Resep Infused Water untuk Menurunkan Berat Badan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan kepada Anda mengenai beberapa contoh resep infused water untuk menurunkan berat badan. Berbagai macam nutrisi dan vitamin yang ada dalam infused water yang berasal dari bermacam buah-buahan ini sangat baik untuk memperlancar metabolisme tubuh, yang pada akhirnya akan menyusutkan berat badan. Infused water mudah dibuat, tidak mahal, hampir tanpa kalori dan enak rasanya, sehingga ini bisa menjadi pilihan untuk menemani program diet Anda.

Selain terkenal dapat menurunkan berat badan dengan efektif, infused water atau air yang berisi campuran sari buah ini bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun dalam tubuh, menyehatkan organ-organ tubuh, melancarkan metabolisme di tubuh, untuk menunda penuaan kulit, relaksasi tubuh, dan sebagainya.

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu infused water, kami akan jelaskan terlebih dahulu. Infused water ini sebenarnya adalah air putih. Akan tetapi bukan sekadar air putih, karena air putihnya sudah dicampur dengan berbagai jenis potongan buah atau rempah-rempah sehingga air putih ini memiliki rasa-rasa yang unik dan menyegarkan. Dengan melihat gambarnya pun Anda mungkin sudah bisa menggambarkan bagaimana kesegarannya saat mengonsumsi air tersebut. Sebelum dinikmati, air ini harus didiamkan terlebih dahulu selama beberapa jam. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Pembuatan dan Resep Infused Water untuk Menurunkan Berat Badan

Minuman yang bisa dibuat sendiri di rumah dan bisa bertahan selama beberapa hari ini adalah salah satu minuman sehat yang cocok bagi Anda yang ingin diet atau menurunkan berat badan. Dan bagi Anda yang mungkin menganggap air putih cukup membosankan, infused water inilah alternatif pilihan yang Anda bisa coba. Meminum banyak air adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam diet. Berbagai buah-buahan yang cocok untuk “air infus” jenis ini adalah mentimun, berbagai jenis jeruk (jeruk lemon, jeruk nipis dll), apel, stroberi, kiwi, dan mangga.

Untuk mengetahui bagaimana cara pembuatannya, silahkan simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini. Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk membuat infused water adalah buah, sayuran atau dedaunan yang akan menjadi bahan utamanya. Setelah itu cuci bahan utamanya sampai benar-benar bersih dengan air yang mengalir. Setelah bahan-bahan dicuci bersih, barulah dipotong-potong, jangan terbalik urutannya. Jika Anda menggunakan jenis buah yang ukurannya besar, seperti apel dan mangga, maka buah dapat dipotong kotak-kotak seukuran 1cm*1cm*1cm atau dipotong tipis-tipis melebar. Untuk jenis buah seperti jeruk, sisir tipis-tipis dengan ketebalan 0,7 cm. Sedangkan buah yang ukurannya lebih kecil seperti anggur dan stroberi, potonglah menjadi dua atau tiga bagian sesuai kebutuhan, jangan dibiarkan utuh supaya sari/nutrisinya dapat larut ke air.

Setelah bahan sudah disiapkan, tuangkan 500 ml air matang ke dalam wadah atau toples kecil, kemudian masukkan buah-buahan, sayuran atau herba tadi, lalu tutup wadah atau toplesnya rapat-rapat. Nah, di sini Anda tidak perlu menambahkan gula, sirup, susu, atau sejenisnya. Setelah itu masukkan ke dalam lemari es selama 2 jam untuk menunggu sari-sari bahan yang digunakan larut di airnya. Dan setelah dua jam, infused water yang Anda buat telah siap untuk dinikmati. Jika air dalam “air infus” Anda sudah habis diminum, Anda dapat mengisinya kembali dengan bahan yang sama, tapi jika sudah lewat 8 jam, maka ganti dengan yang baru.

Setelah kita mengetahui langkah-langkah untuk membuat infused water, lalu bagaimana komposisi buah untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menurunkan berat badan? Berikut ini beberapa komposisi infused water yang bisa Anda coba.

  • Jeruk buah dengan stroberi, tambahkan daun mint supaya rasanya tidak terlalu asam. Jeruk buah bisa diganti dengan jeruk lemon.
  • Jeruk keprok, mentimun, dan stroberi. Jika tidak suka yang terlalu asam, jumlah jeruk dan stroberi bisa dikurangi dan mentimun diperbanyak.
  • Apel ditambahkan dengan 2 potong kayu manis. Untuk Anda yang tidak suka rasa asam, ini tentunya sangat cocok.
  • Mangga dan jahe yang disisir tipis atau dipotong kecil-kecil.
  • Mangga dengan 2 potong jeruk nipis dan tambahkan beberapa daun mint.
  • Stroberi ditambahkan beberapa irisan buah kiwi dan jeruk lemon. Sedikit asam namun sangat enak dan menyegarkan.
  • Mentimun, boleh dalam jumlah banyak, beberapa daun mint, dan irisan jeruk nipis.

Komposisi atau resep infused water untuk menurunkan berat badan di atas cocok untuk menemani program diet Anda, namun tidak terbatas pada komposisi itu saja, silahkan berkreasi. Campurkan buah-buahan yang Anda sukai untuk mendapatkan rasa yang Anda inginkan. Buah-buahan yang disebutkan diatas adalah jenis yang cocok untuk menurunkan berat badan, namun Anda juga dapat menambahkan jenis buah lainnya, karena buah apapun yang Anda tambahkan (asal bukan jenis seperti pisang atau alpukat) tidak akan merugikan program menurunkan berat badan Anda.

Membuat Infused Water untuk Manfaat yang Lainnya

Selain bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, ternyata infused water atau air putih yang sudah dicampur dengan berbagai bahan alami ini bisa bermanfaat untuk berbagai macam hal terkait kesehatan tubuh. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan di awal artikel, infused water ini bisa bermanfaat untuk detoksifikasi, untuk merelaksasikan tubuh, untuk melancarkan metabolisme tubuh, dan untuk anti penuaan. Berikut cara membuat air infused water untuk menjaga kesehatan Anda.

  1. Detoksifikasi atau menghilangkan racun dalam tubuh

Secara alamiah, racun dalam tubuh berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, dalam jumlah yang masih bisa ditoleransi oleh tubuh. Bisa juga berasal dari lingkungan masuk melalui pernafasan atau lainnya.  Tubuh kita mampu menetralisir racun-racun ini di organ hati, dengan infused water kita dapat memperlancar detoksifikasi dalam tubuh. Resep yang bisa Anda coba untuk ini adalah jeruk nipis, mentimun, dan tambahkan sediti daun mint. Kemudian bisa juga stroberi, jeruk lemon, dan daun mint.

  1. Relaksasi Tubuh

Manfaat kedua infused water untuk kesehatan tubuh adalah bisa membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Minum air dingin pun terkadang sudah cukup bisa membuat tubuh menjadi sedikit santai dan relaks. Nah, untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal lagi, Anda bisa membuat infused water dari 1 lembar daun sage yang dicampur dengan buah stroberi dan nanas. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati saat sudah lelah beraktivitas seharian.

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Selain resep infused water untuk menurunkan berat badan, ternyata resep infused water ini bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Untuk membuat infused water ini Anda bisa menggunakan irisan buah jeruk yang dicampur dengan beberapa lembar daun mint. Larutkan bahan tersebut dalam teko yang juga sudah diberikan seduhan teh hijau. Diamkanlah semalaman, dan keesokan harinya silahkan Anda nikmati infused water tersebut untuk bisa melancarkan kinerja metabolisme tubuh dan bisa membantu membakar lemak. Bila perlu konsumsilah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Anti Penuaan

Bukan saja masker atau kosmetik perawatan wajah saja yang bisa digunakan untuk anti penuaan. Akan tetapi bahan-bahan alami seperti buah blackberry dan biji delima yang kaya akan antioksidan pun bisa membantu Anda melawan penuaan tersebut. Nah, untuk membuat infused water anti penuaan, gunakan 150 gram buah blueberry dan blackberry dalam 2 liter air. Rendam selama beberapa jam, lalu tambahkan es batu dan juga biji delima ke dalam infused water yang Anda buat.

Nah, itu tadi adalah beberapa resep infused water untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Tentunya minuman sehat ini bisa Anda gunakan untuk mengganti minuman-minuman soda atau minuman instan yang kurang sehat. Sekian artikel kali ini, selamat membuat dan selamat merasakan khasiatnya.

 

Sumber : dedaunan.com (Diakses pada 8 Mei 2017)

Ilustrasi : fruit-me.co.uk


Lihat Pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply