Obesitas? Bagaimana Mengatasinya??


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kegemukan atau obesitas merupakan keadaan dimana tubuh mengalami kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena beberapa hal. Di antaranya,

  • Tingginya asupan kalori tanpa diimbangi aktivitas yang cukup
  • Pola makan & Gaya hidup
  • Faktor keturunan
  • Kehamilan
  • Kurang tidur
  • Pertambahan usia
  • Komplikasi penyakit tertentu

Seseorang yang mengalami obesitas akan memiliki Indeks Massa Tubuh melebihi 30 kg/m2. Indeks Massa Tubuh ini diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Misal, berat badan 45 kg, dengan tinggi badan 1.52 m, maka indeks tubuhnya adalah 45/1.52(kg/m2) = 19.47 kg/m2.

Indeks Masa Tubuh dikatakan berada dalam batas normal apabila berada pada rentang 18.5 – 24.9. Sedangkan IMT pada rentang 25-29.9 dikategorikan pada kondisi kelebihan berat badan.

Penderita obesitas rentan terhadap serangan penyakit. Di antaranya :

  • Mendengkur
  • Sesak napas
  • Nyeri sendi
  • Nyeri punggung
  • Aterosklerosis
  • Kolesterol tinggi
  • Hipertensi
  • Sindrom metabolik
  • Diabetes tipe 2
  • Asma
  • Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)
  • Apnea tidur
  • Osteoarthritis
  • Penyakit batu empedu
  • Disfungsi ereksi
  • Gangguan menstruasi
  • Komplikasi kehamilan
  • Gangguan ginjal
  • Gangguan hati
  • Kanker usus
  • Kanker rahim
  • Kanker payudara
  • Stroke
  • Penyakit jantung

Menderita obesitas, apa yang harus dilakukan?

Hal yang harus dilakukan adalah “menurunkan berat badan”. Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian awal, obesitas sendiri merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kelebihan berat badan.

Untuk mengatasi obesitas, anda disarankan untuk memangkas 600 asupan kalori per hari secara teratur. Hal ini dilakukan agar penurunan berat badan berjalan dengan aman. Adapun penurunan berat badan yang aman sekitar 1/2 kg – 1 kg setiap pekannya. Ini berarti, seorang pria dengan obesitas perlu memastikan asupan kalori per hari tidak lebih dari 1900 kal. Sedangkan untuk wanita, batas maksimal asupan kalori adalah 1400 kal.

Berikut ini beberapa tips untuk menurunkan berat badan

  • Tingkatkan durasi dan intensitas olahraga secara bertahap. Lakukanlah secara bertahap. Biasakan banyak meminum air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Apabila selama berolahraga terjadi jantung berdebar, nyeri dada dan keluhan lainnya, maka beristirahatlah sejenak. Adapun untuk jenis olahraga, penderita obesitas tidak dianjurkan untuk melakukan jogging. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga ringan seperti jalan santai di pagi atau sore hari, bermain bulu tangkis, berenang, bersepeda santai. Waktu olahraga yang disarankan adalah sekitar 2.5 – 5 jam setiap pekannya. Lakukanlah secara perlahan dan terus-menerus.
  • Hindari mengkonsumsi makanan berminyak. Mengapa? Karena dalam 1 sendok makan minyak bisa terkandung sampai 90 kal. Adapun, apabila memerlukan minyak, anda dapat mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, dan lebih sehat dibandingkan dengan minyak goreng biasa. Kabarnya juga, minyak zaitun baik untuk pencegahan kanker (lihat : Khasiat Minyak Zaitun Membunuh Sel Kanker).
  • Hindari konsumsi minuman bersoda dan makanan dengan kadar gula tinggi. Tahukah anda? Dibalik kesegaran minuman bersoda tersimpan gula dengan kadar yang tinggi. Padahal, gula mampu meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh secara kronis. Dan pada akhirnya akan meningkatkan jumlah produksi lemak tubuh. Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga akan menghambat hormon leptin. Hormon tersebut berfungsi sebagai sinyal apabila tubuh kenyang. Hal ini akan membuat kita terus merasa lapar. Dan pada akhirnya meningkatkan asupan makan berlebih kembali. Untuk memperoleh rasa manis, anda dapat mengganti gula dengan madu.
  • Menerapkan pola diet. Ya! Menerapkan pola diet. Perbanyaklah konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran. Pilihlah makanan-makanan sehat seperti kacang-kacangan, kentang, telur. Gantilah nasi putih dengan nasi merah (lihat pula : Mengapa Beras Merah Disarankan untuk Diet?). Pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah. Selain itu, anda dapat pula menerapkan pola diet madu (selengkapnya : Diet Madu).

Itulah beberapa ulasan mengenai obesitas. Adapun untuk obesitas yang disebabkan karena penyakit tertentu, maka penanganannya kembali kepada penyakit penyebab obesitas, menyesuaikan penyakit tersebut.

Hadapilah obesitas dengan penuh semangat dan harapan. Teruslah berusaha agar obesitas segera terlewati. Semoga bermanfaat..

 

Referensi :

  • wikipedia (Diakses pada 21/4/17)
  • http://www.alodokter.com/obesitas/penyebab (Diakses pada 21/4/17)
  • http://www.alodokter.com/obesitas/pengobatan  (Diakses pada 22/4/17)
  • http://life.viva.co.id/news/read/205659-cara-aman-turunkan-berat-badan-bagi-obesitas (Diakses pada 22/4/17)
  • http://www.rappler.com/indonesia/113092-mengapa-gula-membuat-gemuk (Diakses pada 22/4/17)

Ilustrasi :

  • media.viva.co.id

Lihat pula :

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply