Atasi Sakit Gigi Menggunakan Bahan Dapur


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Sakit gigi mungkin termasuk gangguan sederhana. Namun, apabila dibiarkan terus-menerus akan cukup mengganggu. Bahkan menimbulkan gangguan lainnya, seperti pusing, sakit kepala, yang dengannya aktivitas amat terhambat. Ketika sakit gigi melanda, mungkin bahan-bahan dapur ini dapat anda gunakan sebagai pertolongan pertama. Berikut ini penjelasan yang kami kutip dari situs dedaunan.com.

  • Cengkeh

Cengkeh dikenal sebagai obat tradisional yang berkhasiat menumpulkan saraf. Hal ini karena cengkeh mengandung senyawa kimia yang disebut eugenol, yang berperan sebagai antinyeri dan antiseptik alami. Konon, cengkeh banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi, sebelum ilmu kedokteran gigi berkembang pesat. Bahkan ekstrak eugenol yang sudah dimurnikan masih digunakan sampai sekarang.

Teteskan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas atau cotton bud, lalu letakkan pada gigi yang sakit hingga rasa nyeri mereda. Jika di rumah hanya tersedia bubuk cengkeh, sedikit bubuk cengkeh tersebut dapat Anda taburkan di gigi yang sakit. Atau, jika hanya cengkeh utuh yang Anda miliki, cengkeh utuh itu pun dapat Anda manfaatkan. Letakkan cengkeh utuh tersebut di atas gigi, kunyah sedikit untuk mengeluarkan minyaknya, dan diamkan di sana selama setengah jam atau sampai rasa nyeri mereda.

  • Jahe dan cabe

Haluskan jahe dan cabe lalu beri air secukupnya sehingga membentuk pasta. Celupkan bola kapas dalam pasta jahe-cabe tersebut lalu letakkan di atas gigi yang sakit. Jaga agar tidak mengenai gusi dan lidah karena kedua bahan tersebut dapat menimbulkan sensasi panas-pedas. Diamkan di sana hingga rasa nyeri mereda. Senyawa kimia yang terdapat dalam cabe, yang dinamakan capsaicin, telah terbukti berkhasiat sebagai antinyeri alami sehingga efektif digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi.

  • Air garam

Lubang pada gigi terbentuk saat bakteri memakan zat gula dan pati yang tersisa di gigi. Bakteri kemudian menyisakan plak yang mengandung zat asam yang mengikis gigi. Garam dapat membantu menetralisir zat asam tersebut, yang membuat proses pengikisan berkurang secara signifikan dan rasa nyeri mereda. Garam juga dapat menarik keluar cairan dalam jaringan, sehingga membantu meredakan bengkak yang sering timbul mengikuti nyeri.

Penggunaan air garam dapat dikatakan sebagai cara menghilangkan sakit gigi yang paling mudah, karena garam pasti tersedia di rumah Anda. Larutkan satu sendok teh garam dalam secangkir air matang. Gunakan untuk berkumur selama kira-kira 30 detik. Lakukan cara ini sesering mungkin hingga waktunya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

  • Teh

Teh peppermint memiliki aroma yang sedap dan juga berkhasiat menumpulkan saraf, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi. Masukkan satu sendok teh daun peppermint yang sudah dikeringkan ke dalam secangkir teh tawar panas, biarkan selama 20 menit hingga meresap. Setelah teh agak dingin, gunakan untuk berkumur (air teh boleh ditelan, boleh dibuang).

Jika sulit untuk mendapatkan daun peppermint di sekitar Anda, teh hitam pun memiliki khasiat yang sama. Kandungan tannin dalam teh dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Selain dengan berkumur, cara lain dalam memanfaatkan teh untuk meredakan nyeri adalah dengan menempatkan satu kantong teh (usahakan masih dalam kondisi basah dan hangat) ke atas gigi yang sakit dan tunggu hingga nyeri mereda.

 

Ilustrasi : sedapsekejap.net


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply