Manfaat Bawang Hitam


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kalau bukan merah yaa putih. Biasanya seperti itu lah pilihan jenis bawang sesuai warnanya. Eh, masih ada satu jenis lagi. Apa itu? Bawang hitam. Dari namanya, dapat dibayangkan apabila bawang ini memiliki warna hitam. Memang ada? Ada. Tapi.. Hitamnya bawang ini tidak berasal langsung dari tanaman. Bawang hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih dengan suhu tertentu, dalam waktu tertentu pula, tanpa tambahan zat tertentu yaa.

Selama masa fermentasi/penyimpanan tersebut, bawang putih mengalami reaksi kimia. Selama waktu itu, terjadilah perubahan kandungan, warna, rasa dan juga teksturnyabawang. Dari yang tadinya putih, menjadi hitam. Teksturnya pun kian melunak, lembut, dan kenyal. Adapun rasanya menjadi sedikit manis.

Bawang hitam ini cukup mulai dikenal dalam pengobatan herbal. Apa saja khasiatnya? Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat bawang hitam yang kami kutip dari situs eatwithyourbrain.weebly.com.

  • Sebagai Anti Tumor
Menurut peneliti dari Jepang, dan Cina di dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al., 2010, bawang hitam berpotensi sebagai anti tumor. Dari hewan uji berupa tikus yang sengaja dibuat terkena tumor, setengahnya berhasil sembuh dari penyakitnya karena diberi asupan ekstrak bawang hitam.
  • Cegah Penuaan Dini dan Kanker

Penelitian lainnya dilakukan oleh Kim, et al, 2012, yang membuktikan bahwa proses fermentasi untuk menghasilkan bawang hitam terbukti meningkatkan kadar polifenol, dan flavonoid di dalam bawang hitam. Kadar polifenol meningkat sekitar 23%, sedangkan kadar flavonoid akan meningkat sebesar 37% pada bawang hitam.

Polifenol dan Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker, dan penuaan dini. Adanya antioksidan akan menangkap radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Dengan meningkatnya kadar antioksidan alami (polifenol, dan flavonoid) di dalam bawang hitam, dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, dan juga penuaan dini.

Di dalam penelitian yang sama disebutkan bahwa ekstrak bawang hitam terbukti dapat melindungi kulit dari UV B. UV B dapat merusak lapisan kulit bagian luar (kulit ari), sehinga membuat seperti efek terbakar.

 

Ilustrasi : b-aswad.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply