Bagaimana Membersihkan Gigi Kuning?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Seiring bertambahnya usia, gigi dapat mengalami perubahan warna. Bukan hanya itu, perubahan warna ini ternyata juga dapat dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti kebiasaan konsumsi kopi, teh, merokok, dll. Sedikit ataupun banyak, perubahan warna gigi dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Apabila perubahan warna gigi melanda, dan rasa percaya diri mulai memudar,apa yang harus dilakukan? Bagaimana mengatasi perubahan warna tersebut?Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan gigi yang menguning yang kami kutip dari situs dedaunan.com.

  • Menggosok gigi sesudah makan

Cara terbaik untuk memutihkan gigi Anda secara alami adalah cukup dengan cara menggosok gigi Anda setelah makan atau minum minuman yang berpotensi membuat noda kuning di gigi (kopi, teh, soft drink). Hal ini terdengar mudah, namun pada praktiknya membutuhkan ketekunan dan Anda mungkin sulit mengalokasikan waktu untuk itu, tergantung pada di mana Anda berada pada saat itu (misalnya di tempat kerja, sekolah, atau tempat makan yang tidak menyediakan toilet).

Cobalah untuk berhenti merokok dan menjauhi minuman berkafein atau bersoda. Jika Anda secara teratur minum minuman berkafein atau bersoda, cobalah minum dari sedotan dan berusahalah untuk perlahan-lahan mengurangi frekuensinya. Perbanyaklah minum air putih untuk membantu mengurangi efek negatif dari rokok, makanan yang bersifat asam, dan minuman berkafein atau bersoda tersebut. Jika Anda memang perokok atau peminum kopi, pertimbangkan untuk pergi ke dokter gigi tiap 3 bulan sekali untuk melakukan scaling atau membersihkan karang gigi.

  • Hidrogen peroksida

Penggunaan hidrogen peroksida termasuk dalam salah satu cara membersihkan gigi kuning. Hidrogen peroksida terdapat dalam produk pasta gigi. Pasta gigi pemutih dengan kandungan hidrogen peroksida bisa Anda dapatkan di supermarket maupun apotik terdekat. Sesuai standar, biasanya pasta gigi pemutih mengandung hidrogen peroksida minimal 3.5%.

Dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih yang mengandung hidrogen peroksida secara teratur (setidaknya dua kali sehari), gigi Anda akan terlihat lebih putih dalam waktu 2-6 minggu. Namun pasta gigi pemutih dengan kandungan hidrogen peroksida hanya efektif untuk menghilangkan noda kuning akibat minuman atau rokok.

Anda dapat juga membuat obat kumur sendiri dari hidrogen peroksida. Gunakan hidrogen peroksida mulai dari konsentrasi terendah yang dapat dibeli di apotik, biasanya 2-3.5%. Konsentrasi tinggi dapat membahayakan gigi dan mulut Anda. Campur 1 gelas hidrogen peroksida dengan 1 gelas air suling. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30-60 detik, sebanyak 1 kali dalam sehari. Apabila selesai berkumur, ludahkan larutan tersebut. Ludahkan pula apabila di tengah-tengah berkumur Anda merasakan sakit pada mulut. Setelahnya, bersihkan mulut dengan air.

Anda juga dapat mencampur hidrogen peroksida dengan soda kue. Gunakan hidrogen peroksida dengan konsentrasi terendah (2-3.5%), campur dengan 1 sendok teh soda kue sampai terbentuk pasta. Kekentalan pasta campuran ini harus sedikit lebih cair daripada pasta gigi yang biasa Anda gunakan. Gosokkan campuran tersebut ke permukaan gigi dengan gerakan melingkar selama dua menit. Setelah itu, bersihkan gigi dengan cara berkumur menggunakan air bersih seperti biasa.

Yang harus diingat ketika menggunakan hidrogen peroksida sebagai cara membersihkan gigi kuning adalah selalu gunakan konsentrasi hidrogen peroksida yang paling rendah untuk melindungi gusi dan ruang dalam mulut. Jika memungkinkan, berkonsultasilah dengan dokter gigi Anda sebelum mencoba menggunakan hidrogen peroksida di rumah. Dalam menggunakan hidrogen peroksida, jangan sampai hidrogen peroksida tertelan.

  • Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO)

VCO dapat dengan mudah Anda dapatkan di supermarket. Penggunaan VCO sebagai salah satu cara membersihkan gigi kuning sangat mudah. Cukup gunakan satu sendok makan VCO dan diamkan di mulut Anda selama beberapa menit, atau berikan beberapa tetes VCO pada sikat gigi Anda dan gunakan untuk menggosok gigi.

Cara lain adalah dengan mencelupkan ujung kain bersih ke dalam VCO lalu gosokkan kain tersebut pada permukaan gigi Anda. Sebagian orang yang mempraktikkan cara ini merasakan gigi mereka menjadi lebih putih. VCO juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut karena mengandung antimikroba sehingga dapat sekaligus melindungi dan membersihkan gusi Anda.

  • Cuka apel

Cuka apel bekerja sebagai antibiotik alami yang membersihkan gigi dan gusi, yang dapat secara efektif menghilangkan noda kekuningan pada permukaan gigi Anda. Cuka apel mengandung asam asetat, kalium, magnesium, probiotik, dan enzim yang dapat membunuh bakteri jahat dan pada waktu yang sama dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik.

Karena sifatnya yang asam, cuka apel membantu mengangkat plak yang menempel pada permukaan gigi. Seperti halnya pasta gigi pemutih yang mengandung hidrogen peroksia, cuka apel hanya efektif menghilangkan warna kuning akibat kopi dan rokok.

Kunci dari penggunaan cuka apel sebagai salah satu cara membersihkan gigi kuning adalah konsisten, gunakan selama setidaknya setiap hari berturut-turut selama satu bulan. Namun berhati-hatilah, seperti halnya zat asam lainnya, cuka apel dapat mengikis lapisan enamel gigi Anda apabila Anda menggosokkannya pada gigi terlalu kuat atau apabila Anda menggunakannya terlalu sering.

Gigi kita memang adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh orang lain, karena gigi yang sehat adalah cerminan gaya hidup yang sehat pula. Gigi yang putih tidak selalu berarti gigi tersebut sehat, karena memutihkan gigi saja tidak akan melindungi gigi dan gusi dari masalah kesehatan seperti gigi berlubang atau radang gusi. Oleh sebab itu, sembari mempraktikkan cara membersihkan gigi kuning seperti yang telah diuraikan, sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi, membersihkan sisa makanan dengan benang gigi, serta menggunakan  mouthwash.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply