Pilih Margarin, Mentega, Atau Alternatifnya?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Lebaran tinggal menghitung hari. Pada hari tersebut biasanya kita banyak menemukan beraneka makanan kering seperti kue. Di antara bahan yang kerap digunakan dalam pembuatan kue adalah margarin dan mentega. Apabila margarin berasal dari lemak nabati, maka mentega dibuat dari susu (lemak hewani). Keduanya merupakan bahan yang amat menunjang lezatnya sebuah kue.

Apakah anda hendak menghadirkan kue untuk menemani suasana idul fitri nanti? Bila iya, pertimbangkan kembali penggunaan margarin dan mentega pada adonan yang hendak dibuat. Perhatikan, apakah takaran yang ada sejalan dengan kesehatan diri dan keluarga? Pasalnya, sebagaimana kita ketahui, margarin dan mentega ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tentunya memerlukan batasan konsumsi. Lemak jenuh ini dapat memacu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Untuk lebih amannya, anda dapat menghindari mentega dan memilih menggunakan margarin saja. Karena memang kandungan lemak jenuh margarin yang lebih sedikit (dibanding mentega). Tapi, perhatikanlah ketika memilih margarin. Karena beberapa margarin dibuat dengan proses yang membuatnya memiliki kandungan lemak trans.

Hmm.. Pilihan yang membingungkan. Sebenarnya, apakah ada alternatif untuk kedua bahan tersebut? Ada. Untuk menghindari kandungan lemak di dalam kedua bahan di atas, anda dapat menggantinya dengan beberapa pilihan seperti,

  • Minyak Zaitun

Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun sebagai pengganti. Sebagaimana kita ketahui, minyak zaitun ini didominasi oleh lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Bagaimana takarannya? Gunakanlah 3/4 cup minyak zaitun sebagai pengganti 1 cup margarin/mentega cair. Selain minyak zaitun, anda dapat pula memanfaatkan minyak canola sebagai bahan penunjang kue.

  • Buah Alpukat

Ya, buah alpukat merupakan buah yang mengandung lemak. Dan sebagaimana kita ketahui, lemak dalam alpukat ini adalah lemak yang baik untuk tubuh, sehingga aman. Anda dapat menggunakannya pada adonan kue dengan cara menghaluskan daging buahnya.

  • Saus Apel

Seperti apa yaa.. Sebenarnya ada namanya. Tapi, untuk memudahkan maka sebut saja ia saus apel. Anda dapat menyiapkannya sendiri. Cukup rebus apel manis (bukan yang masam seperti apel hijau) hingga matang dan lumatkan/haluskan apel tersebut.

Itulah di antara alternatif pengganti margarin dan mentega dalam adonan kue. Anda dapat mencobanya untuk menu kue lebaran nanti. Pertimbangkan dengan baik bahan yang akan kita gunakan. Jangan sampai kesalahan kecil dalam pemilihan bahan ini justru mendatangkan permasalahan kesehatan yang lebih berat dari timbangan bahan adonan.

Mm.. Mungkin anda menemukan alternatif lain lagi? Silahkan berbagi..

 

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply