Manfaat Daun Pandan Wangi dalam Dunia Herbal


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pandan. Daun yang harum ini biasa digunakan sebagai penunjang pembuatan makanan. Misalnya saja pada adonan kue. Daun pandan biasa dimanfaatkan sebagai pengharum atau pewarna alami. Dari daun pandan ini dapat dirasakan aroma yang harum bersahabat, juga warna hijau menyejukkan.

Kabar baiknya, daun pandan ternyata bukan hanya dapat dimanfaatkan dalam pengolahan makanan. Daun yang menyimpan aroma harum ini ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam sebagai ramuan herbal lho. Berikut ulasan mengenai kiprah daun pandan wangi dalam dunia pengobatan, dikutip dari blogobat.com.

Daun Pandan Sebagai Obat Nyeri Sendi

Nyeri sendi atau rematik biasanya banyak dijumpai pada orang tua. Gangguan yang menyerang tulang ini memang membuat penderitanya tidak nyaman. Pada jaman dahulu orang tua hanya memakai daun pandan wangi untuk mengobati nyeri sendi dan tidak memakai obat kimia. Caranya adalah dengan membuat obat gosok dari daun pandan. Caranya sangat mudah yaitu, ambil beberapa lembar daun pandan. Setelah itu potong menjadi beberapa bagian dan campurkan dengan minyak hangat. Aroma daun pandan dan minyak akan sangat harum. Gunakan untuk obat gosok pada bagian yang sakit.

Daun Pandan untuk Obat Tidur

Tidak bisa tidur akan membuat badan menjadi lemah. Ada banyak alasan kenapa manusia sulit untuk tidur salah satunya karena merasa emosi atau ada pikiran yang menganggu. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa memakai daun pandan wangi. Ambil beberapa lembar daun pandan wangi yang segar kemudian rebus dengan air segar. Biarkan mendidih hingga menyisakan satu atau dua gelas saja. Minum saat masih hangat dan tidur Anda akan menjadi lebih nyenyak dengan ramuan daun pandan wangi.

 

Ilustrasi : 1.bp.blogspot.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply