Tips Jantung Sehat : Almond Bermanfaat Menurunkan Kolesterol


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Almond adalah salah satu makanan sehat yang bisa menurunkan kolesterol.

Para peneliti di Rumah Sakit St Michael di Toronto melakukan percobaan yang melibatkan dua puluh tujuh pria dan wanita dengan kolesterol tinggi.

Sepertiga dari peserta studi diberi kue gandum rendah lemak 150 kalori tiga kali sehari, sepertiga yang lain diberi snack gandum dan almond 150 kalori tiga kali sehari, dan sepertiga terakhir hanya makan snack almond 150 kalori tiga kali sehari.

Setelah satu bulan penelitian, kadar kolesterol para peserta diukur dan dibandingkan dengan kadar kolesterol awal.

Pada kelompok gandum, kolesterol LDL dan kadar kolesterol total tetap sama pada akhir penelitian.

Hasil berbeda didapatkan pada kelompok yang mengonsumsi gandum dan almond. Mereka yang mengonsumsi gandum/almond mengalami penurunan  rata-rata 4 persen pada tingkat kolesterol LDL dan penurunan 9 persen tingkat kolesterol total.

Sementara itu, kelompok yang hanya makan almond saja mengalami pengurangan 8 persen kolesterol LDL dan 12 persen kolesterol total.

Efek menguntungkan almond pada kolesterol disebabkan oleh kandungan tinggi lemak tak jenuh. Meskipun tinggi lemak, makan almond secara teratur tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain makan almond utuh, minyak almond juga dapat menurunkan kolesterol. Minyak almond dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng dan untuk keperluan memasak lainnya.

Minyak almond juga mengandung vitamin E yang dapat mengurangi oksidasi kolesterol LDL sebagai kontributor perkembangan penyakit kardiovaskular.

Namun tetap dianjurkan untuk memakan almond secara langsung karena efek almond dalam menurunkan kolesterol lebih besar dibanding minyak almond.

Almond juga kaya asam amino arginin, salah satu elemen penting oksida nitrat, yang membuat pembuluh darah lentur.

Almond merupakan sumber signifikan dari magnesium. Satu porsi (2 ons) almond mampu memenuhi sekitar sepertiga dari kebutuhan harian tubuh akan magnesium.

Bahkan jika mengambil suplemen magnesium, Anda tetap harus makan makanan yang kaya magnesium seperti kacang almond untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan magnesium.

Almond juga mengandung tembaga dalam konsentrasi yang signifikan sebagai pelindung jantung.

Almond dapat dimakan mentah atau setelah dipanggang. Anda juga dapat mencoba mentega almond sebagai pengganti selai kacang. Mentega almond berisi semua nilai gizi almond utuh.

Susu almond juga mengandung semua nutrisi almond. Susu almond dibuat dari bubuk almond yang dicampur dengan sirup.

Tidak terdapat laktosa dalam susu almond, sehingga aman bagi Anda yang tidak toleran terhadap laktosa.[]

 

Sumber : amazine.co (Diakses pada 13/6/17  13:11 WIB)


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply