Khasiat Belimbing Sayur, dari Jerawat sampai Diabetes


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Belimbing sayur, dikenal juga sebagai belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam. Belimbing sayur berbeda dengan belimbing yang berbentuk menyerupai bintang. Apabila buah belimbing bintang lebih dominan dengan rasa yang manis, maka belimbing sayur ini memiliki rasa asam yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi secara langsung, belimbing sayur juga dapat digunakan sebagai bahan pelengkap sayuran (sebagaimana namanya).

Dalam 100 gram belimbing sayur terdapat 32 kalori. Dengan karbohidrat sebanyak 7 gram, protein 0.4 gram, vitamin C 52 gram, kalsium 10 mg, fosfor 10 mg, zat besi 1 mg. Belimbing sayur juga mengandung kalium, glukosid, tanin, peroksida, dan senyawa saponin. Belimbing sayur memiliki sifat antioksidan.

Apa saja khasiat belimbing sayur? Berikut ulasannya.

  • Menyembuhkan Jerawat

Pengobatan ini akan menimbulkan sedikit rasa perih pada area kulit berjerawat. Namun efek dari zat antioksidan dalam buah belimbing sayur akan mampu membantu menpercepat penyembuhan.

  • Mengatasi Panu

Bubuhkan parutan buah belimbing sayur pada kulit berpanu. Pijat sedikit agar nutrisi lebih meresap.

  • Mengatasi sariawan.

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat belimbing sayur berkhasiat mengobati sariawan. Caranya cukup dengan menempelkan buah belimbing sayur pada bagian yang terkena sariawan. Dampaknya mungkin akan sedikit perih. Namun kandungan vitamin C akan baik untuk mengatasi sariawan.

  • Mengatasi sesak nafas.

Rebus belimbing sayur bersama air dan gula batu. Konsumsi air rebusan tersebut 2 atau 3 kali sehari.

  • Mengatasi sakit gigi

Caranya dengan meletakkan buah belimbing sayur halus pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

  • Mengatasi batuk

Khasiat ini dikarenakan kandungan kalium pada belimbing sayur. Caranya cukup mudah. Rebuslah 3 biji buah belimbing sayur dalam 3 gelas air. Konsumsi rebusan tersebut setiap pagi.

Atau bisa pula dengan merebus 3 buah belimbing sayur bersama adas dan gula menggunakan 1 cangkir air. Dinginkan dan saring hasil rebusan tersebut. Minum 2 kali sehari (pagi dan malam).

Khusus untuk mengobati batuk rejan, gunakanlah 10 buah belimbing wuluh yang telah dihaluskan. Tambahkan 2 sendok air garam kedalamnya. Saring, dan minum 2 kali sehari.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi

Di antara khasiat belimbing sayur yang cukup mashyur adalah mengatasi hipertensi. Bagaimana caranya? Rebus 3 buah belimbing sayur dan 25 gr biji sari gading yang sudah dihaluskan menggunakan air sebanyak 4 gelas. Saring ramuan setelah mendidih, dan konsumsi 1 gelas setiap harinya.

Atau cukup dengan merebus 3 buah belimbing sayur yang telah dipotong-potong bersama 2 gelas air. Tunggu hingga air tersisa separuh gelas. Minum 1 kali setiap hari hingga tekanan darah turun.

  • Mengatasi diabetes.

Rebus 6 buah belimbing sayur menggunakan 1 gelas air hingga tersisa separuhnya. Konsumsi rebusan tersebut 2 kali sehari.

Itulah beberapa khasiat dari belimbing sayur. Masihkah terbayang akan keasamannya?

 

Referensi

Wikipedia.org/ (Diakses pada 22/4/17)

https://www.pertanianku.com/mengenal-kandungan-dan-manfaat-belimbing-wuluh/ (Diakses pada 22/4/17)

http://www.firdaus45.com/2016/01/dahsyatnya-manfaat-belimbing-wuluh-yang.html (Diakses pada 22/4/17)

 

Ilustrasi : hariandepok.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply