Sudahkah Kita Membersihkan Gigi dan Mulut dengan Baik?


Untuk belanja madu murni, madu herbal, dan obat-obatan herbal alami lainnya,
silahkan klik http://berkhasiat.web.id/jualan/

Kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan. Bagaimana tidak, setiap harinya kita menggunakan gigi dan mulut untuk memproses makanan. Dan tentunya tidak hanya satu atau dua kali saja. Ingat, berapa cangkir kopi yang anda habiskan dalam satu hari? Berapa cangkir teh, jus, makanan ringan, permen, dan selainnya? Hmm.. Karenanya, adalah hal yang amat penting untuk membersihkan gigi dan mulut. Namun sayangnya, hal ini tidak cukup populer sebagaimana merawat kesehatan kulit wajah. Padahal, gigi dan mulut yang tidak terawat ini bisa berdampak fatal lho. Kalau gigi sudah berlubang, patah, dan retak, maka bersiaplah menyambut perpisahan dengannya. Selamat tinggal gigi.. Tentu anda tidak menginginkannya bukan? Eh, jangan salah. Kehilangan gigi ini belumlah dampak yang paling serius dari tidak terjaganya kesehatan gigi yaa. Masih ada beragam dampak lainnya. Karenanya, jagalah kesehatan gigi dan mulut ini.

Di antara hal yang biasa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi. Adapun untuk mulut, biasanya dengan menggunakan obat kumur. Untuk memaksimalkannya, tentu perlu kita perhatikan pula beberapa hal seperti jenis sikat gigi, pasta gigi, obat kumur, dan cara menyikat gigi atau berkumur. Hal ini perlu untuk dikombinasikan dengan baik. Ketidaksesuaian pada salah satu unsur akan dapat mengurangi maksimalnya pembersihan gigi dan mulut.

Sikat gigi

Pilihlah sikat yang sesuai dengan keadaan mulut. Mulut yang lebih kecil tentu akan mudah dijangkau dengan kepala sikat yang kecil pula. Dan bentuk kepala melancip (ujung lebih kecil) adalah lebih mudah untuk menjangkau bagian belakang gigi yang cenderung lebih sempit ruangnya. Agar kegiatan menyikat gigi terasa nyaman, pilih pula sikat gigi dengan gagang yang nyaman dan fleksibel. Untuk bulu sikat, pilihlah yang halus. Bulu sikat yang halus ini akan lebih aman untuk gigi. Adapun bulu sikat yang kasar, yang ditakutkan adalah apabila bulu tersebut dapat merusak lapisan gigi.

Pasta gigi

Ini juga perlu untuk dipertimbangkan. Manakah yang lebih dibutuhkan? Apakah pasta gigi berflouride atau tidak, pasta gigi anti karang, pasta gigi sensitive, pasta gigi dengan pemutih, atau pasta gigi lainnya? Atau bahkan gel? Pastikan bahwa selain sesuai kebutuhan gigi, kandungan pasta atau gel pembersih gigi tersebut juga aman untuk tubuh.

Obat Kumur

Pilihlah obat kumur sesuai kebutuhan. Baiknya, pilihlah obat kumur bebas alkohol. Kandungan alkohol akan dapat menimbulkan efek panas seperti terbakar.

Teknik pembersihan

Setelah menemukan sikat, pasta/gel gigi, dan obat kumur yang sesuai, maka yang amat perlu diperhatikan adalah teknik pembersihan. Bagaimanapun sesuainya ketiga hal tersebut, ini tidak akan menjadi maksimal tanpa teknik yang baik. Saat ini kita amat kritis dalam memilih produk sikat, pasta gigi, dan obat kumur. Namun, sudahkah demikian dengan teknik penggunaannya? Jika belum, berikut ini beberapa tips mengenai cara membersihkan gigi dan rongga mulut yang dapat anda terapkan.

Biasanya orang-orang akan memulai dengan menyikat gigi. Mulai sekarang, cobalah untuk memulai pembersihan dari bagian lidah dan rongga mulut. Bersihkanlah bagian lidah, dinding dan langit mulut menggunakan sikat gigi atau alat pembersih khusus. Gunakan pula pasta/gel gigi. Lakukan pembersihan secara perlahan agar tidak melukai lapisan lidah, dinding, dan langit mulut. Untuk bagian lidah, usahakan menjangkau hingga bagian belakang, karena pada bagian tersebut rentan bersarangnya beragam bakteri. Demikian pula untuk dinding dan langit mulut, bersihkanlah secara menyeluruh bagian yang mungkin untuk dijangkau. Pembersihan ini akan membersihkan bagian mulut dari bakteri-bakteri yang mengganggu. Setelah selesai, jangan lupa untuk berkumur menggunakan air sebelum mulai menyikat gigi.

Ya, setelah membersihkan lidah dan dinding bagian mulut, langkah selanjutnya adalah membersihkan gigi. Berikut tipsnya.

  • Peganglah sikat gigi sebagaimana anda menggenggam pensil. Hindari menggenggam dengan tangan mengepal. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tekanan sikat terlalu keras.
  • Letakkan sikat pada lapisan gigi dengan kemiringan 45 derajat.
  • Mulailah lakukan pembersihan dengan pola membulat, dan perlahan. Pembersihan yang keras justru dapat merusak lapisan gigi. Dan inilah awal mula terjadinya gigi sensitif.
  • Bersihkan lapisan gigi mulai dari bagian belakang, ke depan, dari kanan ke kiri, atas dan bawah. Kemudian bagian dalam lapisan gigi pula. Lapisan dalam gigi ini biasanya kurang mendapatkan perhatian. Padahal, bagian tersebut kerap bersentuhan dengan makanan ataupun minuman. Sehingga demikian rentan akan pembentukan plak hingga karang. Untuk lapisan dalam gigi, lakukan pembersihan dengan posisi sikat tegak. Bersihkan bagian tersebut menggunakan ujung sikat. Lakukan mulai dari akar hingga ujung gigi.
  • Lakukan pembersihan gigi selama 2-3 menit. Pembersihan yang terlalu cepat tentunya tidak akan maksimal. Sebaliknya, pembersihan yang terlalu lama dapat memicu pengikisan lapisan gigi.
  • Setelah selesai, bersihkan rongga mulut dari pasta gigi. Untuk anda yang menggunakan pasta gigi berflouride, pastikan dengan baik agar pasta gigi tidak tertelan. Sebagaimana diketahui pula, flouride memiliki dampak yang kurang baik untuk tubuh.

Setelah menyikat gigi, anda dapat pula berkumur menggunakan obat kumur. Lakukan hal tersebut selama 30 detik untuk membersihkan rongga mulut.

Pembersihan gigi dan mulut ini baiknya dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari. Pembersihan yang jarang akan membuat kesehatan kurang terjaga dengan baik. Namun, pembersihan yang terlalu sering (misalnya pada gigi) akan memicu pengikisan lapisan gigi. Dan hal tersebut tentu tidak baik pula, karena dapat memicu gangguan yang lain seperti gigi sensitif.

Itulah di antara tips mengenai pembersihan gigi dan mulut. Selain hal di atas, anda dapat pula melakukan flossing untuk membersihkan kotoran pada sela antar gigi. Kemudian, jangan lupa berkunjung ke dokter gigi secara berkala juga yaa..

 

Ilustrasi : imageshotfrogau.blob.core.windows.net


Lihat pula :

Semoga bermanfaat..

Comments

You may also like...

Leave a Reply