Cara Menghilangkan Lendir Tenggorokan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Lendir tenggorokan , walau sederhana tetap saja mengganggu. Apabila lendir pada hidung membuat seseorang kesulitan berlama-lama membaca buku, maka lendir tenggorokan dapat membuat seseorang kesulitan menelan atau berbicara dengan jelas. Biasanya lendir ini apabila dibiarkan akan semakin mengganggu, bahan dapat memunculkan sedikit efek sakit pada tenggorokan. Inilah yang akan membuat seseorang sedikit kesulitan menelan makanan, atau berbicara jelas.

Apakah lendir tenggorokan ini tengah menyerang anda? Jika iya, segera hilangkan! Dan raih kenyamanan beraktivitas kembali dengan beberapa tips berikut. Ya, berikut ini beberapa tips alami untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, sebagaimana dijelaskan dedaunan.com.

  1. Mengeluarkan lendir/dahak

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang paling mudah yaitu dengan cara mengeluarkannya. Caranya yaitu dengan melakukan batuk secara benar atau yang sering disebut sebagai batuk efektif. Cara melakukan batuk efektif cukup mudah, yaitu Anda duduk dalam posisi badan tegak kemudian siapkan tisu atau sebuah wadah yang nantinya digunakan untuk menampung dahak. Lalu hirup nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, dan keluarkan secara perlahan melalui mulut. Ulangi latihan pernafasan tersebut selama dua kali. Kemudian pada ambilan nafas yang ketiga, hirup nafas dalam-dalam melalui hidung, tahan sampai 3 hitungan, lalu batukkan dengan kuat dua atau tiga kali berturut-turut tanpa mengambil nafas. Pada saat batuk, keluarkan lendir/dahak pada tisu atau wadah yang telah Anda siapkan.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama pada saluran pernafasan. Sehingga minum jahe merupakan cara menghilangkan lendir di tenggorokan sekaligus untuk menyembuhkan batuknya.  Cara membuat ramuan jahe yaitu siapkan dua ruas jahe, cuci sampai bersih lalu digepuk supaya supaya aroma segarnya lebih keluar. Masukkan jahe tersebut pada satu gelas air panas, dan tambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Tunggu beberapa saat sampai airnya tidak terlalu panas, kemudian minum ramuan jahe ini selagi hangat. Minum secara rutin 2 kali dalam sehari maka lendir di tenggorokan Anda akan cepat hilang.

  1. Jeruk nipis

Minum minuman jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang efektif. Sebab selain rasanya yang menyegarkan dan mampu melaegakan tenggorokan, kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengusir bakteri penyebab lendir/dahak di tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya dan campurkan pada satu gelas air panas. Tambahkan gula atau madu secukupnya, dan minum selagi hangat.

  1. Daun mint

Daun mint selama ini sudah sering digunakan sebagai bahan pembuat obat batuk pengencer dahak. Oleh karena itu khasiat dari daun yang satu ini tentunya tidak perlu diragukan lagi. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan menggunakan daun mint yaitu siapkan beberapa lembar daun mint yang dicuci sampai bersih lalu campurkan pada segelas air panas. Tunggu beberapa saat supaya meresap, kemudian minumlah selagi hangat.

  1. Bawang putih

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang berikutnya yaitu dengan bawang putih. Sebagaimana kita ketahui bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung zat antibiotik alami. Bawang putih ternyata juga ampuh untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Caranya sangat mudah, Anda dapat langsung mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah secara teratur 3 kali dalam sehari. Kandungan antibiotik dalam bawang putih dapat secara optimal membunuh bakteri penyebab lendir tenggorokan, serta rasa hangat dan sedikit pedasnya juga dapat membantu melegakan tenggorokan.

  1. Perbanyak asupan cairan

Memperbanyak asupan cairan juga merupakan cara menghilangkan dahak di tenggorokan karena dapat mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan, sekaligus melancarkan metabolisme tubuh. Dengan memperbanyak asupan cairan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses kesembuhan radang di tenggorokan. Perbanyaklah minum air putih hangat untuk menghilangkan lendir di tenggorokan dan melegakan pernafasan.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal mempunyai khasiat untuk kesehatan karena mengandung senyawa anti bakteri dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan kunyit juga efektif untuk menghilangkan lendir di tenggorokan. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan menggunakan kunyit yaitu dengan menyiapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu kunyit diparut, dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan kunyit itu pada setengah gelas air panas dan tambahkan madu secukupnya sebagai pemanis. Tunggu beberapa saat, lalu minum selagi hangat.

  1. Terapi uap

Untuk menghilangkan lendir di tenggorokan, Anda juga dapat menggunakan terapi uap. Caranya yaitu siapkan air panas dalam suatu wadah atau baskom. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air tersebut. Kemudian dekatkan wajah Anda pada wadah/baskom, dan bernafaslah secara wajar. Maka secara otomatis uap air panas yang bercampur dengan aroma minyak kayu putih akan masuk dalam saluran pernafasan Anda. Terapi uap ini merupakan cara mengeluarkan lendir di tenggorokan secara efektif sehingga pernafasan menjadi lega.

Nah, itulah di antara tips mengenai cara menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami. Mudah bukan?

 

Ilustrasi : 4.bp.blogspot.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply