Khasiat Minuman Susu Kedelai


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Selain digunakan dalam pembuatan kecap, tahu, dan tempe, kedelai juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan susu. Sebenarnya bukan susu, hanya saja warna yang dihasilkan menyerupai susu. Maka dikatakanlah “Susu Kedelai”.

Dalam 100 ml susu/minuman kedelai terdapat 54 kkal. Apabila dirincikan, dalam minuman kedelai terkandung 39% karbohidrat, 31% lemak, dan 30% protein. Karbohidrat dalam susu kedelai terdiri dari serat dan gula. Adapun lemak di dalamnya mencakup lemak jenuh dan tak jenuh tunggal maupun ganda. Kandungan lemak tersebut didominasi oleh lemak tak jenuh. Selain itu, minuman kedelai juga mengandung sodium, kalium, VitaminB12, seng, isoflavon, kalsium, dan magnesium. Minuman kedelai bebas kolesterol.

Apa saja khasiat dan manfaat dari mengkonsumsi minuman kedelai? Berikut ulasannya.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

    Kandungan isoflavon di dalam minuman kedelai berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Di dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman kedelai yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan pekan mengakibatkan penurunan 5% Kolesterol jahat (LDL) rata-rata.

  • Mencegah kanker

    Isoflavon berfungsi sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker, melindungi tubuh dari kanker.

  • Mencegah osteoporosis

    Protein kedelai membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam di dalamnya berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang, menghambat kerusakan tulang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak meminumnya.

  • Mengatasi gejala menopause

    Kandungan isoflavon pada kedelai membantu mengatur estrogen. Dalam sebuh penelitian ditemukan bahwa konsumsi minuman kedelai dapat meringankan gejala menopause, seperti sensasi hot flashes dan keringat di malam hari.

  • Membalikkan efek endometriosis

    Kedelai membantu menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

  • Memberi efek baik untuk penyakit diabetes dan ginjal

    Protein dan serat yang larut dalam kedelai mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal.

  • Menjaga berat badan

    Kandungan serat yang tinggi pada kedelai berperan mengatur berat badan. Minuman kedelai memiliki indeks glisemik yang rendah, sehingga baik untuk mengendalikan gula darah dan fluktuasi insulin. Hal tersebut dapat membantu mengendalikan rasa lapar.

Itulah beberapa ulasan mengenai susu/minuman kedelai. Tertarik mencoba?

 

Referensi :

  • https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/susu-kedelai.  (Diakses pada 21/4/17)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Susu_kedelai.  (Diakses pada 21/4/17)
  • http://www.alodokter.com/manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan.  (Diakses pada 21/4/17)

Ilustrasi :

  • sitkes.com

Lihat pula :

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply