Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kapulaga dikenal sebagai salah satu bumbu masakan. Biasanya, kapulaga ini dimanfaatkan dalam pembuatan gulai atau kari. Selain harumnya yang khas, ternyata kapulaga menyimpan pula beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut ulasan mengenai manfaat kapulaga untuk kesehatan, sebagaimana dikabarkan dalam situs deherba.com.

Pencernaan—Kapulaga masih ada hubungannya dengan jahe dan bisa berfungsi seperti jahe untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam kapulaga dibuktikan mampu meredakan sakit perut dan menjadikan kapulaga solusi ideal untuk meringankan beragam masalah pencernaan, seperti sembelit atau disentri. Aroma kapulaga juga bisa meningkatkan nafsu makan dan membantu meringankan mulas. Untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi biji kapulaga langsung atau mencampurkannya dalam masakan, bisa juga dijadikan teh.

Detoksifikasi racun—Rempah kapulaga membantu tubuh dalam menetralisir serta membuang limbah racun keluar tubuh melalui ginjal.

Bau mulut—Di India, banyak yang terbiasa menguyah kapulaga sehabis makan atau kapanpun mereka merasa butuh menyegarkan bau nafas. Memang, kapulaga merupakan salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi halitosis (bau mulut). Bahkan kapulaga sudah diolah menjadi permen karet yang sanggup untuk menghilangkan bau mulut yang paling tidak enak sekalipun.

Diuretik—Salah satu alasan kenapa kapulaga adalah penetralisir racun yang efektif ialah berkat kemampuan diuretiknya. Khasiat kapulaga ini membantu membersihkan saluran pencernaan, kandung kemih, dan ginjal dengan membuang limbah tubuh, garam, kelebihan air, racun, serta memberantas infeksi.

Depresi—Minyak kapulaga bisa ditambahkan ke dalam air untuk mandi berendam sebagai dalam bentuk aromaterapi. Aromaterapi kapulaga bisa membantu Anda melawan depresiatau sekadar mengurangi stres. Bubuk biji kapulaga juga bisa dijadikan teh untuk mendapatkan manfaat yang serupa.

Kanker–Kapulaga mengandung IC3 (indole-3-carbinol) dan DIM (diindolylmethane). Kedua fitokimia ini dikenal luas sebagai pelawan kanker, secara khusus membantu menangkal kanker yang berkaitan dengan respon hormon—misalnya kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Kapulaga juga mengandung antioksidan yang limpah, menambahkan khasiat kapulaga untuk memberi perlindungan terhadap dampak penuaan dan stres, serta dampak radikal bebas yang bisa memicu kanker.

Itulah di antara manfaat kapulaga untuk kesehatan. Semoga bermanfaat..

 

Ilustrasi : deherba.com


 

Lihat pula :

 

Comments

You may also like...

Leave a Reply