Manfaat Bunga Jengger Ayam untuk Kesehatan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Jengger ayam. Apa yang ada dalam bayangan anda begitu mendengar dua kata tersebut? Sesuatu berwarna merah di kepala ayam? Hmm.. Tidak salah juga. Tapi, tahukah anda? Ternyata ada pula dari kalangan tumbuhan yang memiliki nama tersebut, “Jengger Ayam”. Cukup unik yaa..

Mengapa dinamakan demikian? Entahlah. Tapi, apabila anda memperhatikan bunga tanaman tersebut, maka anda akan mendapati bunga yang menyusun bentuk menyerupai jengger ayam. Mungkin karena itu lah ia disebut sebagai jengger ayam.

puriegarden.com

Tanaman jengger ayam merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai penghias. Bunganya yang mempesona dengan ketinggian tanaman yang pas untuk dijadikan pagar membuatnya kian elok bertandang di halaman.

Sebelumnya, jengger ayam merupakan tanaman liar. Namun, seiring waktu berjalan, masyarakat mulai membudidayakannya. Tidak heran, pesonanya amatlah memukau. Khasiat untuk kesehatan? Nah, tanaman jengger ayam ini ternyata juga menyimpan manfaat untuk pengobatan. Misalnya saja bunganya. Anda dapat memanfaatkannya untuk beragam permasalahan kesehatan. Sebagaimana dikabarkan dalam khasiat.co.id, berikut beberapa manfaat bunga jengger ayam.

1. Mengobati batuk dan muntah darah

Khasiat bunga jengger ayam yang pertama bisa membantu anda dalam menjaga sistem pertahanan saluran napas. Batuk disertai dengan darah yang keluar saat muntah adalah gejala terjadinya pendarahan pada lambung, kerongkongan, atau usus duabelas jari. Anda dapat menggunakan bunga ini dengan cara ditumbuk, lalu merebusnya. Minum 2 kali sehari.

2. Mengatasi wasir atau ambeien

Selain itu bunga jengger ayam juga berkhasiat untuk mengatasi pembengkakan berisi pembuluh darah yang membesar atau sering disebut wasir. Kandungan bunga ini berfungsi untuk menghilangkan pembekakan pada pantat. Anda dapat mengobatinya dengan merebus bunga ini dengan 3 gelas air, saring airnya lalu minum pagi hari sebelum makan.

3. Menghentikan mimisan

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi dari hidung. Mimisan dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya mungkin anda terlalu kencang ketika membuang ingus. Pengobatan alami dapat dilakukan dengan khasiat bunga jengger ayam. Dengan menumbuk bunga ini lalu merebusnya sampai mendidih. Anda dapat mengkonsumsinya dalam waktu 2 kali sehari.

4. Menghilangkan keputihan

Manfaat selanjutnya dari bunga ini adalah membantu anda menghilangkan lendir dalam daerah kewanitaan. Keputihan biasa terjadi pada wanita yang terlalu capek, ataupun stress. Dengan cara yang alami maka anda dapat mengobati penyakit ini, cukup dengan mengkonsumsi bunga ini dengan merebusnya lalu minum pada saat sore hari.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Proses ini membantu metabolisme tubuh. Jika sistem pencernaan anda tidak lancar maka akan mudah terserang penyakit. Bunga ini memberikan manfaat jika anda mengkonsumsinya. Hal itu akan membantu anda menghindari gangguan sistem pencernaan termasuk diare dan sembelit.

6. Meningkatkan kinerja organ tubuh

Jika kondisi anda mudah lemah saat digunakan untuk berlari maka, anda dapat memanfaatkan bunga jengger ayam ini. Kandungan dalam bunga ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan stamina dalam tubuh dan juga meningkatkan kinerja organ tubuh sehingga tubuh anda tidak akan mudah merasa lelah.

7. Mengatasi disentri

Penyebab penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kuman dan parasit. Sehingga kuman itu menyerang dinding usus besar dan akan mengakibatkan penderita merasa muntah, dan diare. Bunga ini dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Selain itu kandungan yang ada dalam bunga ini bisa mengatasi penyakit disentri.

8. Mengobati kencing darah dan nana

Hematuria adalah istilah medis yang menandakan adanya darah di dalam urine. Baik darah ataupun nana yang terdapat pada air kencing sangatlah berbahaya bagi kesehatan anda karena hal ini sewaktu-waktu bisa mengancam nyawa anda. Cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dengan merebus bunga ini lalu tambahkan sedikit gula batu. Minum 3 kali sehari.

9. Mencegah dan menyembuhkan infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja. Penyakit ini merupakan kondisi ketika organ yang dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Untuk mencegah penyakit tersebut siapkan bunga jengger ayam dengan 3 gelas air, rebus sampai mendidih lalu saring dan minum. Lakukan cara ini sehari 3 kali.

10. Menjernihkan mata

Bunga jengger ayam juga dapat menjernihkan pandangan. Selain itu kandungan bunga ini juga berkhasiat untuk mengobati mata yang terkena iritasi. Dengan menghaluskan bunga ini, kemudian rebus air 500ml sampai mendidih. Tambahkan sedikit madu, lalu anda bisa mengkonsumsi ramuan bunga ini.

 

Ilustrasi : allseasonsgardencenters.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply