Khasiat Kiwi Menurunkan Tekanan Darah


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kiwi. Buah ini memiliki kulit berwarna coklat kekuningan dan berbulu halus. Daging buahnya berwarna hijau, ada pula yang berwarna kuning. Di dalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam yang juga dapat dikonsumsi. Selain memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah kiwi juga mengandung vitamin A. Kandungan tersebut menjadikan buah kiwi dipercaya baik untuk mencegah gangguan mata pada janin.

Selain itu, buah kiwi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penurun darah tinggi. Pada laman wikipedia disebutkan, bahwa kiwi memiliki mengandung ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat kiwi sebagai penurun darah tinggi ini juga terlihat dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa konsumsi kiwi tiga kali sehari cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dilakukan terhadap 118 orang berusia 55 tahun dengan hipertensi sedang. Responden dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari. Sedangkan lainnya mengonsumsi makanan yang mengandung apel sebanyak satu kali sehari. Setelah delapan pekan, ditemukan nilai tekanan darah sebelah atas (sistolik) lebih rendah 3,6 milimeter pada kelompok pertama apabila dibandingkan dengan  responden yang mengonsumsi makanan mengandung apel. Namun, pada penelitian tersebut belum ditemukan apa penyebab penurunan tekanan darah tersebut.

 

Referensi data penelitian : wikipedia

Ilustrasi : upload.wikimedia.org


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply