Beda Amino dengan Whey Protein

Beda Amino dengan Whey Protein?

Susu Bubuk Whey Protein

Susu Bubuk Whey Protein

Berikut ini sedikit penjelasan tentang beda amino dengan whey protein.

Whey protein

Diproduksi dari susu sapi, yg memiliki karakteristik kelengkapan asam amino yang paling lengkap, sangat mudah dicerna dan diserap tubuh, dan memang diprioritaskan utk diminum sesudah latihan atau segera sesudah bangun tidur di pagi hari. Whey protein sebenarnya sangat cepat diserap tubuh, bahkan jenisnya yang lebih mahal, yaitu Whey Protein Isolate, diserap tubuh kurang dari 15 menit, sedangkan Whey Protein Concentrate (standar quality) diserap tubuh kurang dari 30 menit. Jika diminum di jam-jam lain selain sesudah latihan atau bangun tidur, tidak masalah, tapi kecenderungannya asupan protein yang begitu besar dan cepat ke dalam darah, akan dipergunakan tubuh untuk energi bukannya dipakai untuk pembentukan otot.

Sekedar mengkoreksi, whey protein tidak membutuhkan waktu sampai 1 jam utk dicerna dan diserap tubuh.

Amino

Semua protein, apapun itu bentuknya (whey protein, tahu, tempe, telor, daging sapi, ayam, ikan, dll) akan dipecah/dicerna menjadi bentuk yang lebih kecil agar dapat diserap usus, salah satu pecahan yang lebih kecil itu disebut asam amino, jadi suplemen amino sendiri sebenarnya adalah protein yang sudah dicerna diluar tubuh sehingga saat dikonsumsi tidak memerlukan pencernaan lagi, melainkan langsung diserap di usus.

Singkatnya, asam amino adalah unit dasar penyusun struktur protein dan protein tersusun atas asam-asam amino yang saling berikatan. Dan ada 20 macam asam amino, yang masing-masing ditentukan oleh jenis gugus R atau rantai samping dari asam amino. Jika gugus R berbeda maka jenis asam amino berbeda.

Sama seperti Whey Protein fungsinya, namun karena tidak memerlukan waktu penyerapan lagi, atlet, praktisi binaraga, menggunakannya untuk merubah suasana tubuh dari catabolic (stress dan latihan keras akan memicu penggunaan sel otot dipecah oleh tubuh untuk dijadikan sumber energi, kanibal, tubuh menggunakan sel otot menjadi energi atau mudahnya kita sebut mode penguraian otot) menjadi anabolic (suasana tubuh yang terangsang untuk menciptakan sel-sel otot baru dari sumber-sumber gizi yang diserap tubuh yaitu asam amino baru atau mudahnya kita sebut mode pembentukan otot).

Lebih Lanjut Tentang Perbedaan Amino dengan Whey Protein

Whey protein dan amino fungsinya sama seperti protein biasa yang kita makan sehari-hari, hanya saja bentuknya adalah suplementasi (pelengkap), protein berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, menjadi bahan baku untuk membentuk sel-sel otot baru, mengatur hormon, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

You may also like...

2 Responses

  1. Ali says:

    aman kah kalau dikonsumsi terus2an misalnya ke ginjal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>