Khasiat Bunga Pepaya


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Manfaat pepaya sudah cukup mashyur. Buahnya yang manis bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Daunnya yang pahit, bisa digunakan untuk melunakkan daging. Bunganya pun dapat dimanfaatkan sebagai sayur, sebagaimana buah dan daunnya. Perlu kita perhatikan, bunga pepaya tidak hanya bisa untuk dimasak lho.. Seperti daunnya yang biasa dijadikan ramuan tradisional, bunga pepaya pun dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Karena memang mengandung berbagai zat baik untuk tubuh. Untuk pengobatan apa saja bunga pepaya ini dapat dimanfaatkan? Berikut ini beberapa penjelasan yang kami kutip dari situs mediskus.com mengenai manfaat bunga pepaya.

  1. Mencegah KankerDikutip dari berbagai jurnal yang menayangkan hasil riset, mengonsumsi bunga pepaya dapat menurunkan resiko infeksi dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa peradangan merupakan cikal bakal tumbuhnya sel tumor yang berpotensi berubah menjadi kanker ganas.
  2. Menyembuhkan Bisul LambungDalam bunga pepaya terdapat antioksidan tinggi yang berkhasiat mengurangi infeksi pada lambung. Selain itu, menyeruput teh dari daun atau bunga pepaya juga dapat membunuh cacing dan mikroorganisme berbahaya yang bersarang di organ pencernaan.
  3. Membantu Sistem Pencernaan

    Selain bagian buahnya, bunga pepaya juga mengandung enzim papain yang berguna untuk membantu proses pencernaan sekaligus mencegah konstipasi.

  4. Meningkatkan Nafsu MakanWalau rasanya pahit, namun karena manfaat bunga pepaya yang banyak, membuat orang-orang mengabaikan rasa pahit itu. Bunga yang satu ini sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan.
  5. Sumber Antioksidan

    Ragam antioksidan dalam bunga pepaya sangat ampuh untuk melawan berbagai radikal bebas. Dengan demikian kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang dapat memicu kanker, penuaan dini, hingga gangguan kesehatan lainnya, dapat dihindari.

  6. Baik untuk Penderita DiabetesTeh atau sayur bunga pepaya juga ramah untuk penderita diabetes atau mereka yang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam bunga pepaya tergolong rendah. Selain itu, bunga pepaya juga bisa menurunkan kadar insulin yang biasanya memicu munculnya penyakit diabetes.
  7. Menurunkan Berat Badan

    Manfaat bunga pepaya berikutnya masih erat kaitannya dengan kandungan karbohidrat yang rendah pada bunga pepaya.

  8. Obat Penurun DemamSifat antipiretik yang melekat pada bunga pepaya menyebabkannya ampuh untuk menurunkan demam.
  9. Menurunkan KolesterolSaat dikonsumsi sebagai bahan teh, bunga pepaya jantan akan menghasilkan fitokemikal atau senyawa antioksidan seperti flavonoid, sterol, tanin, serta polifenol. Selain bersifat anti-radang, anti-mikroba, anti-virus, anti-kanker, dan anti-alergi, kandungan fitosterol dalam teh bunga pepaya juga mampu menurunkan kolesterol.
  10. Melancarkan Peredaran DarahBagi Anda yang menderita hipertensi, coba konsumsi bunga pepaya secara rutin agar tekanan darah kembali normal. Nutrisi yang terkandung dalam bunga pepaya juga bisa memperlancar peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka otomatis penyakit berbahaya seperti stroke atau jantung bakal menjauh.
  11. Mencegah Radang Sendi dan ReumatikBila ditumbuk, baik daun, biji, maupun bunga pepaya dapat digunakan untuk mencegah radang sendi atau encok. Jika Anda menderita radang sendi atau reumatik, maka bubuhkan hasil tumbukan tersebut di area yang sakit, diamkan selama 20 menit atau hingga rasa sakitnya mereda.
  12. Menaikkan Jumlah TrombositSelain mengobati encok, tumbukan daun serta bunga papaya juga bisa mendongkrak kadar trombosit. Oleh sebab itu, banyak orang memanfaatkan daun dan bunga pepaya untuk mengobati demam berdarah. Anda dapat mengeringkan tumbukan tersebut lalu merebusnya menjadi teh.
  13. Meregulasi Siklus HaidManfaat bunga pepaya berikutnya ini pasti merupakan berita gembira terkhususnya untuk kaum hawa. Bila siklus haid tidak lancar, maka teh yang terbuat dari biji, daun, maupun bunga pepaya dapat membantu memperlancar siklus haid.

 

Ilustrasi : manfaat.co.id


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply