Mengenal Kalsium Lebih Dekat


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kalsium adalah nutrisi penting yang menunjang banyak fungsi tubuh untuk bekerja dengan normal sehingga setiap hari tubuh kita membutuhkan makanan yang mengandung kalsium, baik dari sumber hewani maupun nabati tentunya sebisa mungkin kita manfaatkan sumber makanan di sekitar kita yang sebenarnya tinggi kalsium.

Kalsium diperlukan tubuh untuk menunjang fungsi saraf, membantu kontraksi otot-otot dan untuk membantu pembekuan darah normal. Kalsium lebih dikenal karena perannya dalam membangun dan memelihara gigi dan tulang yang kuat. Manfaat kalsium lainnya juga untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Memastikan tubuh selalu terpenuhi kebutuhan kalsium nya akan membantu mempertahankan kekuatan tulang. Kalsium adalah mineral yang paling berlimpah di dalam tubuh, dan karena kalsium tidak bisa kita buat dalam tubuh, maka kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi sesuai kebutuhan.

Berapa banyak kalsium yang kita butuhkan?

Orang dewasa di atas usia 18 tahun membutuhkan sekitar 700 mg kalsium per hari. Di samping itu ada situasi lain di mana tubuh membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu:

  • Ibu menyusui (1250 mg).
  • Penyakit celiac (1000-1500 mg).
  • Pasca menopause (1200 mg).
  • Tulang keropos ( osteoporosis ) (1000 mg).

Terkadang seseorang ketahuan bahwa kalsium dalam tubuhnya rendah setelah melakukan pemeriksaan darah, sehingga dalam kondisi hipokalsemia (kadar kalsium yang rendah dalam darah), makaperlu asupan kalsium yang banyak sesuai berat ringannya. Penggunaan obat steroid dalam jangka panjang (selama tiga bulan atau lebih) juga menyebabkan banyaknya kalsium yang hilang (resiko osteoporosis) sehingga membutuhkan asupan makanan makanan tinggi kalsium.

Makanan Sumber Kalsium

Salah satu jenis sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup terkenal adalah susu dan produk susu. Namun, selain itu, kalsium juga banyak ditemukan dalam makanan lainnya, seperti ikan dengan tulang yang dapat dimakan, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan.

Beberapa produsen makanan juga memperkaya produk makanan dengan kalsium dengan menambahkannya ke makanan tertentu – misalnya, dalam susu kedelai, jus jeruk, sereal dan roti.

Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium (Susu)


Makanan                                            Ukuran porsi                   Kandungan Kalsium


Susu (semua jenis)                                     200 ml                                         240 mg


Susu kental manis                                         125 g                                         200 mg


Keju cheddar                                                   30 g                                          216 mg


Keju segitiga lembut                                       15 g                                         100 mg


Es krim                                     60 g (satu sendok)                                          78 mg


Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu

Selain susu, masih banyak sumber makanan tinggi kalsium lainnya, seperti pada tabel di bawah ini yang tentunya mudah didapat di Indonesia.


Makanan                            Ukuran (porsi)             Kandungan Kalsium


Ikan Sarden                        100 g (4 ekor)                                   410 mg


Ikan Salmon                                      100 g                                      28 mg


Kacang panggang                              220 g                                   100 mg


Susu Kedelai                                   200 ml                                    240 mg


Jus Jeruk                                         250 ml                                    300 mg


Tahu                                                   100 g                                    500 mg


Sayuran Keciwis                         1 cangkir                                     268 mg


Bayam                                                100 g                                     150 mg


Selada Air                                            50 g                                        75 mg


Brokoli                                                 50 g                                        30 mg


Okra                                                    50 g                                      130 mg


Sayuran Kale                                     50 g                                         65 mg


Kacang Arab                                    100 g                                         45 mg


Kacang Almon                                    15 g                                         35 mg


Kacang Brazil                                     15 g                                         26 mg


Biji wijen                              Satu Sendok                                       160 mg


Roti yang diperkaya                         80 g                                       300 mg


Kismis                                             100 g                                         93 mg


Selain makanan kaya kalsium, kita juga membutuhkan vitamin lain agar penyerapan kalsium lebih baik atau optimal. Vitamin yang dimakud adalah Vitamin D.

Mengapa Vitamin D penting?

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium secara efektif. Tidak seperti vitamin lain, kita tidak perlu untuk mendapatkan vitamin D dari makanan, karena sumber utama vitamin D dibuat oleh tubuh kita sendiri.

Vitamin D dibuat di kulit akibat paparan sinar matahari. Ini adalah hal yang baik karena sebagian besar makanan tidak mengandung, atau sangat sedikit, vitamin D secara alami. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain: Ikan berlemak, makanan yang diperkaya margarin, beberapa sereal, dan susu formula.

 

Bersumber dari: Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium – Mediskus

Ilustrasi : img1.exportersindia.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply