Tips Menghadapi Musim Penghujan


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

blog.act.id

Akhir-akhir ini udara terasa cukup dingin. Kelembabannya seakan bertambah. Gerimis pun mulai membasahi bumi. Sepertinya musim penghujan akan segera datang. Biasanya, cuaca yang sedemikian ini dapat membuat tubuh rentan akan beragam penyakit. Mengapa demikian? Hal ini di antaranya disebabkan rendahnya suhu lingkungan, dan kelembaban yang semakin bertambah. Sebagaimana kita ketahui, keadaan yang lembab akan memicu perkembangan beragam mikroorganisme seperti virus, jamur, dan bakteri.

Sebelum terlambat, persiapkanlah beberapa hal untuk menghadapi pergantian musim dan penghujan kelak. Bagaimana mempersiapkannya? Berikut ulasannya.

  • Atur asupan gizi

Ini adalah hal yang amat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Sedikit atau banyak, kurangnya asupan gizi akan dapat menurunkan pertahanan sistem imun. Dengan demikian, tubuh akan lebih rentan terserang beragam gangguan.

Cobalah menambahkan buah-buahan sumber vitamin C ke dalam menu harian. Mengapa vitamin C? Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Harapannya, dengan tercukupinya vitamin C, maka kekebalan tubuh akan meningkat.

  • Jaga suhu tubuh

Adalah suatu hal yang penting untuk mempertahankan suhu tubuh. Pastikan tubuh anda tidak terlalu kedinginan. Pilihlah pakaian tebal. Sedikit atau banyak, pakaian tebal akan membuat tubuh lebih hangat. Selain itu, pilihlah makanan berkuah dan minuman hangat. Hal ini akan membantu tubuh menghadapi dinginnya suhu lingkungan.

  • Penuhi kebutuhan cairan

Meski dinginnya udara membuat anda tidak begitu haus, anda tetap harus menjaga kebutuhan cairan tubuh. Bagaimanapun juga dehidrasi dapat menurunkan kesehatan anda. Padahal, selama musim dingin ini, penjagaan kesehatan amat perlu untuk diperhatikan.

  • Istirahat yang cukup

Tubuh yang lelah, sedikit atau banyak akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Maka mencukupi kebutuhan istirahat ini adalah suatu hal yang juga amat penting. Aturlah waktu tidur dengan baik. Jangan terlalu malam, dan jangan terlalu lama.

  • Jaga kebersihan lingkungan

Memasuki musim dingin ini, kelembaban lingkungan akan bertambah. Genangan air mungkin untuk tersedia di tempat-tempat yang dapat menampungnya. Padahal, keadaan yang sedemikian ini amat rentan dengan merebaknya pertumbuhan bakteri dan jamur. Karenanya, menjaga kebersihan lingkungan amat perlu untuk ditingkatkan pada musim dingin ini.

  • Sedia payung dan jas hujan

Hal ini menjadi sesuatu yang amat perlu diperhatikan. Terlebih untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi. Persiapan ini akan membuat anda semakin siaga tatkala hujan tiba-tiba melanda. Ingat, pada musim dingin ini, anda perlu untuk benar-benar menjaga kesehatan. Banyak fakta memperlihatkan bahwa dinginnya air hujan cukup efektif menurunkan kekebalan tubuh, sehingga mudah terserang flu dan pilek.

Itulah di antara tips mengadapi musim dingin/penghujan. Berbahagialah dengannya. Karena hujan adalah bagian dari rahmat. Lihatlah betapa banyak kekeringan mampu mematikan kehidupan suatu lingkungan. Maka adalah sesuatu yang wajib untuk kita bersyukur atas datangnya musim penghujan.

 

Ilustrasi : blog.act.id


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply