Khasiat Daun Jati : Atasi Hipertensi, Kolesterol, dll


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Jati, siapa yang tidak mengenalnya? Pohon yang berusia hingga ratusan tersebut cukup kenal. Ukurannya yang besar, dan kualitas kayunya yang baik membuat batang pohon jati kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai perlengkapan rumah. Daunnya pun bermanfaat. Selain digunakan sebagai pewarna merah alami, sejak dulu daun jati juga biasa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Di antaranya dalam pembuatan tape bungkus, tempe bungkus. Selain dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus, daun jati ternyata juga menyimpan beragam khasiat lho.. Apa saja? Berikut ulasan mengenai khasiat Daun Jati yang kami kutip dari hidup-sehat.org.

1. Mengatasi kolesterol
Kandungan tannin, saponin dan quercetin dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Ilmiahnya, quercetin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim lipase sehingga proses metabolism pilid bisa kekerja secara maksimal. Kandungan saponin berfungsi untuk menghilangkan plak pada pembuluh darah penyebab darah tinggi dan melebarkan pembuluh darah sehingga peredaran darah keseluruh tubuh tetap lancar. Sedangkan kandungan tannin untuk menghambat penyerapan nutrisi sehingga lemak tidak diserap oleh tubuh. Lemak yang tidak diserap akan keluar berupa feses.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Telah disinggung diatas bahwa kandungan saponin pada daun jati bermanfaat untuk mencegah hipertensi.
3. Mengatasi Anemia
Ekstrak daun jati dipercaya untuk mengatasi anemia, hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang lakukan oleh para ilmuwan Togo. Menyatakan ekstrak daun jati yang diujicobakan pada seokor tikus ternyata mampu meningkatkan konsentrasi hemoglobin, trombosit, kadar retikulosit  dan hematokrit serta dapat menambah daya tahan pada trombosit muda.
4. Mengatasi Diabetes
Untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah dapat memanfaatkan ekstrak batang kulit jati.
5. Menyehatkan Rambut
Biji Jati telah dipercaya dapat digunakan untuk menyehatkan dan menumbuhkan rambut, hal ini banyak dilakukan di India sebai obat rambut tradisional (hair tonic).
Ilustrasi : 4.bp.blogspot.com

Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply