Khasiat Pare untuk Mengatasi Diabetes


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Pare. Anda tentu mengenal sayuran ini. Ya, ia adalah sayuran yang amat terkenal dengan kepahitannya. Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk menghindar, karena memang rasanya yang sedemikian.

Tahukah anda? Pahitnya pare ini ternyata dapat menjadi salah satu pengobatan diabetes. Apabila manisnya gula dapat terhapuskan oleh segenggam pahit, maka tingginya kadar gula dapat teratasi dengan pahitnya pare. Dijelaskan dalam Mediskus.com,

Dalam buah pare mengandung setidaknya tiga zat aktif dengan sifat anti-diabetes, yaitu charantin, vicine dan senyawa seperti insulin yang dikenal sebagai polipeptida-p, telah terbukti memiliki efek menurunkan gula darah baik secara tunggal ataupun bersama-sama sehingga dapat membantu mengobati kencing manis.

Pare juga diketahui mengandung lektin yang mengurangi konsentrasi glukosa darah dengan bertindak pada jaringan perifer dan menekan nafsu makan. Lektin ini diduga menjadi faktor utama di balik efek hipoglikemik yang ditimbulkan setelah makan pare.

Sejumlah studi klinis telah dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas pare dalam pengobatan diabetes, antara lain:

Pada bulan Januari 2011, hasil uji klinis empat minggu yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menunjukkan bahwa 2.000 mg dosis harian pare secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada pasien dengan diabetes melitus tipe 2, meskipun efek hipoglikemik masih kurang jika dibandingkan dengan 1.000 mg / hari dosis metformin.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan hubungan antara asupan pare dan meningkatkan kontrol glikemik, sementara laporan yang diterbitkan dalam edisi Maret 2008 Chemistry and Biology menemukan bahwa pare meningkatkan ambilan glukosa oleh jaringan dan meningkatkan toleransi glukosa. [selesai kutipan]

Dari ulasan di atas, jelaslah bagaimana baiknya manfaat pare dalam menurunkan gula darah. Namun, meskipun demikian, bukan berarti berlebih-lebihan pula dalam mengonsumsinya. Pada akhir artikel yang kami rujuk, penulis mengingatkan untuk tidak mengonsumsi pare lebih dari 2 ons pare (atau 2 buah pare). Konsumsi berlebihan justru akan menimbulkan gangguan perut ringan atau diare.

Apakah anda tertarik untuk mengatasi kadar gula darah menggunakan pare? Apabila iya, maka berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk memastikan keamanannya apabila dikonsumsi bersama dengan obat diabetes dan menghindari resiko hipoglikemia (gula darah sangat rendah).

 

Ilustrasi : pertanianku.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply