Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-pecah?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Bibir merupakan bagian yang amat unik. Lapisannya memiliki karakter khusus apabila dibandingkan dengan kulit tubuh lain. Sebagaimana kulit pula, bibir dapat mengalami gangguan. Misalnya saja kekeringan, hingga bibir pecah-pecah. Hal ini dapat terjadi akibat kurangnya cairan tubuh, atau beragam faktor eksternal seperti polusi dan paparan cahaya matahari.

Walau tidak terlalu serius, bukan berarti hal ini dapat dibiarkan begitu saja. Terlebih apabila terjadi dalam waktu yang cukup panjang.

Bagaimana mengatasinya? Pertama, pastikan apabila anda tidak mengalami dehidrasi. Sedikit atau banyak, kekurangan cairan akan dapat mempengaruhi kesehatan bibir. Kekurangan cairan dapat menyebabkan bibir menjadi kering.

Ketika kekeringan melanda, hindari membasahi bibir dengan cara menjilatnya menggunakan lidah. Kabarnya, penguapan air liur yang terjadi justru akan semakin membuat bibir menjadi kering. Hindari pula penggunaan lipstik yang dapat semakin menambah kadar kekeringan.

Dalam keadaan yang cukup kritis, keringnya bibir dapat memicu pengelupasan lapisan. Hindari mengelupas lapisan yang terkelupas tersebut. Alih-alih memperbaiki kesehatan, mengelupasnya secara manual justru dapat memicu perdarahan pada bibir.

Untuk mengembalikan kelembaban bibir, sebenarnya anda dapat memanfaatkan lip balm. Namun, pastikan dengan baik keamanan kandungan lip balm tersebut. Karena beberapa bahan pada produk lip balm justru dapat semakin mengiritasi bibir.

Selain lip balm, anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mengembalikan kelembaban bibir. Misal,

  • Minyak Zaitun, Minyak Almond

Kabarnya, kandungan antioksidan dan vitamin di dalam minyak zaitun dapat membantu mengatasi permasalahan bibir dan kulit kering. Caranya cukup sederhana. Oleskan sedikit minyak zaitun pada bibir. Lakukan scrub selama beberapa menit, diamkan sejenak. Kemudian basuh menggunakan air hangat. Lakukan ini sebagai langkah perawatan bibir. Selain minyak zaitun, anda dapat pula memanfaatkan minyak almond untuk mengatasi bibir kering.

  • Madu

Madu juga dipercaya sebagai salah satu bahan yang baik untuk kesehatan kulit dan bibir. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai masker dalam perawatan wajah. Untuk mengatasi bibir kering, caranya kurang lebih sama dengan pemanfaatan minyak zaitun. Anda dapat pula menambahkan perasan jeruk nipis untuk memberikan nutrisi vitamin C pada bibir. Untuk membantu pengelupasan lapisan yang mengering, tambahkan sedikit gula pasir pada campuran madu dan perasan jeruk nipis. Lakukan pemijatan secara perlahan, diamkan sejenak, dan basuh dengan air hangat.

  • Strawberry

Hakikatnya vitamin C memang cukup baik untuk kesehatan kulit. Karenanya anda dapat memanfaatkan buah strawberry dalam penanganan kekeringan bibir ini. Cukup iris satu buah strawberry, dan gunakan bagian dalam buah untuk melumasi bibir.

  • Pisang

Pisang dipercaya dapat melembutkan kulit. Anda dapat mencobanya sebagai masker wajah, dan rasakan sensasi yang berbeda. Untuk mengatasi bibir yang kering, cukup oleskan irisan pisang pada bagian bibir.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Apabila berbagai langkah tak juga menunjukkan hasil yang baik, ada baiknya konsultasikan permasalahan tersebut pada ahli kesehatan. Karena beberapa penyakit memiliki gejala gangguan seperti bibir kering.

*Terinspirasi dari berbagai sumber

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply