Cara Mengatasi Diare Secara Alami


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Diare. Sakit ini biasanya diderita seseorang akibat adanya infeksi virus atau bakteri. Biasanya penyakit ini banyak ditemukan pada lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Sebagaimana kita ketahui, lingkungan yang kotor merupakan sarang tumbuhnya beragam mikroorganisme berbahaya.

Diare dapat pula terjadi akibat konsumsi makanan yang telah terkontaminasi penyebab diare (bakteri, virus, dll) atau alergi makanan tertentu. Dan beragam penyebab lainnya. Melihat yang sedemikian ini, maka menjaga kebersihan dan mengenali alergi yang dimiliki adalah suatu langkah pencegahan yang amat penting untuk diterapkan.

Bagaimana mengatasi diare ini? Ada beragam cara untuk mengatasinya. Dan kali ini, kita akan membahas beberapa pengobatan alami terkait diare. Bisa kah diare ini diselesaikan dengan cara tradisional dan alami? Bisa, in syaa Allah. Berikut beberapa ulasan mengenai cara mengatasi diare secara alami, sebagaimana dikabarkan dalam sehatafiat.com.

Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jahe dapat digunakan sebagai obat yang bisa menetralisir keracunan makanan dan dapat membantu meringankan kram dan nyeri pada perut.

Sedangkan untuk penyembuhan pada diare, anda dapat menggunakan jahe dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut ini:

  • Sediakanlah satu potong jahe bersi, dan kemudian di parut. Tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis. Kemudian bisa langsung diminum. Tetapi hindarilah meminum air setelah meminumnya.
  • Bisa juga dengan metode lain, yaitu dengan meminum wedang jahe. Caranya dengan menyiapkan jahe dengan ukuran sedang, kemudian rebuslah dengan air hingga mendidih. Saringlah jahe, hingga tersisa airnya saja, kemudian campur dengan madu. Kemudian minumlah wedang jahe yang masih hangat.

Pisang

Ketika ada pasien yang menderita diare, terkadang dokter akan menganjurkan pasien tersebut untuk memakan pisang yang sudah matang. hal tersebut bukan tanpa alasan.

Di dalam pisang terdapat pektin yang tinggi, di mana pektin adalah serat yang dapat larut dalam air, sehingga dapat membantu memadatkan feses dan mengurangi diare.

Di samping itu, di pisang juga kaya akan kalium, yaitu elektrolit yang memdukung sejumlah fungsi penting di dalam tubuh, termasuk di dalam sistem pencernaan.

Minyak Habatussauda

Jintan Hitam atau Habbatussauda adalah obat yang terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan habbatussauda ini disebut di dalam salah satu hadits Rasulallah Muhammad SAW. karena khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Cara meminumnya adalah sebagai berikut:

  • Campurkanlah satu sendok teh dari minyak Habbatussauda ke dalam secangkir yoghurt
  • Makanlah kedua campuran ini dua kali sehari. Insya Allah gejala diare akan segera menghilang

Nasi Putih

Siapa sangka bahwa nasi putih akan masuk ke dalam salah satu bahan alami yang dapat meredakan diare. Hal ini benar adanya. Nasi putih adalah salah satu jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Alhasil, kadar air yang kecil dibanding dengan unsur padatnya dapat membantu mengeraskan tinja dan meredakan diare.

Sup Wortel

Sup Wortel adalah salah satu jenis makanan sehat yang diyakini memiliki efek antidyspeptic, sehingga makanan jenis ini sangat baik untuk pemulihan anak-anak yang tengah terserang diare. Sup wortel mengandung nutrisi yang telah hilang ketika diare.

Berikut ini cara agar diare dapat diatasi menggunakan sup wortel:

  • Siapkanlah wortel sebnayak 500 gram, kemudian dicuci dan dikupas. Potong-potong wortel sesuai selera.
  • Masukanlah wortel ke dalam air 1,5 liter kemudian di rebus selama 15 menit
  • Tambahkanlah sedikit garam untuk menambahkan citarasa agar lebih bersahabat dengan lidah
  • Makanlah sup wortel tersebut setiap harinya ketika masih hangat, dalam jangka waktu beberapa hari ketika anda sedang menderita diare.

Air Putih

Definisi air putih di sini adalah air yang sudah biasa kita minum di setiap hari. Hal ini diperlukan karena ketika diare menyerang, maka cairan pada tubuh seseorang akan terus menurun, sehingga badan-pun akan terasa lebih lemas.

Oleh karena itu, minumlah air putih secara cukup, agar cairan tubuh yang terbuang dapat segera digantikan dengan air putih yang telah diminum. Anda juga bisa mengkombinasikan minuman air putih ini dengan airkelapa, sup sayuran, kaldu, oralit, jus apel apabila tersedia untuk mengganti elektrolit yang hilang.

Hindarilah meminum minuman yang berkafein dan beralkohol. Hindari pula minuman asam seperti jus tomat, jus jeruk, dan kuah masakan yang terasa pedas, atau jenis makanan pedas yang lainnya.

 


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply