sdt bubuk kunyit, atau ditambahkan 1/2 sdt bubuk kayu manis. Jika tidak ada bubuk kunyit, bisa dengan kunyit yang telah dicuci, lalu dipotong-potong lalu dimasukkan kedalam campuran madu, atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan. Minuman madu ini juga bisa ditambahkan 1 sdt tumbukan bawang putih.

  1. Jahe

manfaatnyasehat.com

 

Jahe yang terkenal dapat menghangatkan badan, ternyata juga merupakan salah satu obat asma tradisional paling ampuh. Jahe dapat membantu mengatasi peradangan, asma sendiri disebabkan karena ada peradangan pada saluran nafas bawah. Jahe dapat ditambahkan ke dalam campuran madu, madu + jahe. Madu merupakan kombinasi yang cocok untuk jahe. Selain rasanya yang nikmat, kombinasi ini akan semakin mempercepat mengatasi sakit asma Anda. Saat jahe menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangannya, madu akan mengencerkan lendir yang ada sehingga dapat dikeluarkan.

Penggunaan jahe dapat dengan ditumbuk dulu hingga halus, atau dengan dipotong-potong saja, baru kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu. Jika hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibandingkan dengan jika ditumbuk.

  1. Bunga Kenanga Kering

2.bp.blogspot.com

Harus makan bunga? Tenang saja, Anda tidak akan memakan bunganya, tetapi Anda diharuskan untuk meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Bunga kenanga dipercaya bisa menjadi salah satu obat asma alami. Cara membuatnya, sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering, lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

  1. Buah Cermai

4.bp.blogspot.com

Jenis obat asma tradisional paling ampuh yang keempat adalah dengan mengambil manfaat buah cermai/cerme. Buah yang rasanya unik ini ternyata juga bisa menjadi salah satu obat asma yang manjur. Pertama, sediakan 6 biji buah cermai, dua siung bawang merah, ¼ genggam akar kara, 8 butir buah kelengkeng, dan dua gelas air matang. Cara pembuatan ramuannya juga tergolong mudah. Cuci buah kelengkengnya sampai bersih, lalu tumbuk bersama bahan-bahan lain yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Kemudian rebus hasil tumbukannya dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas saja. Minumlah setelah airnya dingin dan disaring.

  1. Daun Ki Tolod

2.bp.blogspot.com

Mungkin Anda cukup asing dengan nama daun ini. Namun tumbuhan obat asma ini ternyata juga dinilai cukup efektif menangani asma. Pertama siapkan dua lembar daun ki tolod dan juga dua gelas air. Setelah daun dicuci, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuannya setelah airnya dingin dan di saring sebanyak dua kali

 

Ilustrasi : images.lifescript.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply