5 Manfaat Oat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Oatmeal. Bahan ini cukup dikenal sebagai salah satu alternatif pengganti nasi. Walau rasanya teramat hambar, oatmeal ternyata amat bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan mengenai manfaat oat untuk kesehatan yang kami kutip dari vegansehat.blogspot.co.id.

  1. Kandungan serat larut air pada Oat sangat tinggi (beta-glucan). Serat yang larut air akan lebih menguntungkan bagi tubuh karena lebih mudah dicerna dibanding serat tidak larut air. Hal ini akan memperingan kerja pencernaan tubuh dan menghindarkan dari penyakit gangguan pencernaan.
  1. Serat larut air akan menarik air di dalam tubuh dan membentuk gel sehingga membuat cepat kenyang dan memperlambat pengosongan lambung. Penelitian Diabetes Research and Clinical Practice menemukan penambahanserat makanan Oat pada produk pengganti makan khusus penderita diabetes dapat membantu meningkatkan rasa kenyang hingga 27,1%. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah konsumsi makanan selanjutnya dan mengurangi rasa lapar yang timbul 2 dua jam sesudah makan.
  1. Oat menurunkan kadar kholesterol darah dalam tubuh yaitu menurunkan kadar kholesterol jahat (LDL) dalam tubuh kita. Penelitian yang dilakukan oleh Jiang He dkk yang dipublikasikan pada American Journal Clinical Nutrition meneliti konsumsi oat pada masyarakat etnik Yi di Pegunungan China mendapatkan bahwa konsumsi oat sebanyak 100 gram/hari akan menurunkan LDL sebanyak -0.13 mmol/L. Kadar kholesterol yang terkontrol akan melindungi dari kemungkinan risiko terkena penyakit jantung koroner.
  2. Tekanan darah yang tinggi juga akan dapat dikurangi dengan mengkonsumsi Oat. Penelitian yang dilakukan oleh Lairon dkk yang meneliti konsumsi oat pada masyarakat Prancis menemukan penurunan tekanan darah setelah mengkonsumsi oat untuk laki-laki : 8.1± 3.6 gram/hr danwanita: 5.9 ± 2.5 gram/hr.
  1. Manfaat lain dari Oat adalah fungsinya untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian yang tercantum pada New England Journal of Medicine yang dilakukan oleh para ahli dari  University of Texas Southwestern Medical Center  menyatakan bahwa serat makanan dalam Oat dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Sehingga tidak terjadi peningkatan dan penurunan kadar gula darah secara drastis sebelum dan sesudah makan.

 

Ilustrasi : img.freepik.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply