Khasiat Eforbia : Atasi Luka Bakar, Bisul


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Awalnya sedikit asing membaca nama Euphorbia Tirucalli Folium. Setelah melakukan pencarian mendalam, akhirnya bertemu jua dengan gambar yang menunjukkan pemilik nama tersebut. Hmm.. Ternyata seperti itu. Bunga, Tanaman hias yang biasa menemani pemandangan rumah. Bunga yang cukup unik, dengan ukuran dan batang sedemikian.

Euphorbia, atau Eforbia merupakan jenis kaktus yang berasal dari Madagaskar. Di Inggris, Eforbia dikenal sebagai crown of thorns. Sedangkan di Indonesia sendiri, tanaman ini disebut Kaktus Pakis Giwang atau Sudu-sudu.

Eforbia memiliki batang yang dipenuhi duri tajam. Batang dan duri Eforbia menyimpan getah susu yang beracun. Apabila berkoagulasi dengan darah, getah tersebut akan memacu pertumbuhan sel abnormal. Karenanya, di negara maju tanaman Eforbia digolongkan sebagai tanaman beracun (poisson plant).

Bunga Eforbia memiliki warna yang beraneka ragam. Di antaranya merah, merah oranye, putih, merah muda, kuning. Biasanya Eforbia memiliki 2 kelopak bunga membuka lagi bertumpuk. Apabila diperhatikan, Bunga Eforbia terlihat seperti giwang. Mungkin inilah sebabnya ia disebut Pakis Giwang. Bunga Eforbia juga suka berkelompok.

Walau dijuluki sebagai tanaman beracun, Eforbia juga memiliki peran dalam dunia pengobatan herbal. Berikut ini beberapa khasiat yang dapat kita manfaatkan dari tanaman Eforbia.

  • Mengatasi Bisul

Iris batang euforbia dan cuci menggunakan air mengalir hingga benar bersih. Bakar batang euforbia menggunakan api kecil beberapa saat. Tempelkan batang yang telah dibakar pada kulit yang timbul bisul.

  • Memulihkan Jaringan pada Luka Bakar

Patahkan batang euforbia. Berhati-hatilah, agar tidak terkena getahnya. Cuci batang dan daun euforbia menggunakan air mengalir hingga benar bersih. Rebus keduanya bersama air secukupnya hingga mendidih selama beberapa menit. Setelah dingin, gunakan untuk mengompres kulit yang terluka bakar.

Itulah khasiat dari Eforbia. Sebenarnya masih ada beberapa khasiat lagi. Namun sengaja tidak kami cantumkan seluruhnya. Karena batang eforbia memiliki sifat beracun. Untuk lebih berhati-hati, kami sekedar mencantumkan khasiat sebagai obat luar saja.

Perhatian!

Hindari kontak langsung dengan getah eforbia.

 

Daftar Pustaka :

“Euphorbia Milii”. id.wikipedia.org. 25/4/17.

“Manfaat Bunga Eforbia Obat Rumahan”. kinisehat.com. 25/4/17.

 

Ilustrasi : c1.staticflickr.com


Lihat Pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply