Manfaat Ubi Jalar Ungu


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Ubi jalar ungu. Dari namanya, dapat kita ketahui bahwa ubi ini memiliki ciri khas warnanya yang ungu. Saat ini, ubi ungu telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan beragam makanan seperti candil, cookies, bolu, hingga mie sehat. Selain itu, ubi ungu juga biasa digunakan sebagai pewarna alami makanan lho..

Ubi ungu ini merupakan salah satu dari sekian banyak sumber karbohidrat, dan masih termasuk keluarga ubi jalar. Kandungan lemaknya amatlah rendah. Sekedar 0.1 gram pada 100 gram ubi. Dengan demikian, sepertinya boleh juga menambahkan ubi ke dalam menu diet. Ubi ini termasuk ke dalam bahan makanan bebas kolesterol yaa. Kandungan gulanya pun tidak terbilang tinggi, sekedar 4.2 per 100 gram ubi. Di dalamnya terkandung pula beragam nutrisi bermanfaat seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, dan juga vitamin B6.

Setelah mengetahui sedikit gambaran kandungan gizinya, kira-kira seperti apa manfaat yang akan didapat dari mengkonsumsi ubi ungu? Apa saja khasiatnya? Berikut ulasannya.

  • Menjaga berat badan

Ubi ungu memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Kandungan ini akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, anda akan terhindar dari aktivitas ngemil yang dapat memacu kenaikan berat badan..

Dikabarkan dalam alodokter.com, dalam sebuah penelitian kecil terhadap pasien obesitas disimpulkan bahwa menambahkan dua porsi ubi ungu selama satu bulan dalam asupan makanan tidak akan membuat berat badan naik. Dari situs tersebut disebutkan pula bahwa penelitian juga menunjukkan, selain tidak mengalami kenaikan berat badan, para penderita obesitas juga mengalami penurunan tekanan darah.

  • Menyehatkan mata

Selain kandungan vitamin A yang tinggi, di dalam ubi ungu terdapat pula betakaroten. Sebagaimana telah diketahui, keduanya merupakan nutrisi yang amat menunjang kesehatan mata.

  • Menurunkan kolesterol

Kandungan serat larut dalam ubi ungu lah yang berperan dalam hal ini. Dengan khasiat ini, maka ubi ungu amat baik untuk mencegah resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Ubi ungu juga memiliki kandungan kalium. Kandungan ini amat berperan dalam mengendalikan tekanan darah. Tidak hanya itu, kalium juga berperan dalam mengatur detak jantung, otot dan saraf dalam tubuh.

Pun sebagaimana disebutkan sebelumnya, ubi ungu berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol. Sebagaimana telah diketahui bersama, kolesterol merupakan salah satu hal yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol, harapannya tekanan darah tinggi dapat teratasi.

  • Anti radang/ anti inflamasi

Dikabarkan pula dalam alodokter.com, studi terhadap pria dewasa sehat menunjukkan jika mengonsumsi ubi ungu diduga mampu mengurangi risiko peradangan atau inflamasi dan kerusakan DNA.

  • Anti kanker

Hal ini disebabkan adanya kandungan antosianin pada ubi. Kandungan ini kerap dikaitkan sebagai salah satu pengurang resiko kanker. Namun, sifat anti kanker ini ada pada ubi segar. Semakin layu ubi (karena lamanya penyimpanan, misal) semakin berkurang pula sifat anti kanker.

Itulah beberapa manfaat ubi ungu. Selain manis, ternyata juga berkhasiat yaa..

 

Referensi :

  • Alodokter.com
  • Disehat.com
  • Informasi Gizi USDA

Ilustrasi : 4.bp.blogspot.com


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply