Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Cengkeh, merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan dalam bumbu masakan. Walaupun saat ini tidak sedikit pula yang mulai memanfaatkannya sebagai pelengkap kue. Rasanya cenderung sedikit pedas dan mengejutkan. Tapi, dibalik rasanya yang sedemikian, ternyata cengkeh ini amat bermanfaat untuk kesehatan. Di antara yang cukup mashyur adalah khasiatnya untuk mengatasi sakit gigi. Apakah manfaat lain dari cengkeh ini? Berikut ini ulasan mengenai manfaat cengkeh, sebagaimana dijelaskan dalam Amazine.co.

1. Khasiat Analgesik

Properti analgesik cengkeh berasal dari bahan aktif minyak eugenol yang digunakan untuk pengobatan berbagai masalah gigi seperti sakit gigi.

Bola kapas yang direndam dalam minyak cengkeh dapat bekerja efektif meredakan sakit gigi.

Minyak yang diperoleh dari cengkeh dikenal memiliki sifat antibakteri dan digunakan dalam berbagai krim gigi, pasta gigi, obat kumur, dan semprotan tenggorokan untuk membunuh bakteri.

Cengkeh juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sakit gusi dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

2. Efek Anti-inflamasi

Cengkeh juga digunakan sebagai agen anti-inflamasi karena kandungan flavonoid yang dimilikinya.

Aromaterapis menggunakan minyak cengkeh murni untuk mengobati gejala rematik dan arthritis.

Ketika dihirup, minyak cengkeh aromatik dapat membantu meredakan berbagai masalah pernapasan seperti batuk, asma, bronchitis, sinusitis, serta membersihkan saluran hidung.

3. Efek Antiseptik dan Antispasmodik

Karena karakteristik antiseptik, cengkeh dan minyak cengkeh efektif digunakan untuk membantu berbagai masalah seperti luka, infeksi jamur, luka bakar, kutu air dan memar.

Sebagai agen antispasmodik, minyak cengkeh membantu meringankan kejang otot ketika dioleskan di dekat bagian yang terkena.

Harus diingat bahwa jika dioleskan langsung ke kulit, minyak cengkeh dapat menyebabkan iritasi. Itu sebab, minyak ini harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Kesehatan Pencernaan

Cengkeh efektif mengobati berbagai masalah pencernaan. Cengkeh dikenal memiliki kualitas obat untuk menyembuhkan perut kembung, mual, dan gangguan pencernaan lain.

Cengkeh berguna pula untuk mengurangi gejala diare, iritabilitas lambung, dan muntah.

5. Kanker

Para peneliti menemukan bahwa cengkeh dapat mencegah kanker paru-paru serta kanker kulit.

Eugenol, komponen penting yang ditemukan dalam cengkeh, membantu mengurangi efek berbahaya limbah lingkungan yang bisa menyebabkan kanker sistem pencernaan.

6. Sistem Kekebalan

Cengkeh dan minyak cengkeh mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memurnikan darah dan membantu melawan berbagai penyakit.

7. Manfaat Kesehatan Lain

Di negara-negara tropis Asia, cengkeh digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan seperti malaria, kolera, dan kudis.

Cengkeh dikenal menguntungkan pasien diabetes karena kemampuannya mengontrol kadar glukosa darah.

Komponen esensial cengkeh (Eugenol) juga ampuh untuk mencegah pembekuan darah.

Minyak cengkeh yang dicampur dengan susu dan garam bisa digunakan sebagai obat sakit kepala.

Cengkeh lazim digunakan untuk meredakan sakit telinga. Campur minyak cengkeh dan minyak wijen yang dihangatkan untuk meredakan sakit telinga.[]

 

Ilustrasi : ano.web.id


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply