Mengatasi Menstruasi Tak Teratur


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Menstruasi merupakan rutinitas periodik bagi setiap wanita. Ini adalah sesuatu yang wajar. Namun, terkadang ada saja beberapa hal yang terasa mengganggu dari siklus tersebut. Mulai dari nyeri pada masa menstruasi, volume darah yang tidak wajar, hingga siklus yang tidak teratur. Berbagai permasalahan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Adapun faktor-faktor tersebut di antaranya :

  • Kurangnya olahraga
  • Tubuh yang terlalu lelah beraktivitas
  • Keadaan psikologis, misal : stress
  • Tidak terpenuhinya kebutuhan gizi
  • Penyakit tertentu yang mempengaruhi keadaan hormon

Untuk menghindari beragam gangguan, hal yang perlu dilakukan adalah menghindari faktor penyebab, kecuali faktor penyakit yang memang berkaitan dengan suatu gangguan tubuh (Faktor ini memerlukan penanganan khusus). Dari sebagian besar faktor di atas dapat kita simpulkan bahwa pola hidup berpengaruh terhadap keadaan menstruasi. Bagaimana bisa? Ya, bisa. Pola hidup cukup mempengaruhi kesehatan, keadaan hormon, dll. Berapa banyak penyakit yang berawal dari pola kebiasaan hidup?

Selain memperbaiki pola hidup, kita dapat pula memanfaatkan beraneka bahan alami untuk mengatasi gangguan siklus menstruasi. Kali ini kita akan membahas mengenai siklus yang tidak teratur. Berikut penjelasan ramuan alami pelancar siklus menstruasi yang kami kutip dari visia.info.

Daun Pepaya

Daun pepaya sudah lama dikenal bisa memperlancar haid. Siapkan beberapa daun pepaya segar kemudian cuci hingga bersih. Rebus daun pepaya segar dengan perbandingan 1:2, yakni 1 gelas air untuk 2 helai daun pepaya. Rebus daun pepaya hingga mendidih. Setelah mendidih saring air rebusan daun pepaya dan tambahakan sedikit asam dan garam. Minum air rebusan air pepaya saat masih hangat.

Jeruk Nipis

Tips lancar haid alami selanjutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memang lebih dikenal sebagai obat batuk. Akan tetapi, jeruk nipis ternyata juga ampuh memperlancar siklus haid bulanan Anda. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampur 3 sendok air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal konsumsilah ramuan ini 3 kali dalam sehari dengan takaran setengah gelas.

Kunyit

Kunyit memiliki khasiat menghaluskan kulit dan juga memperlancar haid. Anda bisa memarut kunyit lalu ditambah dengan air dan rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, saring dan minum saat masih hangat.

Itulah di antara hal yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi siklus menstruasi/haid yang tidak lancar.

 

Ilustrasi : 3.bp.blogspot.com


Lihat Pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply